×
×

Search in Mata Mata Musik

Dave Grohl Kenang Debut Nirvana di Reading Festival

Posted on: 09/11/19 at 1:15 pm

Dave Grohl mengaku sempat mengalami “serangan panik” saat Nirvana pertama kali tampil di Reading Festival, dan mengklaim dia “sangat takut” tampil di hadapan 35.000 orang.

Baca Juga: Dave Grohl Ungkapkan Them Crooked Vultures Masih Mungkin Reunian!

Foo Fighters menjadi penampil utama Reading and Leeds Festival di penghujung Agustus lalu, tetapi debut Grohl di festival tersebut terjadi bersama Nirvana pada tahun 1991.

Dalam wawancara dengan NME, Dave Grohl mengatakan dia sebelumnya sudah diberi tahu tentang festival legendaris itu oleh Dan Peters dari Mudhoney. Peters menyebutkan bagaimana R&L telah merangkul grunge dan indie rock. “Saya tidak bisa membayangkan 35.000 orang berkumpul untuk menonton band-band seperti Mudhoney atau Nirvana,” aku Dave. “Hal itu tidak terjadi di Amerika.”

Nirvana Reading Festival 1991
Reading Festival 1991
Kurt Cobain tampil bersama Nirvana di Reading Festival pada 1991. (Foto: Mick Hutson/Redferns/Getty Images)

“Kemudian saat saya melihat festival itu ada dalam jadwal pertunjukan kami sekitar setahun setelahnya, saya sangat ketakutan. Saya bangun setiap pagi dan mengalami serangan panik karena cemas, mengetahui ada festival yang harus saya mainkan di hadapan 35.000 orang – yang belum pernah saya lakukan sebelumnya. Ketika kami sampai di sana hari itu, saya menyadari seberapa besar festival itu sebenarnya.”

Setelah muncul di akhir-akhir acara festival tahun 1991, Nirvana—setelah merilis Nevermind—kembali sebagai penampil utama festival pada Minggu malam di tahun berikutnya. Namun, desas-desus tentang kecanduan obat-obatan yang melibatkan Kurt Cobain sudah tersebar luas.

Reading Festival 1992
Kurt Cobain bermain dengan Nirvana di Reading Festival pada 1992. (Foto: Mick Hutson/Redferns/Getty Images)

Dave mengenang: “Ada beberapa spekulasi mengenai apakah kami akan benar datang dan tampil. Bahkan saya pun tidak yakin. Jujur, saya kagum kami berhasil tampil. Saya tidak berharap banyak. Waktu itu Kurt sering keluar-masuk rehabilitasi, band ini tidak banyak melakukan apa-apa dalam beberapa bulan sebelumnya dan semuanya tampak seperti terpencar dan tidak terhubung.”

Tetapi terlepas dari banyaknya rintangan, Nirvana menghadirkan satu set klasik. “Semuanya secara ajaib mulai berjalan dengan baik dan itu adalah pertunjukan yang luar biasa,” lanjut Grohl. “Saya rasa itu ada hubungannya dengan penonton.

Baca Juga: Play – Dave Grohl

“Saya ingat berjalan di belakang panggung dan bertemu teman-teman dari band lain yang melihat saya dan bilang, ‘Sedang apa kamu di sini?’ Mereka terkejut kami datang.”

Sayangnya, set mereka di 1992 menandai terakhir kalinya Nirvana tampil di Inggris karena Cobain meninggal sebelum band ini tampil pada 1994, tapi Grohl kembali di 1995 untuk menjadi penampil utama panggung kedua pada Sabtu malam dengan proyek barunya… Foo Fighters.

Keterangan Foto Utama: Dave Grohl recording in Hilversum Studios, 1991. (Foto: Michel Linssen/Redferns/Getty Images) 

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Keterangan Foto Utama: BIP Bikin Indonesia Paten (kredit foto: @bip_band Instagram account)

B.I.P Rilis EP Bikin Indonesia Paten di Platform Digital

Mini album yang dirilis format fisiknya pada 28 Maret lalu akhirnya dirilis di berbagai platform streaming digital Band rock legendaris beranggotakan Ip

on Sep 20, 2019
Weezer

Weezer Beri Penghormatan untuk Mendiang Ric Ocasek

Nile Rodgers, Beck, Courtney Love, Brandon Flowers, dan berbagai tokoh lainnya ikut menyampaikan belasungkawa atas kepergian ikon power pop dan new wave terseb

on Sep 17, 2019
The Who

The Who Bocorkan Detail Album Who & Rilis Single Pertama!

Lagu protes Guantanamo, “Ball & Chain” muncul di Who, LP yang sudah lama dirumorkan dari pionir rock asal Inggris ini. Baca Juga: Gelar Konser di Wem

on Sep 16, 2019
Kim Gordon

Kim Gordon Rilis “Air BnB”, Single Kedua dari No Home

Single baru ini menyusul “Sketch Artist” yang keluar bulan lalu. Baca Juga: Sonic Youth Luncurkan Arsip Rekaman Konser Live Kurang lebih satu bulan lag

on Sep 12, 2019