×
×

Search in Mata Mata Musik

Darius Rucker (Hootie & The Blowfish) Dukung dan Ajak Bersatu Melawan Rasisme

Posted on: 06/4/20 at 6:00 am

Darius Rucker.
Darius Rucker. (Foto: Jim Wright).

Dari sekian banyak selebriti yang menyuarakan uneg-uneg dan amarahnya, Darius Rucker juga telah secara resmi angkat bicara merespons kematian tragis George Floyd yang telah melanggar hukum dan HAM (Hak Asasi Manusia), dan mengenai serangkaian aksi protes untuk keadilan rasialisme yang telah membentang di Amerika Serikat (AS) minggu ini.

“Aku hanya duduk saja di sini mencoba mencari tahu apa yang ingin aku katakan,” ujar sang pentolan band rock Hootie & The Blowfish itu dalam sebuah pesan yang emosional melalui Instagram pada Senin (1 Juni).

“(Tahun) 2020 sangat bikin patah hati. Sekarang, di sini kita harus kembali menghadapi kenyataan rasisme dan rasa sakit serta frustrasi komunitas Afrika-Amerika,” tuturnya. “Sebagai orang Amerika, seorang ayah, seorang putra, seorang saudara lelaki, seorang penyanyi, seorang pria… Aku telah menghadapi rasisme sepanjang hidupku, mulai dari masa sekolah TK hingga kehidupan yang aku jalani saat ini. Rasisme bukanlah sesuatu yang bisa dilahirkan; itu sesuatu yang diajarkan. Itu bukan keyakinan yang kuat; itu adalah keyakinan yang lemah. Ini bukan masalah keuangan; itu adalah masalah kebencian”.

“Sepanjang hidupku, kurasa aku telah menganggap semuanya hanya sebagai ‘ya begitulah keadaannya’. Tidak, aku tahu dulu aku seperti itu,” lanjut Darius Rucker. “Tidak lagi ok bagi aku untuk membiarkan mitos bahwa segalanya baik-baik saja. Aku punya anak-anak yang aku cintai dan hargai, dan untuk menyaksikan mereka melalui semua ini, merasakan kesedihan dan kemarahan mereka yang mencoba untuk mengatasi ini rasanya sakit bagi aku. Pertanyaan yang terus muncul adalah ‘Apakah ini akan pernah berubah?’. Dan jawaban aku sekarang harus ‘YA'”.

Darius Rucker, yang proyek solonya sebagai penyanyi country itu kemudian berlanjut untuk mendukung para demonstran.

“Semuanya, kita harus bersatu bersama-sama entah bagaimana (caranya). Satu-satunya cara untuk mengubah ini adalah jika kita dapat mengubah hati orang-orang. Aku tidak tahu bagaimana kita akan mewujudkannya, tetapi aku siap untuk mencoba semua yang kita harus lakukan, karena kita perlu berbuat lebih baik”.

“Aku sangat berharap bahwa kita bisa menjadi lebih baik sebagai satu bangsa,” Darius Rucker menyimpulkan. “Permintaan aku kepada kalian adalah untuk mencari hatimu atas nama kita semua, dan menghilangkan rasa takut, kebencian atau perpecahan yang ada di dalam dirimu. Kita semua harus bersatu bersama”.

Lihat postingan lengkap Darius Rucker di bawah ini.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Lil Nas X

    Lil Nas X Akhirnya Merilis "Montero", Sebuah Album Terapi Bagi Dirinya

    Foto: Rich Fury/Getty Images. Lil Nas X akhirnya merilis album full length debutnya yang telah lama diantisipasi, Montero. Tidak terasa album tersebut diril

    on Sep 18, 2021
    Enuff Z'Nuff

    Enuff Z'nuff Rilis Album Tribute The Beatles "Enuff Z'Nuff's Hardrock ...

    Foto: dok. Enuff Z'nuff. Seakan tidak pernah luntur kecintaan para penikmat musik kepada band rock n' roll legendaris The Beatles. Begitu juga yang dirasaka

    on Sep 16, 2021
    Kacey Musgraves

    Kacey Musgraves Rilis "Star-Crossed", Album Baru Tentang Perceraiannya

    Kacey Musgraves (Foto: dok. artis). Kacey Musgraves telah meluncurkan album barunya, star-crossed melalui MCA Nashville/Interscope Records pada 10 September

    on Sep 11, 2021
    Eddie Jerome Vedder

    Eddie Vedder Merilis 'Long Way', Single Dari Album Solo Mendatang

    Eddie Vedder (Foto: Danny Clinch). Edward Louis Severson III atau yang lebih familiar dikenal dengan nama Eddie Vedder, pentolan salah satu dedengkot grunge

    on Sep 8, 2021