×
×

Search in Mata Mata Musik

David Gilmour (Pink Floyd) Rilis Lagu Solo Pertamanya Dalam 5 Tahun

Posted on: 07/5/20 at 6:00 am

David Gilmour (Pink Floyd) Rilis Lagu Solo Pertamanya Dalam 5 Tahun
David Gilmour saat tampil di Madison Square Garden, New York, AS pada 12 April 2016. (Foto: Matthew Eisman/Getty Images).

Salute dengan gitaris band legendaris psikedelik rock yang satu ini. Usia sama sekali tidak menghalanginya untuk tetap produktif. David Gilmour yang berusia 74 tahun ini telah kembali merilis musik yang berjudul ‘Yes, I Have Ghosts’, lagu baru pertamanya dalam lima tahun terakhir.

Lagu ini adalah sebuah trek akustik yang lembut dengan berbagai suara instrumen string yang perlahan-lahan berkembang. Pada lagu tersebut, David Gilmour bernyanyi, “Yes, I have ghosts, not all of them dead/ Making dust of my dreams, spinning round and around, around in my head“.

Baca Juga: 10 Riff Gitar Terbaik Sepanjang Masa Versi Slash (Guns N’ Roses)

‘Yes, I Have Ghosts’ bukan hanya sebuah lagu solo tetapi juga merupakan upaya bersama dari keluarga David Gilmour. Lagu tersebut mengiringi perilisan buku audio ciptaan istrinya, Holly Samson untuk novelnya yang ber-genre coming-of-age berjudul A Theater for Dreamers, dan menampilkan putrinya yang bernama Romany pada bagian vokal.

Format buku audio milik istrinya itu “memiliki sangat banyak potensi yang belum dimanfaatkan,” ujar David Gilmour dalam sebuah pernyataan, “dan aku terkejut (bahwa) belum ada banyak musisi yang secara kreatif mau berkolaborasi dengan penulis, narator dan produser buku audio dengan cara ini sebelumnya. Kedua dunia ini tampaknya terhubung dengan mulus, dan musik dapat benar-benar membantu menghidupkan buku audio dengan cara baru yang tidak terduga”.

Album studio terakhir dari musisi legendaris itu adalah Rattle that Lock dari tahun 2015, yang sukses mencapai posisi No. 1 di tangga musik U.K. (Inggris) Album Albums Chart dan No. 5 di tangga musik Billboard 200.

Pink Floyd terakhir merilis materi musik orisinil melalui album The Endless River pada tahun 2014, yang merupakan album ke-15 mereka, meskipun para master prog-rock itu telah menjaga aktifitas lagu mereka tetap mengalir selama pandemi virus Corona dengan serangkaian streams video dari berbagai konser klasik mereka di YouTube.

Dengarkan lagu terbaru David Gilmour dari Pink Floyd, ‘Yes, I Have Ghosts’ di bawah ini.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Shellin

Prog-Rocker Shellin Rilis "Bhaskara", Album Perdana Sarat Eksplorasi C...

Shellin. Perkenalkan, Shellin, band progressive rock asal Malang, Jawa Timur. Meski pendatang baru, musikalitasnya patut diperhitungkan di kancah musik Tana

on Oct 23, 2020
Kinder Bloomen

Psychedelic Rocker Kinder Bloomen Menyatukan Perbedaan Dalam EP “PRO...

Kinder Bloomen. Kinder Bloomen adalah band pengusung psychedelic rock yang mencoba bereksperimen dengan berbagai macam suara. Band ini memiliki lima personi

on Oct 2, 2020
Tame Impala

Tame Impala Rilis Versi Remix Dari Lagu ‘Guilty Conscience’ Milik ...

Tame Impala (Foto: Daniel Knighton/Getty Images) / 070 Shake (Foto: Joseph Okapako/Getty Images). One-man leading band pop-rock psikedelik Tame Impala telah

on Jul 26, 2020
Nike The Grateful Dead

Sepatu Baru Nike Seri The Grateful Dead Ada Kantong Rahasianya (Buat G...

The Grateful Dead. Ikon rock psikedelik dari era 1960 dan besar di 1970-an. Perusahaan sepatu beken, Nike dan para legenda psychedelic rock The Grateful Dea

on Jul 19, 2020