×
×

Search in Mata Mata Musik

Khawatir Soal Virus Corona, Festival Musik K-Pop di LA Ditunda

Posted on: 02/26/20 at 1:12 pm

MOMOLAND
MOMOLAND (Foto: via VLIVE).

Sejumlah penampil telah dijadwalkan naik panggung di Festival Musik Korea Times, yang akan dihelat di Hollywood Bowl, Los Angeles, Amerika Serikat pada April 2020 mendatang. Mereka yang akan tampil di antaranya MOMOLAND, Ha Sungwoon, dan beberapa penampil lainnya.

Kekhawatiran terhadap corona virus, akhirnya menyebabkan penundaan festival musik K-Pop terbesar di Amerika Serikat itu. Penyelenggara menyebut, festival yang dijadwalkan pada 25 April itu sementara ditunda karena ancaman corona virus.

Festival yang sudah digelar sebanyak 18 kali itu, sebelumnya telah mengumumkan deretan penampil yakni penyanyi dan mantan anggota Wanna One, Ha Sungwoon, hingga grup music rock No Brain. Deretan penampil lainnya rencananya juga akan diumumkan pekan ini.

Penyelenggara menyebut, penonton yang sudah terlanjur membeli tiket dapat meminta refund atau tetap menyimpan tiket. Sejauh ini, tiket yang sudah dibeli masih bisa berlaku saat tanggal konser yang akan dijadwalkan ulang.

Berdasarkan keterangan pers resmi yang diterima, virus corona telah menjangkiti 81.000 orang dan menewaskan sedikitnta 2700 orang di seluruh dunia. Sementara itu, Korea selatan adalah negara dengan jumlah kasus corona virus tertinggi kedua yang dikonfirmasi dengan hampir 1.000 orang yang terinfeksi dan 10 orang tewas.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit setempat merekomendasikan agar wisatawan menghindari semua perjalanan jika tidak penting ke Korea Selatan karena penyebaran virus di sana.

Kekhawatiran Korea Selatan terhadap virus tersebut, turut mempengaruhi bisnis K-Pop lainnya. Sejumlah artis termasuk TWICE, GOT7 dan (G)I-DLE telah membatalkan serta menunda konser, jadwal tur dan jumpa penggemar di seluruh Asia.

Bahkan, perhelatan besar seperti Korea Music Awards 2020, dan FACT Music Awards 2020 yang akan menghadirkan BTS, Monsta X, TWICE dan lainnya juga dibatalkan. Efek corona virus juga telah menyebar ke Eropa, dan Seventeen telah membatalkan sisa jadwal tur mereka di Eropa dan Asia. Mereka seharusnya menggelar tur dunia bertajuk ‘Ode to You”.

Januari lalu, boyband tersebut juga tampil di Amerika Serikat dalam perhelatan Newark’s Prudentian Center dan Los Angeles the Forum. Penundaan Festival Musik Korea Times karena virus corona bukan yang pertama di Amerika Serikat. Sebelumnya festival Musik Overpass di Oak Canyon Park, California yang menampilkan Yuna dari Malaysia, Phum Viphurit dari Thailand dan DPR Live serta Mino iKON dari Korea yang seharusnya dihelat Maret ditunda hingga 26 September.

Sejumlah artis KPop telah memiliki jadwal tur dan konser di 2020, mulai dari NCT 127, CIX, dan 1Team dan girlband EVERGLOW serta penyanyi solo Changmo.

Penerjemah: Nurul Hanaa
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Coronavirus Rhapsody

'Coronavirus Rhapsody' Lagu Parodi Paling Gokil Untuk Hadapi W...

Adrian Grimes, musisi dan YouTuber asal AS, penyanyi lagu parodi 'Coronavirus Rhapsody'. Selama masa isolasi dari pandemi Covid-19 atau virus Corona memaksa

on Mar 28, 2020
Madonna

Madonna Beri Tribut Untuk Mendiang Mark Blum Yang Meninggal Karena Vir...

Madonna (Foto: Instagram.com/@madonna). Aktor Mark Blum meninggal pada Kamis (26/3) lalu di usia 69 tahun karena komplikasi penyakit dari virus Corona. Untu

on Mar 28, 2020
BTS

BTS Tunda Tur ‘Map of the Soul’ Di Amerika Utara Karena Pandemi CO...

Boyband fenomenal BTS terpaksa harus menjadwal ulang tur Map of the Soul mereka sepanjang Amerika Utara karena pandemi COVID-19 atau virus Corona. Tur beri

on Mar 27, 2020
Industri Musik

Bagaimana Paket Bantuan Virus Corona Dapat Membantu Tenaga Kerja Indus...

Venue konser musik yang kosong selama 2020. Paket stimulus ekonomi virus Corona senilai US$ 2 triliun (Rp 31,000 triliun) yang telah disahkan oleh Dewan Pim

on Mar 27, 2020