×
×

Search in Mata Mata Musik

David Guetta Dikecam Atas Remix Pidato Martin Luther King Jr. Yang “Tidak Peka”

Posted on: 06/2/20 at 8:00 am

David Guetta / United at Home - Fundraising Live from NYC
David Guetta / United at Home – Fundraising Live from NYC. (Foto: YouTube).

Sepertinya sekarang kita memiliki soundtrack yang sesuai untuk iklan Pepsi “nggak nyambung” yang dibintangi Kendall Jenner. Dalam contoh lain dari berbagai karya yang tidak peka dalam menunjukkan solidaritas, juga muncul dari musisi David Guetta. DJ/produser musik ini nge-remix pidato monumental Martin Luther King Jr., ‘I Have a Dream Speech’ sebagai sebuah lagu house untuk menghormati almarhum George Floyd.

Baca juga: Konser Amal David Guetta Di Miami Untuk Korban Covid-19 Dibubarkan Polisi

David Guetta belakangan ini telah menjadi host beberapa acara livestream penggalangan dana dari United at Home yang semi-rutin, dan dia sukses mengumpulkan jumlah dana amal yang cukup besar. Penampilan terbarunya berlangsung pada Minggu malam lalu dari atap gedung pencakar langit di New York City, Amerika Serikat (AS) dengan berhasil mengumpulkan sekitar US$ 670,000 (Rp 9,6 miliar) sebagai dana bantuan krisis Covid-19 untuk organisasi Feeding America. Sementara itu, seluruh jalanan di sekitar David Guetta dipenuhi oleh demonstran Black Lives Matter, perusuh, dan petugas NYPD.

“Jadi tadi malam, aku tahu kami akan melakukan ini dan aku membuat lagu khusus. Lagu berikut ini adalah untuk menghormati George Floyd,” ujar DJ asal Perancis itu sebelum memainkan lagu tribute tersebut. “Dan aku benar-benar berharap kita bisa melihat lebih banyak persatuan dan kedamaian ketika saat ini semuanya sudah terasa sangat sulit”.

“Jadi, shout out (salam) untuk keluarganya,” David Guetta menyimpulkan sementara sebuah beat EDM yang tipikal terdengar semakin keras. Kemudian terdengar suara kuat dari pidato Martin Luther King Jr., dan tiba-tiba semuanya menjadi jelas betapa “cringe”-nya momen itu ketika David Guetta menyemangati energi penonton virtualnya sambil memompa-mompa tangan.

“Kami sudah menemukannya. Inilah cara paling putih untuk bereaksi terhadap rasisme,” ujar seorang pengguna di Twitter.

“David Guetta benar-benar mencoba untuk menghilangkan rasisme dengan hanya (dentuman) ‘unts, unts’, aku akan berteriakkkkk,” tulis pengguna lainnya yang sangat heran dengan tujuan sang DJ.

Bahkan sesama produser musik EDM, Hudson Mohawke ikut menimpali, dengan mencuit (tweet), “Aku tidak tahu harus mulai dari mana dalam menghitung tingkat ketidakpekaan dan kesalahan yang ada di sini”.

Umm gini, kita ngerti bahwa David Guetta hanya mencoba untuk memberi dukungan, tetapi mengubah pidato tentang ketidaksetaraan rasial menjadi sebuah “drop” lagu EDM terasa seperti sangat meleset dari sasaran. Mungkin jika dia telah menyumbangkan hasil penggalangan dananya malam itu untuk gerakan BLM atau berbagai gerakan politik, penggalangan dana, atau organisasi lainnya yang terkait, setidaknya itu pasti akan meredakan kecaman para netizen. Tetapi sebaliknya kita malah harus melihatnya berdiri di depan Empire State Building, sambil asyik mendengar versi EDM dari, “I still have a dream. It is a dream deeply rooted in the American dream“.

Baca juga: David Guetta Kembali Gaet GLOWINTHEDARK Untuk Single “Jump”

Tonton konser virtual David Guetta selengkapnya di bawah ini.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Kanye West

Kanye West Sebut Vaksin Covid-19 Mendatang Sebagai “Mark Of The Beas...

Kanye West. (Foto: Michael Loccisano/Getty Images). Dalam sebuah wawancara baru yang diterbitkan pada 8 Juli, Kanye West telah mengungkapkan bahwa dia sempa

on Jul 9, 2020
Industri Hiburan

Pemerintah Inggris Suntik Dana Bantuan Rp 28 Triliun Untuk Industri Hi...

Konser duo elektronik Justice di O2, Brixton Academy, London, Inggris, 29 September 2017. (Foto: Luke Dyson). Pemerintah Britania Raya telah mengungkapkan p

on Jul 7, 2020
Destruction konser social distancing.

Beginilah Suasana Konser Social Distancing Pertama Thrashers Jerman De...

Destruction akhirnya menggebrak panggung setelah 3 bulan nganggur. Thrashers asal Jerman Destruction memainkan konser pertama mereka setelah lockdown pandem

on Jul 6, 2020
Virgin Money Unity Arena.

Venue Musik Berkonsep Social Distancing Pertama di Dunia Siap Hadir di...

Virgin Money Unity Arena. Penggemar musik di Inggris mungkin akan lebih cepat merasakan musik live daripada yang diperkirakan beberapa pakar kesehatan. Venu

on Jul 5, 2020