×
×

Search in Mata Mata Musik

Dave Mustaine Jalani 51 Radiasi Dan 9 Kemo Sebelum Dinyatakan 100 % Bebas Kanker

Posted on: 02/4/20 at 2:30 pm

DAVE MUSTAINE
Dave Mustaine, sang arsitektur musik Megadeth (Foto: Megadeth.com)

Dedengkot Megadeth, Dave Mustaine mengatakan bahwa dia telah “100 %” bebas kanker sejak Oktober 2019 lalu.

Gitaris/vokalis Megadeth yang berusia 58 tahun ini pertama kali mengungkapkan diagnosis kanker tenggorokannya pada Juni 2019 lalu di media sosial, mengatakan para dokter telah memberinya 90 persen peluang untuk mengalahkan penyakit itu. Lima bulan kemudian, dia diwawancarai Rolling Stone di mana dia mengatakan bahwa dia tidak secara resmi telah terbebas dari penyakitnya tetapi dia telah menyelesaikan perawatan yang diperlukan dan telah memulai rehabilitasi. Dia juga dipuji karena keyakinannya berhasil melewati cobaan itu.

Baca juga: Megadeth Akhirnya Kembali Ke Panggung Setelah Dave Mustaine Sehat

Dave Mustaine juga membahas pertempuran dengan kankernya dalam konser Megadeth pada Jum’at (31 Januari) malam lalu di The SSE Arena di London, Inggris. Berbicara kepada orang banyak sebelum memainkan lagu dari album baru Megadeth, Dystopia, dia mengatakan (lihat video di bawah): “Sekitar setahun yang lalu, kami mengerjakan album baru kami di Franklin, Tennessee, dan saya mulai merasakan rasa sakit di sini [menunjuk ke tenggorokannya]. Jadi saya pergi ke dokter dan dia berkata, “Dave, Anda menderita kanker”. Dan saya berkata, “Brengsek! Saya menderita kanker. Dan saya sangat terkejut”.

Dia melanjutkan: “Pada awalnya, saya berpikir, ‘Apakah saya takut?’ Dan kemudian saya berkata, “Tidak. Saya benar-benar kesal. Dan kami menghentikan rekaman, kami menghentikan semuanya. Saya pergi ke pengobatan untuk kanker. Itu adalah 51 perawatan radiasi dan 9 perawatan kemo. Dan ketika semuanya sudah dilakukan, setiap hari saya berpikir, “Saya tidak bisa menghadapi tidak bermain (musik) lagi. Jadi saya akan berdoa. Saya tahu banyak dari kalian tahu bahwa saya berdoa. Saya mengatakan hal itu dalam [lagu Megadeth] ‘Peace Sells’. Saya berdoa setiap hari. Saya mengatakan itu dalam lagu. Saya sudah mengatakannya sejak album kedua. Tapi saya memikirkan kalian juga setiap hari. Dan saya memikirkan keluarga saya. Dan saya mendapatkan kekuatan ini dari kalian. Dan saya terus memikirkannya. Dan pada 16 Oktober, saya pergi menemui dokter, dan dia berkata, ‘Kamu 100 persen bebas dari kanker'”.

Baca juga: Dave Mustaine Sudah Kembali Masuk Studio?

Ketika dia berbicara dengan Rolling Stone pada musim gugur yang lalu, Dave Mustaine mengatakan bahwa dia “di sisi lain” dari sebagian besar perawatan. Dia menambahkan: “Setelah radiasi, orang itu mengatakan semua hasil tes saya tampak luar biasa. ‘Anda terlihat seperti Anda berada di tahap 1 dan Anda seharusnya berada di tahap 3 sekarang.’ Dan kemudian ahli onkologi mengatakan hal yang sama: “Kamu terlihat sangat kuat”. Jadi kami terus bergerak melalui proses”.

Dave Mustaine juga memuji dukungan yang ia terima dari penggemar dan teman-teman dengan membuatnya menjalani perawatan. Dia berkata: “Banyak yang datang dari orang yang saya kenal tetapi saya tidak tahu kalau mereka peduli. Terutama, saya mendapat pesan teks dari sohib saya, James Hetfield [Metallica], dan saya sangat, sangat senang mendengar darinya. Bertolak belakang dengan apa yang dikatakan orang dan bertentangan dengan tindakan apa pun yang kami lakukan di masa lampau, bahwa saya menyayangi James dan saya tahu bahwa James menyayangi saya dan peduli kepada saya. Kamu bisa melihat bahwa ketika momen kebenaran ada di sini dan saya katakan kepada dunia bahwa saya memiliki penyakit yang mengancam jiwa. Siapa yang datang untuk berdiri di sebelah saya? James. Dan saya mendapat pesan teks dari Ozzy [Osbourne], dan satu dari Paul Stanley [KISS]. Senang mendapatkan satu dari Ozzy; Saya tidak mengharapkannya dari Paul Stanley. Itu sangat menyenangkan karena pada awalnya, ketika KISS pertama kali muncul, saya masih anak-anak dan saya mengidolakan mereka”.

Baca juga: David Ellefson Buka-Bukaan Soal Diagnosis Kanker Dave Mustaine

“Saya benar-benar bersyukur untuk semua orang. Bahkan orang-orang yang mengalami kesulitan dengan perilaku saya dan “mulut besar” saya, saya sangat bersyukur karena mereka menunjukkan perhatian kepada saya. Seperti kata mereka, pada akhirnya, kami punya satu sama lain di sini di komunitas metal gila ini”.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Jaggernaut

Stoner Rocker Juggernaut Mengajak Kembali Ke EP "Masa Pertengahan"

Jaggernaut. Setelah sebelas tahun, mini album Juggernaut dibangkitkan kembali oleh Rekam Jaya sebagai bagian dari program reissue dan dokumentasi arsip musi

on Oct 26, 2020
Kuasa

Selain Eksplorasi Secara Massif, Album KAUSA "Una In Perpetuum" Bertam...

Sebagai band yang berbasis heavy metal dan punk rock, KAUSA termasuk band yang gemar berpetualang secara musikal. Dan kini mereka menganalogikan diri merek

on Oct 13, 2020
Eddie Van Halen

10 Momentum Riff Terbaik Eddie Van Halen Di Sepanjang Karier Sang Guit...

Flying n' shredding bersama Eddie Van Halen. (Foto: Ebet Roberts, Redferns). Tanggal 6 Oktober 2020 menjadi hari yang suram bagi seluruh umat rock di planet

on Oct 8, 2020
Cliff Burton

Legenda Cliff Burton Akan Terus Hidup Di Hati Fans Metallica Selamanya

Foto yang menjadi cover depan buku otobiografi "To Live Is to Die: The Life and Death of Metallica's Cliff Burton" oleh penulis Joel McIver dan dipublikasikan

on Sep 28, 2020