×
×

Search in Mata Mata Musik

Deafheaven Hapus Unsur Black Metal Di Album Barunya, “Infinite Granite”!

Posted on: 06/9/21 at 1:00 pm

Deafheaven Hapus Unsur Black Metal Di Album Baru "Infinite Granite"!
Deafheaven (Foto: dok. George Clarke).

Deafheaven belum lama ini mengumumkan album studio kelima mereka yang dikasih judul Infinite Granite. Diluncurkan pada 20 Agustus 2021 melalui indie label Sargent House. Sebagai pendahuluan dari album mendatang tersebut, kuintet “blackgaze” ini juga membagikan single utamanya, ‘Great Mass of Color’. Lo bisa simak di ujung artikel ini.

Baca juga: Rayakan Satu Dekade, Unit Post-Metal Deafheaven Rilis Album Live “10 Years Gone”

Lagu ‘Great Mass of Color’ menandakan perubahan musik yang dramatis dari sound “blackgaze” alias hibrida antara black metal dan shoegaze Deafheaven yang unik. Gaya musik yang diusung Deafheaven sejak dibentuk pada tahun 2010. Sementara elemen shoegaze tetap ada, metalnya justru hilang, karena lagu ini tidak lagi menampilkan dram blast beat dan vokal yang parau. Waduh, siap-siap fans kuciwaw neh!

Menurut siaran pers, lolongan black metal dari tenggorokan sang vokalis George Clarke menjadi minimal di Infinite Granite. Sebagai gantinya, George menggunakan “falsetto, bisikan, harmoni multi-bagian, dan jelajahan gaya vokal lainnya” untuk memanfaatkan jangkauan penuhnya. Sementara itu, pasangan gitaris Kerry McCoy dan Shiv Mehra memasukkan lebih banyak tekstur synth di samping progresi kord ekspresif mereka.

Deafheaven Infinite Granite

Secara keseluruhan, Infinite Granite akan menjadi album penuh Deafheaven yang terdengar paling berbeda hingga saat ini. Album baru ini diproduksi oleh Justin Meldal-Johnsen, yang paling dikenal sebagai bassis lamanya Beck. Sebelumnya Justin pernah memproduseri artis-artis seperti St. Vincent, Nine Inch Nails, M83, Metric, dan Paramore. Dan mixing-nya oleh Darrell Thorp (Foo Fighters, Radiohead, Beck).

Deafheaven Infinite Granite

Infinite Granite Tracklist:
01. Shellstar
02. In Blur
03. Great Mass of Color
04. Neptune Raining Diamonds
05. Lament for Wasps
06. Villain
07. The Gnashing
08. Other Language
09. Mombasa

Deafheaven baru saja merayakan satu dekade eksistensinya pada tahun 2020, dengan merilis album live rekaman studio 10 Years Gone. Setelah gagal menjalankan tur anniversary satu dekade mereka pada tahun lalu akibat lockdown pandemi Covid-19. Mungkin tonggak sejarah itu menyerukan perubahan arah.

Album studio terakhir band ini adalah Ordinary Corrupt Human Love, yang meraih sambutan meriah dari kalangan fans maupun media.

Baca juga: 14 Album Klasik & Esensial Yang Merayakan Ulang Tahun Di Bulan Juni

Lo sudah bisa pre-order album fisik dan merchandise Infinite Granite yang tersedia dalam berbagai format melalui Sargent House. Selamat menyimak lagu baru Deafheaven ‘Great Mass of Color’ di bawah ini!

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Ed Sheeran bad habbits

    Ed Sheeran Enggak Nolak Bikin Album Death Metal, Suka Cradle Of Filth

    Ed Sheeran di dalam video klip 'Bad Habits' (Foto: via YouTube). Ed Sheeran, sang bintang pop beken kebangsaan Inggris yang mengcover lagu metal terdengar s

    on Jul 15, 2021
    Mayhem

    Mayhem: 7 Album Punk Favorit Legenda Black Metal Norwegia Ini

    Mayhem (Foto: Ester Segarra). Mayhem baru saja melepas single kedua berjudul 'Everlasting Dying Flame' dari EP mendatang mereka, Atavistic Disorder/Kommando

    on Jul 4, 2021
    Behemoth

    Behemoth Rilis NFT Anniv Ke-7 The Satanist Collab Dengan Seniman Bali

    Behemoth (Foto: Grzegorz Gołębiowski). Behemoth telah mengumumkan peluncuran lini NFT mereka sendiri, yang tersedia mulai 7 Mei 2021 pukul 8 malam waktu

    on May 9, 2021
    Mayhem

    Mayhem Umumkan EP Baru Berisi 3 Lagu Orisinal + 4 Lagu Cover Punk!

    Mayhem (Foto: Ester Segarra). Legenda Norwegian Black Metal Mayhem baru saja mengumumkan mini album alias EP baru mereka yang berjudul Atavistic Black Disor

    on May 8, 2021