×
×

Search in Mata Mata Musik

David Gilmour (Pink Floyd) Rilis Lagu Solo Pertamanya Dalam 5 Tahun

Posted on: 07/5/20 at 6:00 am

David Gilmour (Pink Floyd) Rilis Lagu Solo Pertamanya Dalam 5 Tahun
David Gilmour saat tampil di Madison Square Garden, New York, AS pada 12 April 2016. (Foto: Matthew Eisman/Getty Images).

Salute dengan gitaris band legendaris psikedelik rock yang satu ini. Usia sama sekali tidak menghalanginya untuk tetap produktif. David Gilmour yang berusia 74 tahun ini telah kembali merilis musik yang berjudul ‘Yes, I Have Ghosts’, lagu baru pertamanya dalam lima tahun terakhir.

Lagu ini adalah sebuah trek akustik yang lembut dengan berbagai suara instrumen string yang perlahan-lahan berkembang. Pada lagu tersebut, David Gilmour bernyanyi, “Yes, I have ghosts, not all of them dead/ Making dust of my dreams, spinning round and around, around in my head“.

Baca Juga: 10 Riff Gitar Terbaik Sepanjang Masa Versi Slash (Guns N’ Roses)

‘Yes, I Have Ghosts’ bukan hanya sebuah lagu solo tetapi juga merupakan upaya bersama dari keluarga David Gilmour. Lagu tersebut mengiringi perilisan buku audio ciptaan istrinya, Holly Samson untuk novelnya yang ber-genre coming-of-age berjudul A Theater for Dreamers, dan menampilkan putrinya yang bernama Romany pada bagian vokal.

Format buku audio milik istrinya itu “memiliki sangat banyak potensi yang belum dimanfaatkan,” ujar David Gilmour dalam sebuah pernyataan, “dan aku terkejut (bahwa) belum ada banyak musisi yang secara kreatif mau berkolaborasi dengan penulis, narator dan produser buku audio dengan cara ini sebelumnya. Kedua dunia ini tampaknya terhubung dengan mulus, dan musik dapat benar-benar membantu menghidupkan buku audio dengan cara baru yang tidak terduga”.

Album studio terakhir dari musisi legendaris itu adalah Rattle that Lock dari tahun 2015, yang sukses mencapai posisi No. 1 di tangga musik U.K. (Inggris) Album Albums Chart dan No. 5 di tangga musik Billboard 200.

Pink Floyd terakhir merilis materi musik orisinil melalui album The Endless River pada tahun 2014, yang merupakan album ke-15 mereka, meskipun para master prog-rock itu telah menjaga aktifitas lagu mereka tetap mengalir selama pandemi virus Corona dengan serangkaian streams video dari berbagai konser klasik mereka di YouTube.

Dengarkan lagu terbaru David Gilmour dari Pink Floyd, ‘Yes, I Have Ghosts’ di bawah ini.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    DRIVEN BY ANIMALS

    DRIVEN BY ANIMALS Bangkit Via Single Prog-Rock Sarat Protes Sosial

    DRIVEN BY ANIMALS saat proses shooting video klip terbaru. Karena permasalahan yang terjadi di band sebelumnya, DRIVE, berakibat band DRIVEN BY ANIMALS (DBA

    on Aug 27, 2021
    Primus

    Primus Tur "Tribute To Rush", Les Claypool Ngulik Bass Ke Geddy Lee

    Les Claypool (Foto: Johnny Perilla). Primus secara resmi telah menjalankan tur "Tribute to Rush" mereka, kick off jadwal turnya pada Selasa malam (10 Agustu

    on Aug 12, 2021
    Coheed and Cambria

    Coheed and Cambria Beri Gambaran Album Baru Via Single 'Shoulders'

    Coheed and Cambria (Foto: Jimmy Fontaine). Coheed dan Cambria kembali dengan single baru yang berjudul 'Shoulders'. Musik baru pertama mereka sejak lagu kej

    on Jul 22, 2021
    King Gizzard & The Lizard Wizard

    King Gizzard & The Lizard Wizard Siap Rilis Album Ke-18, "Butterfly 30...

    King Gizzard & The Lizard Wizard (Foto: Jason Galea). King Gizzard & The Lizard Wizard. Yoi Australia punya nih. Setelah Tame Impala, gaya rock retr

    on May 12, 2021