×
×

Search in Mata Mata Musik

Dave Grohl Blak-Blakan Soal Isian Dram Nirvana “Nevermind” Ngejiplak

Posted on: 07/5/21 at 11:30 am

Dave Grohl Blak-Blakan Soal Isian Dram Nirvana "Nevermind" Ngejiplak
Dave Grohl (Foto: via From Cradle to Stage (Paramount+)).

Dave Grohl mengungkapkan secara blak-blakan bahwa doi menjiplak dari musik disko lawas dan R&B/funk. Hah, untuk apa? Untuk isian-bagian dramnya di album ikonik Nirvana Nevermind. Apaaa?!

Baca juga: Nirvana: Urutan Peringkat 100 Lagu Dari Terburuk Hingga Terbaik

Dalam cuplikan video dari seri Paramount+ From Cradle to Stage, Grohl berbicara dengan Pharrell Williams tentang inspirasi ketukan dram di Nevermind.

Grohl pertama-tama bersikeras bahwa doi adalah “dramer paling dasar”, yang membuat Pharrell mengangkat alisnya. Vokalis Foo Fighters itu melanjutkan dengan mengutip sumber untuk dram yang dapat didengar di lagu ‘Smells Like Teen Spirit’ dan lainnya.

“Kalau lo mendengarkan Nevermind, rekaman Nirvana, gue menarik begitu banyak hal dari The Gap Band dan Cameo dan Tony Thompson (Chic) di setiap lagu itu… semua yang (tak! sambil menampar kakinya)… itu disko lawas!” kata sang mantan penggebuk dram Nirvana.

Kemudian video klip ‘Smells Like Teen Spirit’ dan lagu hit The Gap Band tahun 1982 ‘You Dropped a Bomb on Me’ diputar secara berurutan. Dari situ Pharrell mendapat pencerahan: “Wow! Bagaimana gue bisa enggak mendengarnya?” (gue benar-benar enggak ‘ngeh’ -Ed.).

“Enggak ada yang membuat koneksinya,” jawab Grohl. Doi menambahkan bahwa doi pernah mengatakan itu kepada Tony Thompson sendiri di suatu acara barbekyu. “Gue seperti, ‘Astaga, gue hanya ingin mengucapkan terima kasih karena gue berutang banyak kepada lo sehingga gue telah merenggut lo dari seluruh hidup gue’. Thompson cuma jawab, ‘Saya tahu'”.

Kecintaan Dave Grohl Pada Disko

Beberapa kesejajaran dapat ditarik dari gaya permainan dram yang menarik dan bombastis di Nevermind dan band disko dan funk yang umumnya berpusat pada ritme pada akhir 1970-an dan awal 1980-an. Kesamaan sifat yang paling jelas adalah penggunaan break dram instrumental (ala intro untuk lagu Nirvana ‘In Bloom’). Di lagu itu Grohl meletakkan riff dram yang sangat memorable daripada hanya menyediakan metronom statis dengan perangkat dramnya.

Kecintaan Grohl pada disko juga terlihat jelas pada musim panas ini. Foo Fighters baru-baru ini mengumumkan rilisan Record Store Day yang akan datang sebagai alter-ego disko mereka, Dee Gees. Foo Fighters juga memulai debutnya secara langsung sebagai Dee Gees di pertunjukan Madison Square Garden yang terjual habis beberapa minggu yang lalu. Mereka membawakan lagu Bee Gees ‘You Should Be Dancing”.

Baca juga: Dave Grohl Siap Terbitkan Buku Pertamanya, The Storyteller

Tonton cuplikan video Grohl dan Pharrell yang membahas pengaruh disko di Nevermind di bawah ini.

Penulis, Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Dave Grohl

    Dave Grohl Merespons Gugatan Model Bayi Sampul Nirvana "Nevermind"

    Nirvana Nevermind (Foto: dok. DGC Records) / Dave Grohl (Foto: Amy Harris). Dave Grohl telah bereaksi terhadap gugatan yang diajukan terhadap Nirvana oleh S

    on Oct 5, 2021
    Gwar

    GWAR Menampik Keinginan Dave Grohl Untuk Bergabung Di Band Ini

    Blothar The Berseker Dan Dave Grohl. Beberapa waktu lalu Dave Grohl menyatakan ke Blabbermouth mengenai keinginannya untuk bergabung bersama band heavy met

    on Sep 29, 2021
    Nirvana

    30 Tahun Lalu Nirvana Muntahkan "Nevermind" Sebagai 'Game-Changer'

    Nirvana sampul album Nevermind pada tahun 1991 (Foto: Paul Bergen/Redferns). Nirvana Nevermind termasuk dalam deretan album yang telah memainkan peran utama

    on Sep 27, 2021
    Nirvana

    Nirvana "Nevermind" 30th Anniversary Deluxe Edition Siap Diluncurkan

    Sampul Album Nevermind 30th Deluxe Edition. Pada 24 September, beberapa hari lalu bertepatan dengan peringatan 30 tahun momentum dirilisnya album Nevermind

    on Sep 27, 2021