×
×

Search in Mata Mata Musik

Dave Mustaine (Megadeth) dan 10 Album Yang Menjadi Titik Balik Hidupnya

Posted on: 07/6/20 at 9:30 am

Dave Mustaine (Megadeth) dan Album-Album Yang Mengubah Hidupnya
Dave Mustaine (Megadeth). (Foto:  Total Guitar Magazine/Getty Images).

Hello me, meet the real me! Dave Mustaine adalah dewa gitar dan legenda heavy metal dan pionir thrash metal sepanjang sejarah musik dunia. Meski selalu di bawah bayang-bayang Metallica, Megadeth adalah salah satu band yang paling disegani di planet ini. Itu kesimpulannya, bray!

Tapi lo mungkin jarang atau belum tahu sama sekali, waktu dia masih remaja, musisi dan album apa saja sih yang menginspirasi dia pertama kali sampai dia terobsesi menjadi rocker dan bermain gitar. Daftar berikut ini adalah beberapa album yang dia ungkapkan ke Metal Hammer, album-album yang secara nggak langsung telah menjadi titik balik hidup sang arsitektur Megadeth ini…

Baca Juga: 10 Riff Gitar Terbaik Sepanjang Masa Versi Slash (Guns N’ Roses)

Album Pertama Yang Gue Beli Adalah…

David Bowie – Changesonebowie (1976)

“Album pertama yang pernah gue miliki sebenarnya adalah Hotter Than Hell dari KISS. Tapi gue nggak beli, gue nyolong tuh album. Di SMA gue dulu, ada beberapa musisi yang benar-benar hebat yang ada di lingkungan pertemanan gue. Ada para atlet dan para stoners (perokok ganja), dan sebagian besar anak stoner bermain musik, dan orang-orang ini memainkan banyak lagu dari katalog musik David Bowie. ‘Diamond Dogs’ adalah salah satu lagu yang gue sangat suka ulik, dan ‘Rebel Rebel’ juga keren. Gue harus mengatakan bahwa lirik lagu ‘Diamond Dogs’ terasa sangat selaras dengan gue dan ke mana arah hidup gue sedang berjalan. ‘As they pulled you out of the oxygen tent, you asked for the latest party…‘Nah, jika itu nggak terdengar seperti gue pada saat itu, gue nggak tahu apa lagi yang nyambung dengan gue, ngerti ‘kan?”.

Album Yang Mengingatkan Gue Pada Masa SMA Adalah…

UFO – Phenomenon (1974)

“Itu antara Phenomenon UFO atau Let There Be Rock AC/DC. Itu adalah dua album yang paling gue sering dengarkan selama periode itu. Black Sabbath juga cukup sering dimainkan pada waktu yang bersamaan, tetapi gue nggak ingat album yang mana itu… Gue rasa ada lagu ‘Changes’ di dalamnya! (Ya kalau itu mah album Vol. 4-nya Black Sabbath, Om Dave! -Ed.). Kami biasa menggulung rokok seharga 50 sen dan kemudian ‘Changes’ akan muncul dan itu adalah lagu yang paling nggak gue sukai, jadi itu sebabnya gue mengingat lagu itu secara khusus. Tapi gue akan memilih albumnya UFO. Kami sangat sering mendengarkan album itu”.

Album Favorit Gue Sepanjang Masa Adalah…

Led Zeppelin – Presence (1976)

“Sebenarnya, itu agak sulit untuk hanya memilih satu album. Diamond Head adalah band yang hebat bagi gue. Hal yang sama berlaku untuk karya-karya musik Mercyful Fate. Gue ingat dulu saat menyetir di jalan raya bareng James Hetfield, sambil selalu mendengarkan Venom dan Motörhead sepanjang waktu. Itu adalah dua band yang sangat kami sukai. Tetapi jika lo sedang menodongkan pistol ke arah kepala gue, gue harus memilih Led Zeppelin. Presence adalah album yang muncul ketika gue baru menjadi seorang penggemar, karena gue masih terlalu muda ketika album sebelumnya dirilis”.

