×
×

Search in Mata Mata Musik

Converge X Chelsea Wolfe Merilis Album Kolaborasi “Blood Moon”

Posted on: 09/29/21 at 11:00 am

Converge X Chelsea Wolfe
Converge x Chelsea Wolfe (Foto: Emily Birds).

Inilah kolaborasi yang memang layak untuk dinanti sejak lama. Akhirnya secara resmi Converge dan Chelsea Wolfe mengumumkan sebuah album kolaborasi terbaru bertajuk Blood Moon yang dirilis pada 19 November. Sebagai awalan tentu saja mereka sudah merilis video musik untuk lagu utamanya, ‘Blood Moon’.

Baca juga : Mastodon Umumkan Album Baru “Hushed And Grim” Seraya Lepas Single

Mengenai kolaborasi yang dilakukan antara Converge dan Chelsea Wolfe berawal sejak April 2016. Saat itu keempat anggota Converge berkolaborasi tidak hanya dengan Chelsea Wolfe. Tetapi juga dengan Stephen Brodsky (Cave In), Steve Von Till (Neurosis), yang turut dalam pengerjaan album ini. Mereka berkolaborasi untuk empat kali pertunjukan yang diberi judul Blood Moon. Dari kolaborasi inilah interpretasi ambient/post rock terbentuk. Beberapa di antaranya adalah lagu-lagu milik Converge yang jarang terdengar dan lebih lambat dari sisi tempo.

Album Kolaborasi Penuh Ambisi Dan Ledakan

Mengenai terjadinya proses kolaborasi ini, Jacob Bannon, sang vokalis Converge mengatakan, “Untuk melakukan sesuatu yang lebih besar dari musik Converge, kami memerlukan empat orang tersebut dengan ciri khasnya masing-masing”. Dalam lagu ‘Blood Moon‘ sendiri yang berdurasi delapan menit lebih murni menampilkan kolaborasi yang sinematik. Diawali dengan suatu bagian perenungan dan melaju cepat bagaikan malapetaka. Vokal dari Bannon dan Wolfe saling mengisi di lagu ini membangun puncak klimaks yang menghantam.

Wolfe sendiri mengutarakan pendapatnya mengenai terjadinya kolaborasi ini. “Ini sangat berbeda dari apa yang biasa saya nyanyikan. Memperluas teknik vokal dengan cara yang  baru bagi saya”. Bannon menambahkan, “Kami mencoba untuk berdinamika dalam penggarapan rekaman, tarikan dan dorongan dari berbagai sisi. Tentu saja ini merupakan bentuk kreativitas yang sangat bermanfaat bagi Converge”.

Sampul album Blood Moon

Bloodmoon: I Tracklist:

01. Blood Moon
02. Viscera of Men
03. Coil
04. Flower Moon
05. Tongues Playing Dead
06. Lord of Liars
07. Failure Forever
08. Scorpion’s Sting
09. Daimon
10. Crimson Stone
11. Blood Dawn

Baca juga: Comeback Via ‘Wasting Time’, Kuartet Metalcore AFTERLIFE Menerjang Gerai Digital

Penggarapan Album Converge Dilakukan Secara Terpencar

Berbicara mengenai jadwal tentu saja menjadi suatu ketidakjelasan sejak 2019 disebabkan oleh pandemi yang berkepanjangan. Akhirnya sesi rekaman dilangsungkan di God City Studio milik Kurt Ballou yang tidak lain adalah gitaris Converge sendiri meskipun pada akhirnya beberapa instrumen terpaksa harus direkam terpencar tempatnya.

Ini tentu suatu bukti, apapun tidak akan bisa menghalangi termasuk pandemi. Bagi semua orang khususnya pemusik ingin melakukan yang terbaik dalam penggarapan musiknya. Sembari menanti perilisan album lengkap Blood Moon, mari kita simak lagu yang sudah dirilis terlebih dahulu.

Penulis, Penerjemah & Editor: Arslan Musyfia

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Burgerkill

    Burgerkill Ft. Ahmad Dhani 'Satu Sisi', Kolaborasi Terepik Sepanjang M...

    Kenapa bisa dibilang kolaborasi paling epik? Yang pertama, karena kolaborasi ini menampilkan mesin metal nomor wahid Indonesia BURGERKILL (BK) dan salah sa

    on Oct 15, 2021
    Rahmania Astrini

    Rahmania Astrini Curcol Kisah Cintanya Di Single 'When You, Were Mine'

    Foto: dok. WMI. Rahmania Astrini yang akrab disapa Astri adalah penyanyi R&B dan penulis muda berbakat. Gadis kelahiran 4 Juli 2001ini tercatat sudah me

    on Oct 11, 2021
    bbno$

    bbno$ Gamit Rebecca Black Via MV 'yoga' Dari Album "eat ya veggies"

    bbno$ (dibaca: baby no money), rapper yang sedang naik daun kembali merilis single terbaru. Berjudul 'yoga' beserta MV (Music Video)-nya, single ini menamp

    on Oct 7, 2021
    Bullet For My Valentine

    Bullet For My Valentine Lepas MV 'Rainbow Veins' Dari Album "Self-Titl...

    Foto: dok. Spinefarm Records. Bullet For My Valentine baru saja merilis 'Rainbow Veins', single keempat dari album studio ketujuh mereka yang akan datang. S

    on Oct 5, 2021