×
×

Search in Mata Mata Musik

DAY6 Curhat Banyak di Acara Peluncuran Album The Book of Us: Entropy

Posted on: 10/23/19 at 12:02 pm

Saat menggelar konferensi pers untuk merayakan perilisan album studio ketiga mereka, DAY6 buka-bukaan tentang popularitas, dukungan dari Park Jin Young, tujuan band dan banyak lainnya.

Baca juga: DAY6 Luncurkan Teaser Pertama Jelang Comeback Bulan Ini!

Hari Selasa (22/10) kemarin, DAY6 meluncurkan album studio ketiga mereka, The Book of Us: Entropy, beserta video musik lagu utamanya, “Sweet Chaos.” Ini menandai comeback pertama mereka dalam tiga bulan sejak dirilisnya mini album kelima mereka, The Book of Us: Gravity

DAY6 juga mengadakan konferensi pers untuk mengupas album baru mereka serta menceritakan kondisi band saat ini.

Member Young K menjelaskan bagaimana album baru ini, yang disebut-sebut sebagai bagian kedua dari seri album band, berbeda dari album sebelumnya. 

“Bagian pertama adalah tentang tahap awal, yang bisa dibandingkan seperti gravitasi dan tarikan cinta. Untuk album baru ini, kami ingin bernyanyi tentang bagaimana orang berubah saat mereka berinteraksi satu sama lain. Kadang, perubahan itu bisa terasa hangat, tapi kadang juga, itu bisa dingin. Jadi kami mencoba menghadirkan keduanya.”

Ia juga menuturkan, kekuatan album terletak pada ragam genrenya.

“Kami sudah mencoba banyak genre yang berbeda untuk menemukan warna kami, tetapi di saat yang sama juga tidak membatasi diri pada genre yang bisa kami mainkan. Untuk album ini, kami bahkan ikut kamp lagu. Kami masing-masing menulis satu lagu sehari untuk menghasilkan banyak lagu yang berbeda. Kami tidak punya banyak waktu tapi kami punya kesempatan untuk menjajal semua yang kami pikirkan dan ingin lakukan.”

DAY6
DAY6 tampil di acara peluncuran The Book of Us: Entropy. (Foto via Soompi)

Para member DAY6 mengaku, Park Jin Young—pendiri agensi mereka, JYP Entertainment—sangat senang ketika pertama kali mendengar “Sweet Chaos.” 

Sungjin mengatakan, “Dia sangat suka dengan lagu itu dan dia memberi kami pujian yang tinggi. Dia juga banyak memberikan masukan dalam hal-hal seperti video musik.” 

Young K mengungkapkan, Park Jin Young lah yang menyarankan judul “Sweet Chaos.” “Dia menyarankan kami mencoba konsep ‘kekacauan yang manis (sweet chaos)’ untuk album ini, dan dengan dukungannya, kami bisa dengan percaya diri mulai mengerjakan album ini. Kami sangat berterima kasih padanya.”

Band ini belakangan disibukkan dengan tur dunia mereka. Saat ditanya apakah sulit menyeimbangkan tur dengan persiapan comeback ini, Wonpil menerangkan, “Kami sebenarnya menulis semua lagu kami sebelum tur, jadi kami tidak kesulitan berusaha menulis musik baru saat tur. Kami menulis banyak lagu di paruh pertama tahun ini.”

DAY6
Kekuatan album baru DAY6 terletak pada ragam genrenya. (Foto via Soompi)

Terkait popularitas mereka di luar Korea, band ini menyatakan sangat bersyukur atas cinta dan dukungan yang mereka terima. Menurut mereka, rahasianya adalah “kekuatan musik.” 

“Kalau kamu suka musik dan tidak membatasi diri karena bahasa, kamu bisa menikmati musik dan berbagi energi yang sama. Saya rasa itulah yang kami lakukan sebagai DAY6. Kami terus berupaya keras menghasilkan energi baik,” kata Young K.

Baca juga: DAY6 Bahas Tentang Mimpi, Fans Internasional & Lainnya

Wonpil menambahkan, “Kami belum melakukan sesuatu yang spesial, kami cuma bernyanyi tentang emosi yang kami dan teman-teman kami rasakan. 

“Tujuan kami adalah menciptakan musik yang bisa dirasakan orang-orang, dan kami akan terus melakukan itu. Semoga orang-orang bisa merasa terhibur dan tersemangati lewat musik kami. Kami mendapat banyak kekuatan melalui lagu-lagu yang kami dengar waktu kecil, dan kami ingin menjadi artis seperti itu untuk orang lain.”

DAY6 mengakhiri perbincangan mereka dengan menyatakan impian mereka adalah menjadi grup yang tetap selalu ada dan bisa bernyanyi tentang setiap momen.

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Limp BIzkit

    Limp Bizkit Merilis Lagu 'Dad Vibes' Setelah Debut Live Di Lollapalooz...

    Sampul lagu terbaru Limp Bizkit. Panggung perdana Limp Bizkit setelah sekian lama tertunda akibat pandemi akhirnya dipecahkan di gelaran festival Lollapaloo

    on Oct 1, 2021
    David Bowie

    David Bowie Merilis Album "Toy" Yang Sempat Dilupakan Tahun 2011

    David Bowie (Foto: Frank W. Ockenfels 3). Sebuah album studio milik David Bowie yang tidak pernah dirilis sebelumnya akhirnya akan dirilis secara resmi seha

    on Sep 30, 2021
    Ad Infinitum

    Ad Infinitum Merilis MV 'Afterlife' Jelang Album "Chapter II - Legacy"

    Ad Infinitum, mungkin nama yang asing bagi sebagian orang. Tetapi tidak bagi kalangan penggemar heavy metal. Band symphonic metal ini merilis lagu kedua me

    on Sep 30, 2021
    Converge

    Converge X Chelsea Wolfe Merilis Album Kolaborasi "Blood Moon"

    Converge x Chelsea Wolfe (Foto: Emily Birds). Inilah kolaborasi yang memang layak untuk dinanti sejak lama. Akhirnya secara resmi Converge dan Chelsea Wolfe

    on Sep 29, 2021