×
×

Search in Mata Mata Musik

Dari Paul Gilbert hingga The Calling, Mana Favoritmu di JIBF 2019?

Posted on: 11/25/19 at 3:20 pm

Rangkaian acara Jakarta Blues International Festival (JIBF) 2019 bakal dimeriahkan sederet bintang dari Paul Gilbert, The Calling, hingga Gugun Blues Shelter. Mana favoritmu? Sebelum acara berlangsung, jangan lupa ngeblues tipis-tipis di kampus dan lokasi lain yang sudah ditunjuk panitia JIBF ya.

Tinggal menghitung hari untuk menyaksikan Jakarta Blues International Festival pada 7-8 Desember 2019. Tak tanggung-tanggung, konser akbar yang bakal dihelat di Lapangan Tenis Indoor Senayan itu dilengkapi dengan tiga panggung untuk musikus dari dalam dan luar negeri.

Di antara yang mengkonfirmasi hadir, seperti diinfokan di Instagram @Jakarta.blues hari ini, ada nama Paul Gilbert, The Calling, Ron Thal Bumblefoot, Ken Hensley & Live Fire, The Rollies, dan Gugun Blues Shelter.

Di samping itu, musisi lain seperti Mingo Balaguer dari Spanyol, Shun Kikuta dari Jepang, Adrian Adieotomo, Blueslibre, Edwin Marshall Project, Voxa juga dijadwalkan hadir.

Band asal Amerika yang populer dengan lagu "Wherever You Will Go" (Foto: Instagram The Calling)
Band asal Amerika yang populer dengan lagu “Wherever You Will Go” (Foto: Instagram The Calling)

Baca Juga: Alasan Billie Eilish Tidak Lagi Beri Tanda Tangan ke ‘Fans’

Daftar nama musikus itu jelas tak main-main. Paul Gilbert adalah musisi senior yang membidani lahirnya grup musik ternama macam Mr. Big dan band heavy metal Racer X. Mengutip laman Famous People, gitaris andal Paman Sam ini telah membuahkan karya-karya menakjubkan, seperti “Frenzy”, “YRO”, “Technical Difficulties”, “Scarified”, dan “Scit Scat Wah”.

Dengan tingkat kesulitan di atas rata-rata, tak heran jika pria kelahiran 6 November 1966 tersebut digadang-gadang menjadi gitaris tercepat di dunia dari 50 gitaris sepanjang massa. Reputasinya bahkan satu level dengan gitaris neo-klasik, seperti Yngwie Malmsteen dan Randy Rhodes.

Gilbert merilis album bersama band maupun proyek solo. Dengan Racer X, ia memproduksi album yang meledak di pasaran macam Street Lethal, Second Heat, Technical Difficulties, Superheroes, serta Getting Heavier. Sementara dengan Mr. Big, ia merilis album, di antaranya Mr. Big, Lean into It, Bump Ahead, Hey Man, dan Get Over It. Ia juga meluncurkan proyek solo, mulai dari King of Clubs, Flying Dog, Alligator Farm, sampai Burning Organ.

Paul Gilbert berpose bersama gitar kesayangannya. (Foto: Instagram Gilbert)
Paul Gilbert berpose bersama gitar kesayangannya. (Foto: Instagram Gilbert)

Baca Juga: Poster Tur Dunia Rage Against The Machine 2020 Terbukti Hoaks!

Tak memfavoritkan Gilbert? Tenang. Di gelaran JIBF 2019 ini, ada musisi yang tak kalah populer dari AS, The Calling. Grup musik besutan Alex Band dan Aaron Kamin ini bakal memanjakan kuping penonton dengan lagu andalan, seperti “Wherever You Will Go”, The Calling memperoduksi lagu seperti “Adrienne”, “We’re Forgiven”, “Anything”, “Chasing The Sun”, “Could It Be Any Harder”, “Dreaming In Red”, “Final Answer”, “If Only”, “Just That Good”, “Nothing’s Changed”, “One By One”, “Our Lives”, “Somebody Out There”, “Surrender”, dan lainnya.

Dari panggung lokal, ada Gugun and Blues Shelter yang sudah malang melintang di kancah internasional. Band yang digawangi Gugun, Bowie, dan Fajar ini cukup produktif menciptakan lagu. Tak kurang sembilan album telah dibuat. Mau asyik ngeblues, coba dengar deretan lagu di album “Turn It On” yang didapuk Rolling Stone Indonesia sebagai album Indonesia terbaik.

Gugun Blues Shelter memproduksi sekurang-kurangnya sembilan album dan dinobatkan sebagai salah satu musikum dengan album terbaik Indonesia oleh Majalah Rolling Stone Indonesia. (Foto: Instagram Gugun)
Gugun Blues Shelter memproduksi sekurang-kurangnya sembilan album dan dinobatkan sebagai salah satu musikum dengan album terbaik Indonesia oleh Majalah Rolling Stone Indonesia. (Foto: Instagram Gugun)

Ngeblues tipis di kampus: Sebuah pemanasan

Sebelum menyaksikan bintang-bintang idola tampil, panitia JIBF 2019 telah menggelar acara pendahuluan di kampus-kampus Jakarta seperti Universitas Prof. Dr. Moestopo, Universitas Budi Luhur, pun di café ternama Hard Rock Café.

Dalam acara-acara pendahuluan ini, penonton juga bisa ikut jamming bareng dan menyaksikan penampilan musisi blues lokal. Sebuah pemanasan sebelum menonton bintang utama di Desember mendatang.

Paul Gilbert membidani lahirnya Mr. Big, band dengan lagu populer seperti "To Be With You" dan "Wild World". (Foto: Instagram Gilbert)
Paul Gilbert membidani lahirnya Mr. Big, band dengan lagu populer seperti “To Be With You” dan “Wild World”. (Foto: Instagram Gilbert)

Pantau terus media sosial JIBF di @Jakarta.blues atau mengakses laman resmi mereka di www.jakartablues.com.

Keterangan foto utama: Paul Gilbert dikenal sebagai gitaris handal tercepat di dunia, karena biasa memainkan lagu-lagu dengan kesulitan teknis yang relatif tinggi. (Foto: Instagram Paul Gilbert)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

JBIF 2019

Persatuan Energi Blues di Jakarta International Festival 2019

Diselenggarakan pada tanggal 7-8 Desember 2019 lalu, Jakarta Blues International Festival di area Tennis Indoor Senayan menampilkan berbagai aksi panggung kere

on Dec 23, 2019
Jakarta Blues International Festival 2019

Persatuan Energi Blues yang Membahana Jakarta

Aksi akustikan Alex Band (The Calling) di JBIF 2019 (Foto: Yuta Anugerah) Bertempat di Tennis Indoor GBK Senayan, Jakarta Pusat, gelaran Jakarta Blues

on Dec 21, 2019
JBIF 2019

JBIF 2019 Gelar Acara Pemanasan di Hard Rock Cafe Jakarta

Jakarta Blues International Festival 2019 akan digelar satu bulan lagi. Setelah mengumumkan kompetisi One-Minute Blues Challenge (OMBC) online pada bulan Septe

on Nov 6, 2019
JBIF 2019

Meriahkan JBIF 2019 dengan One Minute Blues Challenge!

Jakarta Blues International Festival 2019 membuka kesempatan bagi pecinta musik di Indonesia untuk ‘nge-blues’ secara online lewat One Minute Blues Challen

on Nov 4, 2019