×
×

Search in Mata Mata Musik

Dave Grohl Merespons Gugatan Model Bayi Sampul Nirvana “Nevermind”

Posted on: 10/5/21 at 11:00 am

Dave Grohl Berikan Respons Gugatan Sampul Nirvana "Nevermind"
Nirvana Nevermind (Foto: dok. DGC Records) / Dave Grohl (Foto: Amy Harris).

Dave Grohl telah bereaksi terhadap gugatan yang diajukan terhadap Nirvana oleh Spencer Elden, foto model bayi di sampul album ikonik Nirvana tahun 1991, Nevermind. Dalam sesi wawancara barunya, mantan dramer Nirvana dan vokalis Foo Fighters mengatakan bahwa doi memiliki “banyak ide tentang bagaimana kita harus mengubah sampul album itu”.

Baca juga: Nirvana Digugat Perihal Eksploitasi Seksual Anak Di Album “Nevermind”

Spencer Elden yang kini berusia 30 tahun ini menggugat banyak terdakwa. Termasuk Grohl, Krist Novoselic, pewaris Kurt Cobain, Courtney Love, Universal Music Group, dan lain-lain. Tiga puluh tahun kemudian Elden menuduh bahwa gambar telanjang dirinya di bawah air sebagai bayi berusia 4 bulan adalah pornografi anak. Dan Nirvana menggunakannya sebagai sampul album rekaman adalah suatu eksploitasi seksual anak. Selain mencari kompensasi moneter, Elden meminta agar sampul album tersebut diubah untuk semua rilisan Nevermind di masa mendatang. Termasuk versi deluxe edition reissue ulang tahun ke-30 yang baru-baru ini diumumkan akan dirilis 12 November.

Beberapa ahli hukum menyebut gugatan itu “sembrono”, dengan satu pengacara mengatakan itu berpotensi merusak tuntutan hukum eksploitasi anak lainnya. “Ini benar-benar menyinggung apa yang telah kita semua lakukan dalam mencoba melindungi anak-anak dari bahaya yang mereka tuduhkan di sini,” kata pengacara Jamie White, yang telah mewakili klien yang menjadi korban para Pendeta, pemimpin Pramuka, dan mantan dokter tim Senam AS Larry Nassar.

Baca juga: Pakar Hukum Sebut Gugatan Eksploitasi Seksual “Nevermind”: Sembrono

Dave Grohl Punya Ide Untuk Sampul Substitusi Album Nevermind

The Sunday Times baru saja menghubungi Dave Grohl dan menanyakan tentang gugatan itu. Anehnya, Grohl tidak mengabaikan pertanyaan itu, tetapi menjawab dengan sabar. “Gue punya banyak ide tentang bagaimana kita harus mengubah sampul itu tetapi kita akan lihat apa yang terjadi. Kami akan memberi tahu lo. Gue yakin kami akan menemukan sesuatu yang bagus”.

Sulit untuk mengatakan betapa tulusnya Grohl, tetapi jika ada, itu menunjukkan bahwa itu adalah sesuatu yang membebani pikirannya. Namun, doi akhirnya mengatakan bahwa doi memiliki orang-orang yang berurusan dengan aspek hukum. “Gue pikir ada lebih banyak hal untuk dinanti dan lebih banyak kehidupan daripada terjebak dalam hal-hal semacam itu. Dan, untungnya, gue enggak perlu mengurus dokumennya”.

Baca juga: 30 Tahun Lalu Nirvana Muntahkan “Nevermind” Sebagai ‘Game-Changer’

Nevermind yang mengubah permainan industri musik merayakan hari jadinya yang ke-30 pada 24 September 2021. Sementara itu, Dave Grohl sendiri telah merilis buku otobiografinya, The Storyteller, pada hari ini, Selasa, 5 Oktober. Yah, sampul album ikoniknya diganti. Tetapi lihat saja nanti, apakah idenya Dave Grohl dapat bekerja dengan baik.

Penulis, Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Gwar

    GWAR Menampik Keinginan Dave Grohl Untuk Bergabung Di Band Ini

    Blothar The Berseker Dan Dave Grohl. Beberapa waktu lalu Dave Grohl menyatakan ke Blabbermouth mengenai keinginannya untuk bergabung bersama band heavy met

    on Sep 29, 2021
    Nirvana

    30 Tahun Lalu Nirvana Muntahkan "Nevermind" Sebagai 'Game-Changer'

    Nirvana sampul album Nevermind pada tahun 1991 (Foto: Paul Bergen/Redferns). Nirvana Nevermind termasuk dalam deretan album yang telah memainkan peran utama

    on Sep 27, 2021
    Nirvana

    Nirvana "Nevermind" 30th Anniversary Deluxe Edition Siap Diluncurkan

    Sampul Album Nevermind 30th Deluxe Edition. Pada 24 September, beberapa hari lalu bertepatan dengan peringatan 30 tahun momentum dirilisnya album Nevermind

    on Sep 27, 2021
    Nirvana Nevermind

    Pakar Hukum Sebut Gugatan Eksploitasi Seksual "Nevermind": Sembrono

    Nevermind (Foto: via DGC Records), Nirvana (Foto: Gutchie Kojima/Shinko Music/Getty Images). Nevermind masih ramai menjadi topik perbincangan publik. Para p

    on Aug 28, 2021