×
×

Search in Mata Mata Musik

Dave Grohl Siap Terbitkan Buku Pertamanya, The Storyteller

Posted on: 04/7/21 at 10:00 am

Dave Grohl Siap Terbitkan Buku Pertamanya, The Storyteller
Dave Grohl saat konser Foo Fighters. (Foto: Amy Harris).

Enggak bisa menjalani tur karena pandemi, Dave Grohl tetap sibuk selama bulan-bulan awal masa karantina. Yaitu dengan menerbitkan berbagai cerita pendek dari hidupnya ke halaman Instagram-nya yang dijuluki “Dave’s True Story” alias “Kisah Nyata Dave”. Di situ Dave menceritakan banyak hal, termasuk pertunjukan kembang api pada tanggal 4 Juli yang menjadi kacau; cerita liar yang melibatkan band metal Pantera dan klub penari telanjang; dan saat doi nge-jam bareng Prince.

Baca juga: Dave Grohl (Foo Fighters): “Kami Bisa Saja Berubah Menjadi Death Metal”

Nah, kini pentolan Foo Fighters itu telah mengumpulkan cerita-cerita tersebut dan lebih banyak lagi dalam buku otobiografi pertamanya yang akan diterbitkan.

Buku otobiografi ini berjudul Dave Grohl: The Storyteller dan akan dirilis pada tanggal 5 Oktober mendatang. Buku setebal 304 halaman ini dijelaskan oleh Grohl sebagai “kumpulan kenangan dari kehidupan yang dijalani dengan keras. Dari hari-hari awal gue tumbuh di pinggiran kota Washington, DC, hingga melakukan perjalanan di usia 18 tahun. Dan semua musik yang mengikutinya. Sekarang gue bisa berbagi petualangan ini dengan dunia, seperti yang terlihat dan didengar dari balik mikrofon. Nyalakan!”

Sinopsi Dave Grohl: The Storyteller

Dalam sinopsis plot yang diterbitkan di Amazon, Grohl memberikan semacam teaser yang lebih meyakinkan kepada para penggemarnya:

Setelah terhibur dengan gagasan itu selama bertahun-tahun, dan bahkan menawarkan beberapa peluang yang dipertanyakan (‘Itu sangat mudah! Lakukan wawancara selama 4 jam saja, cari orang lain untuk menulisnya, taruh wajah lo di sampulnya, dan voila!’) telah memutuskan untuk menulis cerita-cerita ini seperti yang selalu gue lakukan, dengan tangan gue sendiri. Kegembiraan yang gue rasakan dari mencatat kisah-kisah ini enggak seperti mendengarkan kembali lagu yang telah gue rekam dan enggak sabar untuk berbagi dengan dunia, atau membaca entri jurnal primitif dari buku catatan yang ternoda, atau bahkan mendengar suara gue terpental di antara poster KISS di dinding gue sebagai seorang remaja.

Ini tentu saja enggak berarti bahwa gue berhenti dari pekerjaan harian gue. Tetapi itu memberi gue wadah untuk menjelaskan sedikit tentang bagaimana rasanya menjadi anak dari Springfield, Virginia. Menjalani hidup sambil menjalani mimpi gila yang gue miliki sebagai musisi muda. Mulai dari jalan-jalan dengan (band) Scream pada usia 18 tahun, hingga masa gue di Nirvana dan Foo Fighters. Nge-jam dengan Iggy Pop atau bermain di Academy Awards atau joget bersama AC/DC dan Preservation Hall Jazz Band. Bermain dram untuk Tom Petty atau bertemu Sir Paul McCartney di Royal Albert Hall. Cerita-cerita saat bersama Joan Jett sebagai pengantar tidur atau pertemuan kebetulan dengan Little Richard. Terbang ke belahan dunia untuk satu malam yang epik bersama anak gue yang cewek… daftarnya terus berlanjut. Gue berharap bisa memfokuskan lensa yang melaluinya yang mana gue melihat kenangan ini sedikit lebih tajam untuk lo dengan banyak kegembiraan.

Pre-Order

Pre-order untuk buku Dave Grohl: The Storyteller sudah dibuka. Sebagai pratinjaunya, Grohl membagikan rekaman audio tentang dirinya yang sedang membaca bagian dari buku tersebut, di mana doi membagikan memori formatif rekaman ke dalam perekam kaset Realistic CTR-71 saat remaja. Cek di ujung artikel ini.

Baca juga: Fitur Foo Fighters & Lainnya, SOS Fest Raup Rp 28 Miliar Untuk Bantu Venue Musik

Awal tahun ini, Foo Fighters menghidupkan kembali perayaan ulang tahun ke-25 mereka dengan merilis album terbaru yang berjudul Medicine at Midnight. Dan sejak itu mengonfirmasi penampilan utama mereka di Bonnaroo Festival untuk bulan September 2021. Band alternative rock legendaris ini juga menunggu hasil dari Rock and Roll Hall of Fame tahun ini karena mereka adalah salah satu dari 16 finalis untuk angkatan 2021.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Nirvana: 100 Lagu Terburuk Hingga Terbaik

    Nirvana: Urutan Peringkat 100 Lagu Dari Terburuk Hingga Terbaik

    Sebagai ikon rock legendaris, pengaruh Nirvana sangat besar bagi perkembangan musik di dunia. Bisa kita rasakan selama tiga dekade terakhir. Padahal usia p

    on Mar 28, 2021
    SOS Fest

    Fitur Foo Fighters & Lainnya, SOS Fest Raup Rp 28 Miliar Untuk Bantu V...

    SOS Fest. Seiring dengan berlanjutnya Laporan Tahunan, kita akan melihat beberapa perubahan pada musik live di tahun 2020 di mana sebagian besar dunia berst

    on Dec 30, 2020
    Dave Grohl

    Dave Grohl (Foo Fighters): "Kami Bisa Saja Berubah Menjadi Death Metal...

    Dave Grohl. (Foto: Amy Harris). Pada akhir pekan lalu, Foo Fighters mengumumkan album baru mereka, Medicine at Midnight, yang akan dirilis pada Februari 202

    on Nov 11, 2020
    Foo Fighters

    Foo Fighters Umumkan Perilisan Album Baru Seraya Melepas Single 'Shame...

    Foo Fighters. (Foto: Danny Clinch). Beberapa menit sebelum mereka naik panggung di Saturday Night Live, Foo Fighters mengkonfirmasi perilisan album studio m

    on Nov 8, 2020