×
×

Search in Mata Mata Musik

Dave Grohl Kenang Momen Terakhir Yang Mengagetkan Dengan David Bowie

Posted on: 05/4/20 at 6:00 am

Salah satu foto kenangan Dave Grohl bersama mendiang David Bowie. (Foto: Getty Images).

Selama bertahun-tahun, banyak peluang yang telah menghampiri Dave Grohl, termasuk peluang untuk bertemu beberapa idolanya. Dalam unggahan terbaru dari seri Dave’s True Stories, pentolan Foo Fighters ini mengenang momen terakhir dengan salah satu idolanya, almarhum penyanyi legendaris David Bowie.

Baca juga: Dave Grohl (Foo Fighters) Kejutkan Perawat Covid-19 Dengan Lagu ‘Everlong’

Dave Grohl mengingat pertemuan pertamanya dengan David Bowie saat ikut serta dalam pesta ulang tahun ke-50 sang musisi ikonik itu di Madison Square Garden, New York, Amerika Serikat (AS). Bertahun-tahun kemudian Grohl bekerjasama dengan produser David Bowie, Tony Visconti, yang membuat Grohl dan Bowie berinteraksi kembali.

Dave Grohl waktu itu sedang mengerjakan musik untuk sebuah soundtrack film dan melalui Visconti dia dapat melihat peluang apakah David Bowie mungkin tertarik untuk berkontribusi dalam proyek tersebut atau tidak.

“Aku dengan santai membuka email (surel, surat elektronik)-ku pada suatu pagi dan benar-benar kaget ketika aku melihat namanya. Dia benar-benar mendengarkan lagu itu! Tapi, selain itu, DAVID BOWIE MENULIS EMAIL!!! APAA???,” ungkap Dave Grohl. “Dengan kegembiraan seorang anak yang hiperaktif pada pagi hari Natal, aku menahan napas dan buru-buru membukanya. Jika aku mengingatnya dengan benar, itu berlangsung seperti ini:

“Untuk David, Tidak. Salam, David”.

Dave Grohl mengatakan bahwa surel itu lebih rumit dan sebenarnya David Bowie itu baik dan ramah, tetapi hanya tidak peduli dengan genre sebuah film. “Aku hanya tidak tertarik dengan momen seperti ini,” ujar David Bowie, tetapi penyanyi itu menambahkan bahwa dia dengan senang hati ingin mengerjakan hal yang lain suatu hari nanti.

Dave Grohl menjawab, “Hey bro, terima kasih telah mendengarkan lagu itu… Aku harap kamu baik-baik saja, dan beri tahu aku jika kamu ingin membuat musik bareng kapan-kapan,” yang dijawab oleh David Bowie dengan, “Ya oke. Sekarang enyahlah (fuck off)”.

Mantan dramer Nirvana itu mengakui bahwa dia tidak yakin bagaimana dia harus menerima jawaban David Bowie, apakah dia jengkel atau hanya benar-benar menunjukkan kecerdasan akalnya yang jahat.

Dave Grohl menjawab, “Sampai jumpa lagi dalam 17 tahun,” yang ditanggapi oleh David Bowie, “Tidak jika aku melihatmu lebih dulu,” yang masih membuat Dave Grohl bingung. Dia kemudian menjawab, “Apa, tidak ada lagi pesta ulang tahun di Madison Square Garden?” dengan David Bowie membalas, “Tidak ada lagi ulang tahun, aku sudah kehabisan itu”.

Pertukaran itu berlanjut dengan Dave Grohl mengundang Bowie ke ulang tahunnya yang ke-50 dan kemudian mereka berdua mengenang tentang acara Madison Square Garden sebelumnya, dengan Dave Grohl akhirnya menyadari bahwa David Bowie waktu itu hanya sedang mempersiapkannya dengan kesedihan yang akan datang.

Dave Grohl mengatakan tentang momen terakhirnya dengan David Bowie, “Momen adalah momen dan itu harus dihargai sepatutnya. Dunia tidak tahu bahwa David Bowie sedang sakit, dan ketika dia meninggal dua hari setelah perilisan album terakhirnya, Blackstar, aku mengingat kembali kenanganku tentang dia dengan rasa suka dan duka yang mendalam”.

Baca juga: Foo Fighters Siarkan Konser ‘Live In Hyde Park 2006’ Gratis di YouTube

“Terutama pertukaran terakhir kami. Hatiku hancur saat membaca ulang kalimatnya, ‘Tidak ada lagi ulang tahun, aku sudah kehabisan itu’, berpikir bahwa mungkin, mungkin dia tahu sesuatu yang tidak kita tahu,” ujar Dave Grohl. “Dan, sebagai pria yang selalu seperti itu, dia tidak ingin kita menderita rasa sakitnya. Namun, itu masih menyakitkan. Tidak ada yang berlangsung selamanya, tetapi hal terbaik selalu berakhir terlalu cepat”.

Silahkan baca cerita penuh Dave Grohl tentang David Bowie di bawah ini.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Dave Grohl

    Dave Grohl Siap Terbitkan Buku Pertamanya, The Storyteller

    Dave Grohl saat konser Foo Fighters. (Foto: Amy Harris). Enggak bisa menjalani tur karena pandemi, Dave Grohl tetap sibuk selama bulan-bulan awal masa karan

    on Apr 7, 2021
    Nirvana: 100 Lagu Terburuk Hingga Terbaik

    Nirvana: Urutan Peringkat 100 Lagu Dari Terburuk Hingga Terbaik

    Sebagai ikon rock legendaris, pengaruh Nirvana sangat besar bagi perkembangan musik di dunia. Bisa kita rasakan selama tiga dekade terakhir. Padahal usia p

    on Mar 28, 2021
    SOS Fest

    Fitur Foo Fighters & Lainnya, SOS Fest Raup Rp 28 Miliar Untuk Bantu V...

    SOS Fest. Seiring dengan berlanjutnya Laporan Tahunan, kita akan melihat beberapa perubahan pada musik live di tahun 2020 di mana sebagian besar dunia berst

    on Dec 30, 2020
    Dave Grohl

    Dave Grohl (Foo Fighters): "Kami Bisa Saja Berubah Menjadi Death Metal...

    Dave Grohl. (Foto: Amy Harris). Pada akhir pekan lalu, Foo Fighters mengumumkan album baru mereka, Medicine at Midnight, yang akan dirilis pada Februari 202

    on Nov 11, 2020