×
×

Search in Mata Mata Musik

Darkthrone Ungkap Album Barunya “Eternal Hails” Bakal Lebih Nge-Doom

Posted on: 04/30/21 at 9:00 am

Darkthrone Ungkap Album Barunya "Eternal Hails" Bakal Lebih Nge-Doom
Darkthorne. (Foto: Peaceville Records).

Salah satu legenda Norwegian Black Metal yang paling tersohor, Darkthrone telah mengumumkan album baru yang dikasih judul Eternal Hails. Album ini akan dirilis pada 25 Juni 2021 melalui Peaceville Records. Duo pemancar aura kegelapan ini menawarkan cuplikan album berdurasi 30 detik sebagai gambaran tentang suguhan musik mendatangnya.

Baca juga: SCOUR Band Black Metal Philip Anselmo Rilis MV ‘Flames’ Dari Trilogi EP Terakhir

Sepertinya kita enggak akan bisa menyimpulkan banyak dari cuplikan tersebut. Karena sebagian besar musiknya terdengar seperti diputar secara terbalik. Mereka seolah-olah seperti “mengerjai” kita, haha. Kita hanya mendapatkan satu riff selama sekitar dua detik di akhir. Riff yang berat dengan sound tebal seperti di-downtuned. Teaser macam mana pulak itu, ada-ada saza, Darkthrone ini! Lo bisa simak cuplikannya di akhir artikel.

Pengaruh Doom Metal Darkthrone

Darkthrone juga memberikan daftar lagu dan artwork album Eternal Hails. Album ini memiliki getaran kosmik space rock dalam lima lagu yang termuat. Masing-masing lagu berdurasi lebih dari tujuh menit. Hal itu mengisyaratkan bahwa band ini menjelajahi wilayah yang lebih nge-doom dan struktur lagu yang lebih luas. Menurut siaran persnya, album ini merangkul kecintaan sang dramer dan penulis lagu Fenriz terhadap doom metal.

Eternal Hails Tracklist:
01. His Master`s Voice
02. Hate Cloak
03. Wake of the Awakened
04. Voyage to a North Pole Adrift
05. Lost Arcane City of Uppakra

“Ketika gue masih kecil yang tumbuh dengan metal, gue terus mencari band dengan lagu-lagu yang panjang,” jelas Fenriz. “Black Sabbath punya banyak, dan Celtic Frost ‘Dawn of Meggido’ (adalah) lagu yang panjang, jadi gue memutarnya di toko kaset dan menemukan dimensi lain dari metal. (Album) Epicus Doomicus Metallicus dari Candlemass (bahkan) hanya memiliki lagu-lagu yang panjang. Jadi gue rasa gue membelinya bahkan tanpa mendengarkannya, dan itu adalah salah satu pembelian (album rekaman) terbaik gue. Inspirasi abadi untuk seluruh karier gue,” imbuh penggebuk dram bernama lengkap Gylve Fenris Nagell ini.

Kemudian vokalis Nocturno Culto menambahkan: “Bagi kami, ini menjadi agak logis, sulit dijelaskan, tetapi lo harus membangun untuk jenis pendengaran yang berbeda. Lagu berdurasi tiga menit bukanlah hal yang kami pikirkan saat ini. Kami suka seperti ini. Untuk sekarang”.

Pindah Studio Rekaman

Dalam perubahan dari album terbaru, Darkthrone terpaksa meninggalkan studio Necrohell II mereka ketika alat perekam 8-trek portabel mereka rusak. Dan itu menjadi “terlalu necro” bagi mereka. Oleh sebab itu, duo dinamik ini merekam album di Chaka Khan Studio di Oslo, dengan Fenriz menggunakan drum kit milik Carmine Appice selama bertugas di bandnya Rod Stewart. Terlepas dari semua ini, Fenriz meyakinkan penggemar bahwa hasilnya masih terdengar seperti rekaman Darkthrone pada umumnya.

“Enggak peduli apa yang terjadi, kami akan tetap terdengar seperti kami, sepertinya!” ujar Fenriz mencoba meyakinkan.

Eternal Hails muncul ke publik dua tahun setelah albunm Old Star yang menuai pujian kritis. Album itu mendarat di No. 4 dalam daftar Album Metal + Hard Rock Teratas tahun 2019 di Heavy Consequence.

Baca juga: Seorang Fanatik Black Metal Divonis 25 Tahun Penjara Setelah Membakar 3 Gereja

Bagi lo fans Darkthrone, lo sudah bisa ikuan pre-order album Eternal Hails format fisik: vinyl dan CD melalui Peaceville. Selamat menyimak cuplikan albumnya di bawah ini dan geleng-geleng kepala.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Behemoth

    Behemoth Rilis NFT Anniv Ke-7 The Satanist Collab Dengan Seniman Bali

    Behemoth (Foto: Grzegorz Gołębiowski). Behemoth telah mengumumkan peluncuran lini NFT mereka sendiri, yang tersedia mulai 7 Mei 2021 pukul 8 malam waktu

    on May 9, 2021
    Mayhem

    Mayhem Umumkan EP Baru Berisi 3 Lagu Orisinal + 4 Lagu Cover Punk!

    Mayhem (Foto: Ester Segarra). Legenda Norwegian Black Metal Mayhem baru saja mengumumkan mini album alias EP baru mereka yang berjudul Atavistic Black Disor

    on May 8, 2021
    King Diamond

    King Diamond & Z2 Terbitkan Novel Grafis Adaptasi Dari Album "Abigail"

    King Diamond (Foto: Kevin RC Wilson) / Abigail (Foto: via Z2 Comics). Veteran heavy metal "shock rocker" King Diamond dan Z2 Comics bekerja sama untuk novel

    on Apr 22, 2021
    Glora Nexus

    Glora Nexus Siap Muntahkan EP "A Grand Monument To Mortality"

    Svarte. (Foto: Dimas Budi AP). Glora Nexus, begitu sang mastermind dengan pseudonym Svarte menyebut proyek musikal kelamnya. Glora Nexus didirikan di Jakart

    on Mar 30, 2021