Album Yang Mendefinisikan Metal Adalah…

Judas Priest – Sad Wings Of Destiny (1976)

“Yang mendefinisikan metal bagi gue? Semuanya kembali ke Motörhead dan (EP) No Sleep Till Hammersmith. Itu adalah sebuah simbol “riff-o-rama” yang total habis-habisan. Tetapi ketika berbicara tentang heavy metal klasik, Sad Wings Of Destiny milik Judas Priest jelas merupakan salah satu dari karya terbaik sepanjang masa. Mendengar permainan gitar Glenn Tipton dan K.K. Downing yang serempak dan mendengar teriakan Rob Halford… siapa yang menyanyi seperti itu? Tak seorang pun. Gue sangat terpesona oleh band itu dan segala sesuatu tentang mereka, sehingga gue pergi ke toko topi dan membeli Fedora karena Glenn Tipton mengenakan itu di bagian belakang (cover artwork) Sad Wings of Destiny… Gue memiliki rambut keriting sehingga topi tidak bertahan dengan baik. Itu tidak bertahan lama…hehehe”.

Album Yang Membuat Gue Nyetir Melewati Batas Kecepatan Adalah…

Motörhead – Ace Of Spades (1980)

“Gue harus kembali ke Motörhead lagi. Bisa dibilang bahwa gitar yang dimainkan di album Killers oleh Iron Maiden ada di sana. Itu juga merupakan album yang penting bagi gue, tetapi tempo itu tidak seberat lagu Motörhead lainnya yang lebih cepat. Mereka adalah band yang  sempurna untuk dibawa ngebut… atau masuk penjara! …hehehe”.

Tidak Ada Yang Akan Percaya Bahwa Gue Memiliki Album…

Aztec Camera – Love (1987)

“Kami berada di Paris dan kanal MTV muncul di TV. Gue ingat gue waktu itu sedang benar-benar sakit, dan Roddy Frame menyanyikan lagu ‘Deep And Wide And Tall’, dan dia adalah seorang penulis lagu pop yang hebat. Lo bisa memberi tahu para musisi metal bahwa yang memiliki karier yang sukses dan bertahan lama biasanya adalah orang-orang yang mendengarkan musik di luar dunianya sendiri dan memiliki pengaruh dari luar musik metal. Jika kita hanya mengulangi apa yang teman-teman kita lakukan, kita tidak benar-benar berinovasi. Gue juga memiliki sebuah single dari band Scritti Politti berjudul ‘Wood Beez’. Itu muncul dengan meja putar yang seseorang telah tinggalkan di rumah yang gue dan David Ellefson huni saat baru pindah, dan gue hanya langsung mengadopsinya. Itu agak sedikit terlalu pop bagiku”.

“Lo bisa memberi tahu para musisi metal bahwa yang memiliki karier yang sukses dan bertahan lama biasanya adalah orang-orang yang mendengarkan musik di luar dunianya sendiri dan memiliki pengaruh dari luar musik metal. Jika kita hanya mengulangi apa yang teman-teman kita lakukan, kita tidak benar-benar berinovasi”

-Dave Mustaine

Cover Artwork Album Favorit Gue Adalah…

Pink Floyd – Wish You Were Here (1975)

“Itu sangat mudah. Gue harus mengatakan bahwa Wish You Were Here milik Pink Floyd, dengan kedua pria yang berjabat tangan dan salah satunya terbakar api. Storm Thorgersen adalah artis yang luar biasa, sehingga kami menggunakan seorang artis bernama Hugh Syme, yang merupakan anak didiknya, untuk mengerjakan artwork album (Megadeth), Countdown To Extinction dan Youthanasia. Kami menginginkan sesuatu yang orisinil dan pemikiran yang memprovokasi, bukan hanya ilustrasi. Kami dikategorikan dan semua orang seperti ‘Di mana Vic?’ setiap saat. Dengan Youthanasia, orang-orang ngamuk beramai-ramai karena mereka pikir kami benar-benar menggantung anak bayi terbalik dan mengambil beberapa foto. Apa yang kami lakukan adalah meminta para ibu untuk datang dan bayi-bayi itu berada di atas meja yang jernih ini dengan cahaya di bawahnya, kemudian para ibu akan meraih jari-jari kaki bayi-bayi itu dan menarik kaki mereka lurus sehingga terlihat seperti mereka tergantung dari kaki mereka. Aku rasa itu brilian”.

