×
×

Search in Mata Mata Musik

Dave Grohl Pastikan Album Terbaru Foo Fighters Sudah Selesai

Posted on: 02/13/20 at 9:00 am

FOO FIGHTERS "CONCRETE AND GOLD" PHOTO
Foo Fighters (Foto: (Brantley Gutierrez)

Dalam sebuah wawancara baru-baru ini, sang komandan Foo Fighters, Dave Grohl, mengungkapkan bahwa band rock ini sudah memiliki album baru dalam genggaman mereka.

Hingga sekarang, para penggemar sudah menerima beberapa update yang samar-samar tentang album Foo Fighters yang terbaru. Tetapi, musik baru mungkin akan segera hadir. Saat berbicara dalam podcast Bill Simmons, Dave Grohl mengonfirmasi bahwa album kesepuluh Foo Fighters yang akan datang sekarang sudah selesai.

Baca Juga: Lagu Baru Grimes, ‘Delete Forever’, Terinspirasi Oleh Kematian Lil Peep

“Kami baru saja selesai membuat sebuah album,” kata Dave Grohl. “Dan beberapa dari lagu-lagu itu, kadang-kadang yang terbaik terjadi dalam 45 menit… Lalu ada lagu-lagu lain yang – ada riff dalam album baru ini yang telah saya kerjakan selama 25 tahun. Benar-benar 25 tahun. Pertama kali saya membuat demo itu saat sedang berada di kamar basement saya di Seattle… Jadi kadang-kadang itu membutuhkan 45 menit, kadang-kadang juga itu butuh 25 tahun”.

Meskipun Dave Grohl tidak memberikan informasi apa pun tentang tanggal rilisnya, album baru Foo Fighters ini akan menjadi yang pertama sejak album Concrete and Gold pada 2017. Foo Fighters juga telah merilis sebuah proyek EP kejutan berjudul 01070725 pada bulan September 2019.

Dave Grohl juga mengungkapkan bahwa ia sedang mengerjakan film dokumenter tentang menjalani tur band dengan mobil van.

“Saya sudah mewawancarai semua orang. Dan kamu akan terkejut, seperti The Beatles melakukan tur dengan (mobil) van, Guns N’ Roses, Metallica, U2, semua orang memiliki van… Dan ada sesuatu tentang masa itu, kamu tahu itu rasanya seperti, kamu memakainya seperti sebuah lencana”.

Dave Grohl melanjutkan dengan mengatakan, “Film ini bukan terlalu tentang anekdot tur menggunakan van yang benar-benar hebat, meskipun ini memang tentang itu, dan ada banyak juga, tetapi (film) ini lebih mengenai motivasi untuk melakukannya. Seperti mengapa ada orang yang menyerahkan segalanya, berhenti dari pekerjaannya, meninggalkan rumah, meninggalkan segalanya, hanya untuk mengejar mimpi ini tanpa jaminan bahwa kamu akan berhasil? Dan kamu kelaparan, dan kamu berdarah, dan kamu sakit, dan kamu marah, dan kamu dibawa ke penjara dan kamu berkelahi, tetapi kamu selalu berhasil menuju pertunjukan berikutnya. Seperti kamu selalu mampu untuk menghadiri pertunjukan berikutnya. Jadi, kamu pasti akan terkejut, semua orang memiliki kisah yang sama, dan itu benar-benar merupakan kunci keberhasilan”.

Foo Fighters telah memberikan beberapa update mengenai album baru mereka. Kembali pada bulan November lalu, Dave Grohl mengatakan dalam acara Blairing Out With Eric Blair Show bahwa album baru Foo Fighters ini akan “sangat aneh”.

Sejalan dengan itu, bulan lalu, Foo Fighters memposting sebuah gambar mikrofon di bak mandi di Twitter dengan tulisan, “Ayo masuk kesini, airnya baik-baik saja…”.

Foo Fighters juga telah menggoda perayaan ulang tahun ke-25 mereka dengan sebuah video 30 detik dan sebuah posting yang bertuliskan, “Bersiap-siap lah, 2020… ini akan menjadi tahun yang GILA yang penuh dengan hal-hal yang benar-benar gila…”.

Sang Dramer Foo Fighters, Taylor Hawkins, juga berbicara dengan Kerrang! tentang rencana Foo Fighters untuk tahun ini.

“Saya tidak bisa mengatakannya 100 persen untuk Anda, karena saya selalu merupakan orang terakhir yang tahu dan saya tidak ingin membocorkannya,” kata Taylor. “Tapi saya akan membayangkan bahwa akan ada sesuatu yang dibuat perihal tahun ke-25 Foo Fighters, pasti. Anda kenal kami, kami tidak pernah berhenti”.

Dan, Foo Fighters juga sudah memiliki beberapa pertunjukan besar yang dijadwalkan untuk tahun ini. Foo Fighters baru saja mengumumkan tanggal tur mereka untuk wilayah Eropa:

Juni
10 Berlin, Jerman – Waldbühne (bersama The Pretty Reckless)
12 Nickelsdorf, Austria – Nova Rock Festival
14 Milan, Itali – I-Day
16 Nimes, Perancis – Arena de Nimes (bersama L7)
19 Valencia, Spanyol – Ciudad de las Artes y las Ciencias (bersama Yungblud, Honeyblood)
21 Lisbon, Portugal – Rock In Rio Lisboa

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Stevie Nicks

Stevie Nicks Rilis ‘Show Them The Way’, Lagu Solo Barunya Fitur Da...

Stevie Nicks. Stevie Nicks baru saja merilis lagu solo baru pertamanya dalam hampir satu dekade terakhir. Lagu baru itu berjudul ‘Show Them The Way’ dan

on Oct 9, 2020
Rekaman Termahal

10 Album Rock & Metal Dengan Anggaran Rekaman Termahal Dalam Sejarah

Sebagai seorang seniman musik alias musisi, tentu lo memiliki ambisi dan impian yang besar terhadap karya dan karier solo lo atau band lo. Sebelum masuk st

on Sep 24, 2020
Foo Fighters

Foo Fighters Rilis Ulang T-shirt Tur 1995 Mereka Untuk Bantu Venue Mus...

Dave Grohl (Foo Fighters). (Foto: Ryan Johnston). Foo Fighters telah merilis t-shirt tur old school mereka untuk membantu mengumpulkan uang untuk berbagai v

on Aug 15, 2020
Dave Grohl & Inara George

Versi Alternatif Lagu ‘Sex In Cars’ Inara George Fitur Dave Grohl

Dave Grohl (Foto: David Brendan Hall) dan Inara George. Belum lama ini, band alternative rock Foo Fighters mengumumkan pembatalan "Van Tour" dalam rangka pe

on Aug 10, 2020