×
×

Search in Mata Mata Musik

Dave Greenfield (The Stranglers) Meninggal Dunia Akibat Covid-19

Posted on: 05/5/20 at 6:30 am

Dave Greenfield.
Dave Greenfield. (Foto: People).

Dave Greenfield, kibordis dan vokalis band new wave punk rock Inggris The Stranglers, telah meninggal di usia 71 tahun. Musisi veteran itu sebelumnya telah dirawat di rumah sakit karena penyakit jantung, tetapi kemudian tertular Covid-19 minggu lalu dan meninggal karena virus pada hari Senin, 3 Mei.

Dave Greenfield bergabung dengan The Stranglers pada tahun 1975, setahun setelah band terbentuk. Dia bertahan di band itu sampai akhir hayatnya, bermain kibord serta sesekali muncul sebagai vokal latar dan utama. Dia muncul dalam seluruh 17 album band punk ini, dan menulis musik untuk salah satu lagu hit paling terkenal mereka, ‘Golden Brown’. Lagu itu memenangkan Ivor Novello Award yang prestisius atas penulisan lagunya.

Berita mengenai kematian Dave Greenfield diumumkan di situs web resmi The Stranglers:

“Kami sangat sedih secara sangat mendalam untuk mengumumkan kematian sang legenda kibord Dave Greenfield pada 3 Mei 2020. Setelah dirawat di rumah sakit karena masalah jantung, Dave dites positif terkena Covid-19 pada hari Minggu lalu, tetapi sayangnya dia telah kehilangan nyawanya tadi malam. Dave selalu hadir di band ini sejak bergabung pada akhir 1975 dan kemampuan bermain kibord-nya yang ajaib sangat dikenal oleh dunia selama 45 tahun kariernya di The Stranglers. Dave adalah karakter yang menyenangkan, ramah, dan eksentrik yang selalu punya waktu untuk mengobrol”.

Bassis The Stranglers, Jean-Jacques Burnel juga memberikan penghormatan kepada sang kibordis, dengan menyatakan, “Teman baikku dan kolega selama 45 tahun, seorang musikus jenius, Dave Greenfield, meninggal sebagai salah satu korban dari Pandemi Besar tahun 2020″.

Sang dramer, Jet Black menambahkan, “Kami baru saja kehilangan seorang teman dan musikus jenius yang tersayang, dan begitu juga seluruh dunia. Dave sangat alami dalam bermusik. Bersama-sama, kami berkeliling dunia tanpa henti dan jelas dia dipuji oleh jutaan orang”.

Serta vokalis-gitaris Baz Warne juga mengungapkan rasa kehilangannya, “Kami kehilangan inovator sejati, legenda musik, dan salah satu teman tersayangku hari ini. Kata jenius terlalu sering dibicarakan di zaman ini, tetapi Dave Greenfield memang salah satunya”.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Glenn Danzig

    Glenn Danzig: Ledakan Punk Tidak Bisa Terjadi Di Tengah 'Cancel Cultur...

    Glenn Danzig (Foto: Heather Kaplan). Vokalis ikonik Glenn Danzig bersyukur bahwa band horror punk legendarisnya, Misfits memulai kariernya di akhir tahun 19

    on May 3, 2021
    Johnny Rotten

    Johnny Rotten Ancam Gugat Danny Boyle Karena Serial TV Sex Pistols

    John Lydon. John Lydon atau lebih dikenal sebagai Johnny Rotten mengancam akan menuntut sutradara beken Danny Boyle (Trainspotting, Slumdog Millionaire) ata

    on Apr 27, 2021
    Joey Ramone

    Joey Ramone Diperankan Pete Davidson Di Film Biopik “I Slept With Jo...

    Pete Davidson (Foto: Kevin Winter via Getty Images) / Joey Ramone (Foto: Marcia Resnick via Getty Images), keduanya milik Netflix). Ada kabar gembira untuk

    on Apr 16, 2021
    The Brandals

    The Brandals Setia Dengan Nuansa Punk Rock Via Single 'Belum Padam'

    The Brandals. (Foto: Ade Branuza). Gerombolan rocker sejati The Brandals merilis single terbaru bertajuk 'Belum Padam'. Sejak 21 Maret, lagu ini resmi diril

    on Mar 22, 2021