×
×

Search in Mata Mata Musik

Dalai Lama Akan Rilis Album Musik Pertamanya Pada Hari Ulang Tahun Yang Ke-85

Posted on: 06/11/20 at 6:00 am

Dalai Lama.
Dalai Lama saat di Hotel Anda di Aerocity, New Delhi, India pada 4 April 2019. (Foto: Sanjeev Verma/Hindustan Times via Getty Images).

Dalai Lama akan menyebarkan ajaran-ajaran Buddha dan mantra-mantranya melalui album pertamanya, Inner World yang akan dirilis pada tanggal 6 Juli, tanggal yang sama dengan ulang tahunnya yang ke-85, melalui label rekaman Khandro Music dan HitCo Entertainment milik L.A. Reid.

Pemimpin agama asal Tibet ini telah menyiapkan 11 lagu yang memadukan musik dengan mantra dari tujuh Buddha dan percakapan yang membahas topik kebijaksanaan, keberanian, penyembuhan dan anak-anak, menurut laporan dari Associated Press. Dalai Lama telah merilis ‘Compassion’, salah satu doa Buddhis yang paling terkenal, sebagai single pertamanya pada 9 Juni lalu, yang memanggil para pendengar untuk membuka hati mereka dan mendekatkan mereka dengan satu sama lain dengan merasakan cinta dan kasih sayang melalui kebijaksanaan, menurut penjelasan dari situs web resminya.

“Musik memiliki potensi untuk melampaui perbedaan kita. Itu dapat mengembalikan kita kepada sifat alami kita yang berhati hangat,” tulis Dalai Lama di situs webnya ketika mengumumkan album pertamanya, yang kemudian menjelaskan mengapa dia mau menegerjakan proyek artistik ini. “Tujuan hidupku adalah untuk melayani (manusia) semampuku. Musik dapat membantu orang dengan cara yang aku tidak bisa”.

Junelle Kunin, seorang musisi yang berlatih ilmu Buddha dan murid lama Dalai Lama, pertama kali mengajukan ide bagi Dalai Lama untuk merilis sebuah album sejak lima tahun yang lalu, dan dia telah mengerjakannya sejak itu bersama suaminya yang juga merupakan musisi, Abraham Kunin.

“Aku tidak pernah mendengar dia berbicara seperti ini. Dia benar-benar sangat bersemangat… dia benar-benar lanjut menjelaskan kepadaku tentang betapa pentingnya musik,” ungkap Junelle Kanin mengenai perjalanan tahun 2015-nya ke India ketika dia mengajukan ide untuk album ini. “Dia menyondongkan tubuhnya ke depan dan matanya berbinar-binar, jari-jarinya saling bergesekan saat dia (berbicara) tentang bagaimana musik dapat membantu orang dengan cara yang dia tidak bisa; itu dapat melampaui perbedaan dan mengembalikan kita ke sifat alami dan kebaikan hati kita”.

Dia mengatakan bahwa proyek jangka panjang ini secara mengejutkan tiba ketika dunia sedang sangat membutuhkan suara Dalai Lama, di tengah-tengah pandemi Covid-19 dan protes susulan pembunuhan rasis terhadap George Floyd, Ahmaud Arbery, Breonna Taylor, Tony McDade dan lebih banyak lagi orang kulit hitam di Amerika Serikat (AS).

“Tujuan utama dari proyek ini adalah untuk mencoba membantu orang. Ini bukan sebuah proyek Buddhis, ini untuk membantu orang-orang biasa seperti aku, meskipun aku memang beragama Buddha,” ujar Junelle Kanin dalam wawancara dengan AP. “Pesan-pesan itu tidak bisa lebih terasa mendalam lagi bagi iklim sosial dan kebutuhan kita saat ini sebagai manusia”.

Lagu yang berjudul ‘Ama La’ menampilkan pemain sitar bernominasi Grammy, Anoushka Shankar. Album ini juga dilengkapi dengan buklet pendamping yang diisi dengan wawasan khusus di balik setiap mantra oleh Venerable Robina Courtin dan artwork eksklusif dari duo asal Selandia Baru, Ella Brewer dan Tiffany Singh yang memadukan gaya seni Tibet dan kontemporer. Hasil keuntungan dari Inner World akan diberikan kepada Mind & Life Institute dan Social, Emotional and Ethical Learning (SEE Learning), sebuah program pendidikan K-12 internasional yang dikembangkan oleh Dalai Lama bersama Emory University.

Dengarkan lagu ‘Compassion’ dan lihat daftar lagu untuk album Inner World oleh Dalai Lama di bawah ini.

Daftar lagu untuk Inner World

1. “One Of My Favorite Prayers”
2. “The Buddha”
3. “Compassion”
4. “Courage”
5. “Ama La” feat. Anoushka Shankar
6. “Healing”
7. “Wisdom”
8. “Purification”
9. “Protection”
10. “Children”
11. “Humanity”

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Dalai Lama

Album Debut Dalai Lama, ‘Inner World’ Raih Peringkat No. 1 di Char...

Dalai Lama. Album debut berjudul Inner World yang baru saja dirilis oleh sang pemimpin agama Buddha, Dalai Lama berhasil mencapai posisi No. 1 di chart albu

on Jul 15, 2020
Andrea Bocelli

Andrea Bocelli Live Streaming Di Katedral Pada Hari Paskah Untuk Itali...

Pada hari Paskah yang jatuh pada Minggu (12 April) lalu, penyanyi tenor Italia dan ikon musik global Andrea Bocelli telah sukses melakukan pertunjukan solo

on Apr 14, 2020