Album Paling Underrated Sepanjang Masa Adalah…

Angel – Angel (1975)

“Mereka ada di Casablanca Records. Mereka adalah yin dan yang-nya KISS. KISS berpakaian hitam dan Angel berpakaian putih. Mereka memiliki gitaris yang luar biasa bernama Punky Meadows yang benar-benar sering diejek oleh Frank Zappa dalam berbagai lagu. Tapi dia punya beberapa lagu luar biasa seperti ‘Tower’ dan ‘Any Way You Want’. Mereka hampir bernuansa progressive rock pada tingkat tertentu, tetapi lagu-lagunya tetap sangat bagus. Gue selalu membayangkan bagaimana jadinya jika gue mengcover lagu ‘Tower’. Vokalisnya memiliki suara yang sangat aneh. Lo harus super open-minded untuk menghargainya karena dia memiliki vibrato yang sangat cepat, dan banyak orang yang menganggap itu tidak menarik. Tapi mereka adalah salah satu band favorit gue saat masih kecil”.

Saat Pemakaman Gue, Gue Ingin Orang-orang Untuk Memainkan Album…

Johnny Winter – Still Alive And Well (1973)

“Gue selalu bercanda tentang ini. Gue nggak sabar untuk mati! Gue nggak takut mati dan gue sudah mati sekali sebelumnya, tetapi untuk tidak hidup lagi dan tidak bisa merasakan kehidupan? Gue sayang keluarga gue, gue sayang band gue, gue sayang kondisi hidup gue sekarang dan karier gue berjalan dengan baik. Gue percaya dengan komunitas metal sekarang… pendulumnya telah berayun dengan cara yang positif bagi kita semua, tidak hanya untuk The Big Four (Metallica, Slayer, Megadeth, Anthrax -Ed.) tetapi untuk “The Small Four (Hundred)” juga! …hehehe”.

Gue Ingin Dikenang Melalui Album…

Megadeth – Dystopia (2016)

“Dalam hal mendorong keahlian dan penulisan lagu gue, dan pengenalan kembali David Ellefson dan gue sendiri, dan dengan Kiko (Loureiro) sebagai gitaris yang sangat luar biasa, gue harus memilih Dystopia pada titik ini. Tapi sekarang Dirk Verbeuren ada di band, gue benar-benar menantikan apa yang akan terjadi selanjutnya. Ketika kami masuk ke ruang latihan, melakukan pemanasan untuk konser, dan kami mendengar Dirk memainkan beberapa ketukan yang mengesankan, gue mempertanyakan seperti apa sound yang akan dimiliki Megadeth ketika kami membuat album berikutnya dan kami memiliki ketukan-ketukan yang mematikan, itu akan mendorong keahlian gue ke batas dunia lain. Gue senang karena gue dapat melakukan gaya musik metal yang cepat, tetapi untuk memiliki ketajaman dan pengetahuan musik sedalam yang dimiliki Kiko dan dengan David Ellefson yang menjaga temponya, gue benar-benar menantikan album berikutnya. Gue mulai memikirkannya pada hari kami meninggalkan studio setelah membuat Dystopia. Begitulah ya cara gue berpikir”.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Kuasa

Selain Eksplorasi Secara Massif, Album KAUSA "Una In Perpetuum" Bertam...

Sebagai band yang berbasis heavy metal dan punk rock, KAUSA termasuk band yang gemar berpetualang secara musikal. Dan kini mereka menganalogikan diri merek

on Oct 13, 2020
Eddie Van Halen

10 Momentum Riff Terbaik Eddie Van Halen Di Sepanjang Karier Sang Guit...

Flying n' shredding bersama Eddie Van Halen. (Foto: Ebet Roberts, Redferns). Tanggal 6 Oktober 2020 menjadi hari yang suram bagi seluruh umat rock di planet

on Oct 8, 2020
Cliff Burton

Legenda Cliff Burton Akan Terus Hidup Di Hati Fans Metallica Selamanya

Foto yang menjadi cover depan buku otobiografi "To Live Is to Die: The Life and Death of Metallica's Cliff Burton" oleh penulis Joel McIver dan dipublikasikan

on Sep 28, 2020
Rekaman Termahal

10 Album Rock & Metal Dengan Anggaran Rekaman Termahal Dalam Sejarah

Sebagai seorang seniman musik alias musisi, tentu lo memiliki ambisi dan impian yang besar terhadap karya dan karier solo lo atau band lo. Sebelum masuk st

on Sep 24, 2020