×
×

Search in Mata Mata Musik

Debut Dua Lipa Di Top 5 Chart Billboard 200 Jadi Momen Besar Bagi Warner Records

Posted on: 04/8/20 at 8:30 am

Dua Lipa saat di ajang Grammy Awards ke-62.
Dua Lipa saat di ajang Grammy Awards ke-62. (Foto: Jordan Strauss/Invision/AP/Shutterstock).

Dua Lipa akhirnya mendaratkan album Top 10 pertamanya di chart Billboard 200, saat album terbaru dan keduanya, Future Nostalgia, debut di No. 4 (pada chart terhitung per tanggal 11 April). Album itu dengan mudah melampaui posisi No. 27 dari proyek debut self-titled milik sang penyanyi-penulis lagu asal Inggris itu pada Februari 2018.

Baca juga: Single ‘Don’t Start Now’ Dua Lipa Bertahan No.1 Selama 6 Minggu Di Pop Radio Chart

Future Nostalgia juga menandai momen musik pop yang krusial bagi perusahaan Warner Records, yang merilis album baru Dua Lipa pada 27 Maret lalu. Future Nostalgia adalah album pop dengan posisi chart tertinggi dari Warner Records sejak Oktober 2018, dan menghasilkan rekor pekan streaming terbesar yang pernah ada untuk sebuah album pop dari label itu.

Warner Records sebelumnya dikenal sebagai Warner Bros. Records hingga Mei 2019. Label ini didirikan pada tahun 1958.

Future Nostalgia secara total sukses menjual 66,000 unit album ekuivalen yang diperoleh di Amerika Serikat (AS) pada pekan yang berakhir 2 April, menurut laporan dari Nielsen Music/MRC Data. Dari total jumlah itu, 44,000 berada di unit SEA (streaming equivalent album), 18,000 di unit penjualan album dan 3,000 di unit TEA (tracks equivalent album).

Mari kita uraikan beberapa pencapaian hebat Dua Lipa dengan kedatangan Future Nostalgia:

Pekan Penjualan Terbaik Dua Lipa:

Kemunculan Future Nostalgia di posisi No. 4 dengan terjual 66,000 unit menandai baik album dengan posisi chart tertinggi Dua Lipa dan pekan penjualan terbesarnya dalam segi unit untuk sebuah album. Dibandingkan album debutnya, karya Dua Lipa kali ini berkembang pesat.

Pekan Streaming Terbesar yang Pernah Ada Untuk Sebuah Album Pop di Warner Records:

Debut Future Nostalgia yang dimulai dengan 44,000 unit SEA diterjemahkan menjadi 61 juta streams on-demand dari 11 lagu dalam album pada pekan pertamanya. Itu merupakan jumlah streaming terbesar yang pernah ada untuk sebuah album pop di Warner dan pekan streaming terbesar keempat untuk album Warner apa pun (terlepas dari genre).

Album pop adalah album yang tidak masuk chart penghitungan berdasarkan genre seperti chart Top Rap Albums, Top Rock Album, Top Jazz Album, dll.

Satu-satunya pekan streaming lebih besar yang pernah diperoleh sebuah album rilisan Warner Records telah datang melalui album Circles oleh almarhum Mac Miller (139,3 juta streams pada pekan debutnya; chart per tanggal 1 Februari 2020), Christmas oleh Michael Bublé (78,4 juta; chart per tanggal 5 Januari 2019) dan Swimming yang juga oleh Mac Miller (66,7 juta di pekan debutnya; chart per tanggal 22 September 2018). Circles dan Swimming dua-duanya mencapai posisi Top 5 dalam chart Top Rap Albums.

Album Pop Dengan Posisi Chart Tertinggi di Warner Sejak 2018:

Khususnya, proyek terbaru Dua Lipa ini adalah album pop dengan posisi chart tertinggi dari Warner Records sejak album cover ABBA oleh Cher, Dancing Queen, debut dan memuncak di posisi No. 3 pada 13 Oktober 2018.

Sejak itu, Warner telah mencatat posisi Top 4 dengan album-album rock dari Green Day (Father of All.., No. 4; 2020, melalui label Reprise/Warner) dan The Black Keys (Let’s Rock, No. 4; 2019, label Easy Eye Sound/Nonesuch/Warner), dan album Christmas oleh Michael Bublé (muncul kembali ke Top 4 selama musim liburan 2018-19 dan 2019-20).

Pekan Terbesar Ketiga Untuk Album Pop Oleh Artis Solo Pada Tahun 2020:

Debut album kedua Dua Lipa ini yang sebesar 66,000 unit adalah pekan terbesar ketiga untuk sebuah album pop oleh seorang solois pada tahun 2020, mengikuti kesuksesan dari album Manic oleh Halsey (239,000 unit) dan Rare oleh Selena Gomez (112.000 unit).

Future Nostalgia dipimpin oleh lagu hit ‘Don’t Start Now’. Single ini berperan sebagai puncak karir tertinggi untuk Dua Lipa di chart Billboard Hot 100 (No. 2) dan chart Radio Songs (No. 1 selama tiga minggu, sejauh ini; dan No. 1 di hitungan chart terbaru, per tanggal 4 April). Lagu Dua Lipa ini juga mencatat pekan keenamnya di No. 1 pada chart Pop Songs (per tanggal 4 April).

Baca juga: Singel Baru Dua Lipa ‘Don’t Start Now’ Raih No. 1 Pada Chart Pop Songs Billboard

Dan yang mengejutkan, Future Nostalgia adalah album Warner Records pertama (dari genre apa pun) yang mencapai Top 5 di chart Billboard 200. Lukas Graham adalah artis terakhir dari Warner Records yang pernah mencapai prestasi itu, ketika single grup itu ‘7 Years’ mencapai Top 5 di chart Radio Songs per tanggal 30 April 2016 (kemudian memuncak di No. 1 selama empat minggu).

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Miley Cyrus

    Jelang Album Baru, Miley Cyrus Rilis Single Kedua, 'Prisoner' Fitur Du...

    Miley Cyrus / Dua Lipa. Akhir bulan ini, Miley Cyrus akan merilis album barunya, Plastic Hearts. Hari ini, 20 November, popstar bad-ass ini merilis single k

    on Nov 20, 2020
    Metallica

    Metal Up Yer Ass! Metallica 'S&M2' Kalahkan Katy Perry 'Smile' Menurut...

    Katy Perry Smile Versus Metallica S&M2. Pada 28 Agustus lalu, Metallica merilis album live kolaborasi kedua mereka dengan San Francisco Symphony berjudu

    on Sep 8, 2020
    Dua Lipa

    Dua Lipa Gandeng Madonna dan Missy Elliott di Lagu ‘Levitating’ Ve...

    Madonna (Foto: Kevin Mazur/Getty Images), Dua Lipa (Foto: Trae Patton/NBC/NBCU Photo Bank/Getty Images), Missy Elliot (Foto: Josh Brasted/FilmMagic/Getty Image

    on Aug 15, 2020
    UN DÍA (ONE DAY)

    Single ‘UN DÍA (ONE DAY)’, Sinergi Kreatif Dua Lipa, J Balvin, Ba...

    Dua Lipa (Foto: Ben Kaye), J Balvin (Foto: Heather Kaplan), and Bad Bunny (Foto: Instagram). Seperti yang diperlihatkan oleh album keduanya, Future Nostalgi

    on Jul 25, 2020