×
×

Search in Mata Mata Musik

Dave Grohl dan Ratusan Musisi Lainnya Bersatu Dukung Venue Musik Independen

Posted on: 06/22/20 at 7:00 am

Dave Grohl bersama Foo Fighters tampil di atas panggung selama tur "Concrete and Gold" mereka di Northwell Health di Jones Beach Theatre pada 14 Juli 2018 di Wantagh, New York.
Dave Grohl bersama Foo Fighters tampil di atas panggung selama tur “Concrete and Gold” mereka di Northwell Health di Jones Beach Theatre pada 14 Juli 2018 di Wantagh, New York. (Foto: Kevin Mazur/Getty Images).

Lebih dari 600 musisi dan komedian telah mengirim surat kepada Kongres Amerika Serikat (AS) tanggal 18 Juni lalu, meminta bantuan pemerintah federal demi menolong berbagai venue musik indie alias independen di AS dari kebangkrutan karena dampak ekonomi wabah virus Corona.

“Berbagai venue musik independen telah memberi banyak artis kesempatan awal mereka, sering kali sebagai panggung pertama yang mereka mainkan. Berbagai venue ini adalah yang pertama ditutup dan akan menjadi yang terakhir untuk dibuka kembali,” bunyi surat yang ditandatangani oleh berbagai musisi kelas A seperti Dave Grohl, Billie Eilish, Lady Gaga, Staples Mavis, Willie Nelson, Coldplay dan banyak lagi.

“Dengan pendapatan nol dan biaya sewa, hipotek, utilitas, pajak, dan asuransi yang luar biasa mahal, 90% venue independen melaporkan bahwa jika masa shutdown berlangsung selama enam bulan dan tidak ada bantuan dari federal, mereka tidak akan pernah aktif lagi”.

Surat itu berlanjut, “Kami meminta kalian untuk mendukung permintaan (National Independent Venue Association) untuk bantuan sehingga berbagai venue tercinta ini dapat dibuka kembali ketika (kondisi) aman dan menyambut kami dan penggemar kami kembali. Runtuhnya elemen penting ini dalam ekosistem industri musik akan sangat buruk”.

Surat itu juga ditandatangani oleh André 3000, Gary Clark Jr, Robert Plant dari Led Zeppelin, Miranda Lambert, Billy Joel, Earth Wind & Fire, Kacey Musgraves, Leon Bridge, Wyclef Jean dan Bon Iver, serta komedian populer Jay Leno, Tiffany Haddish, Jeff Foxworthy, Jerry Seinfeld dan Tig Notaro, di antara lainnya.

Presiden/CEO sementara The Recording Academy Harvey Mason Jr., CEO Academy of Country Music Damon Whiteside dan presiden Rock and Roll Hall of Fame and Museum Greg Harris juga menambahkan nama mereka.

“Berbagai venue independen sedang meminta investasi untuk mengamankan masa depan mereka, bukan sumbangan. Satu laporan dari Chicago menemukan bahwa setiap dolar yang diperoleh berbagai venue kecil dari penjualan tiket menghasilkan US$ 12 (Rp 170 ribu) untuk kegiatan ekonomi,” surat itu berbunyi. “Jika berbagai venue independen ini tutup selamanya, kota-kota di seluruh Amerika tidak hanya akan kehilangan jiwa kultur dan hiburan mereka, tetapi mereka akan kehilangan mesin yang seharusnya menjadi pendorong pembaruan ekonomi bagi semua bisnis yang mengelilingi mereka”.

600 artis yang mengirim surat ke Kongres AS bergabung dengan lebih dari 500 artis touring dan komedian lain yang telah mendesak penggemar mereka agar suara mereka didengar melalui SaveOurStages.com untuk membuat dampak media sosial gabungan yang dapat melebihi 900 juta pengikut. Sejauh ini orang-orang di seluruh AS telah menulis lebih dari 500.000 email yang meminta Kongres AS untuk #SaveOurStages, alias ayo bantulah venue musik independen kami!

Kampanye SaveOurStages dimulai oleh National Independent Venues Association, yang dibentuk untuk mendukung venue independen pada permulaan lockdown virus Corona. Hanya dalam dua bulan, NIVA telah mengumpulkan 2.000 venue dan member promotor di seluruh 50 negara bagian AS dan Washington, D.C.

“Potensi runtuhnya tonggak industri independen kita tidak dapat dilebih-lebihkan. Berbagai venue independen adalah tempat aman yang memungkinkan artis untuk berkembang, mengeksplorasi, dan menjalin kultur musik kota mereka dan komunitas artistik mereka melalui suara hati mereka,” ujar sang Presiden NIVA Dayna Frank dalam sebuah pernyataan, yang juga merupakan presiden First Avenue Productions di Minneapolis, AS.

“Kami dengan gigih meluncurkan bantalan, papan suara, dan pemandu sorak untuk berbagai talenta terhebat di dunia… sebelum dunia pernah mendengar mereka sama sekali. Kami sangat berterima kasih atas artis dan legenda yang muncul dan menyoroti kebutuhan untuk #SaveOurStages. Kami hanya ingin menyambut mereka dan penggemar mereka kembali ketika semua sudah aman, itulah sebabnya kami bekerja sangat keras untuk mengamankan kelangsungan hidup kami”.

Permohonan NIVA untuk pendanaan pemerintah federal menegaskan bahwa sebagian besar venue independen akan ditutup sampai tahun 2021 sedangkan lahan mereka terus harus membayar sewa, utilitas, pajak, asuransi dan banyak lagi. Dan beberapa negara bagian dan yurisdiksi akan memungkinkan konser untuk dilanjutkan sebelum 2021, banyak yang akan mengurangi kapasitas yang merupakan solusi yang tidak layak secara finansial untuk usaha kecil ini. NIVA juga menyatakan, “Karena rute nasional dari sebagian besar tur, industri ini tidak akan pulih sampai seluruh negara terbuka pada kapasitas 100%”.

Baca surat lengkap dan daftar pesertanya di sini.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Nirvana

Sebelum ‘Nevermind’ Rilis, Dave Grohl Akui Sempat Takut Dipecat Da...

Nirvana, foto sesi untuk cover album Nevermind. Peran Dave Grohl dulu sebagai dramer Nirvana memang merupakan sesuatu yang legendaris, tetapi pada satu titi

on Jul 6, 2020
Virgin Money Unity Arena.

Venue Musik Berkonsep Social Distancing Pertama di Dunia Siap Hadir di...

Virgin Money Unity Arena. Penggemar musik di Inggris mungkin akan lebih cepat merasakan musik live daripada yang diperkirakan beberapa pakar kesehatan. Venu

on Jul 5, 2020
#LetTheMusicPlay

Iron Maiden, Enter Shikari dan 1500 Artis Lebih Dukung Kampanye #LetTh...

Iron Maiden. (Foto: via Kerrang!). Lebih dari 1.500 artis telah menandatangani surat terbuka kepada pemerintah Inggris sebagai bagian dari kampanye #LetTheM

on Jul 3, 2020
Foo Fighters

Sekelompok Petugas Ambulans Mengcover Lagu Foo Fighters Sambil Galang ...

Ambulance Foos, petugas ambulans mengcover lagu Foo Fighters. Para anggota petugas medis dari North West Ambulance Service di Inggris telah melatih bakat mu

on Jul 2, 2020