×
×

Search in Mata Mata Musik

Dave Grohl (Foo Fighters) Akui Punya Masalah Serius Dengan Kepribadiannya

Posted on: 05/23/20 at 8:30 am

Dave Grohl.

Dave Grohl, rockstar mantan dramer Nirvana, pendiri dan vokalis/gitaris Foo Fighters, produser/multi-instrumentalis Probot, pernah ngisi dram Queen Of The Stone Age, pernah ngisi ritem gitar Ghost, dan lain-lain (banyak buanget, wakakakak), telah mengungkapkan kenyataan yang memilukan tentang masalah besar yang dia alami dengan kepribadiannya selama sesi wawancara dengan Entertainment Weekly, dan itu pasti akan bikin kaget penggemarnya. Seperti percakapan yang tertera di bawah, Dave Grohl menyatakan bahwa dia memiliki masalah dengan melihat rekaman dirinya sendiri dan itu membuatnya gila saat menontonnya.

Baca juga: Dave Grohl (Foo Fighters) Tulis Esai Yang Menguatkan Tentang Makna Musik Live

Saat mengungkap kebenaran tentang kepribadiannya ini, Dave Grohl mengatakan, “Butuh waktu bertahun-tahun bagiku untuk menyadari ini”. Mengenai apa yang Dave Grohl sadari bertahun-tahun kemudian; dia menjelaskan itu dengan kata-katanya:

“Aku sama sekali tidak suka menonton rekaman diriku sendiri. Aku ingat bahkan sebelum Foo Fighters dimulai, aku sendirian di studio basement merekam lagu-lagu ini dan tidak pernah membiarkan orang lain mendengarnya karena aku tidak suka suaraku sendiri, aku tidak suka liriknya, aku tidak menganggap diriku sebagai seorang gitaris yang hebat… Daftarnya masih panjang”.

Menurut apa yang dia katakan selanjutnya, Dave Grohl mulai mendengarkan rekaman lagunya dan mencoba melihat bagaimana dia bisa membuat Foo Fighters jadi lebih baik. Dan dia lalu menambahkan:

“Dan itu membuatku merasa gila – seperti jika kami sedang tampil tengah malam di TV dan aku menontonnya, itu bisa menghancurkan hatiku. Butuh bertahun-tahun bagiku untuk menyadarinya, ya kamu tahu itu seperti, ‘Aku mencoba jadi siapa sih? Kenapa aku terlalu menekan diriku sendiri di sini? Itu yang terbaik yang aku bisa lakukan dan itu sudah apa adanya”.

Pada tahap ini, Dave Grohl menyadari sesuatu tentang dirinya:

“Dan aku rasa begitu aku mulai santai dan menyadari bahwa salah satu elemen paling penting dari menjadi seorang artis (alias seniman) adalah menjadi diri mereka sendiri, itu mulai terasa lebih baik – atau setidaknya aku merasa lebih baik, aku tidak tahu apakah itu pernah benar-benar sudah membaik”.

Dengan wawancara ini, sebagai salah satu legenda musik rock abadi, Dave Grohl menggarisbawahi bahwa hal yang paling penting adalah untuk menjadi diri sendiri jika ingin sukses, bahkan ketika jutaan orang sedang memperhatikan kamu.

Baca juga: Dave Grohl: Album Baru Foo Fighters Adalah ‘Let’s Dance’ David Bowie Versi Kami

Di sisi lainnya, dengan adanya masa karantina, sebagai seseorang yang nyaris lumayan “gaptek”, Dave Grohl menyatakan bahwa dia akan mulai melakukan konser online, tetapi dia tampaknya belum menyelesaikan semua masalah tentang menonton rekamannya sendiri. Untuk sebuah proyek yang akan direkam oleh BBC tentang kelompok musisi all-star itu, Dave Grohl mengatakan:

“…mereka mengatakan kepadaku, ‘Pastikan kamu merekam dirimu di lanskapnya’, dan tentu saja sebagai orang yang sudah tua, aku bahkan tidak tahu apa itu lanskap. Jadi aku hanya mengirim mereka versi naik turunnya, dan itu memalukan”.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Dave Grohl

    Dave Grohl Siap Terbitkan Buku Pertamanya, The Storyteller

    Dave Grohl saat konser Foo Fighters. (Foto: Amy Harris). Enggak bisa menjalani tur karena pandemi, Dave Grohl tetap sibuk selama bulan-bulan awal masa karan

    on Apr 7, 2021
    Oddwain

    Alt-Rocker Oddwain Bangkit Via Single 'Radiance' Soal Pendalaman Moral

    Single 'Three-ring Circus' menjadi awal untuk semua mimpi buruk yang terjadi pada Oddwain selama setahun terakhir. Bagaimana enggak, setelah single tersebu

    on Apr 2, 2021
    Nirvana: 100 Lagu Terburuk Hingga Terbaik

    Nirvana: Urutan Peringkat 100 Lagu Dari Terburuk Hingga Terbaik

    Sebagai ikon rock legendaris, pengaruh Nirvana sangat besar bagi perkembangan musik di dunia. Bisa kita rasakan selama tiga dekade terakhir. Padahal usia p

    on Mar 28, 2021
    Band Korea

    Mau Dengar Musik Korea Selain K-Pop? Inilah 10 Rekomendasi Band Keren!

    Mungkin sebagian dari kita, terutama kalian para milenial mengenal musik dan artis Korea melalui invansi K-pop ke seluruh dunia. Dengan terus meningkatnya kesu

    on Mar 13, 2021