×
×

Search in Mata Mata Musik

Dengan Single ‘Seribu Candi’, Hangga Aly Tunjukkan Cara Jadi Bucin Yang Classy

Posted on: 02/1/21 at 10:30 am

Dengan Single 'Seribu Cinta', Hangga Aly Tunjukkan Cara Jadi Bucin Yang Classy
Hangga Aly. (Foto: dok. Hangga Aly).

Musisi asal Surabaya, Hangga Aly, merilis debut single debut yang berjudul ‘Seribu Candi’ pada 27 Desember 2020 lalu. Sebelum merilis single itu, Hangga Aly memulai karier bermusiknya bersama komunitas musik jazz kampus “ITS Jazz” di saat masih menjadi Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh November di tahun 2017.

Baca juga: Ungkapan Ikhlas Melalui Single Ketiga Satmore, ‘I Will Be Fine’ Yang Pop Jazzy

Lagu ‘Seribu Candi’ menggambarkan beratnya menahan perasaan rindu pasangan yang sedang melakukan Long Distance Relationship. Beratnya rasa rindu terhadap orang dicintai masih lebih berat daripada harus membangun Seribu Candi. Hal tersebut tertuang dalam lirik “Aku memilih bangunkanmu Seribu Candi, daripada ku harus menahan rinduku padamu”.

Lagu ini terinspirasi dari Legenda Tanah Jawa, yaitu kisah antara Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso. Pada cerita tersebut, Bandung Bondowoso Membangunkan Seribu Candi untuk meminang Roro Jonggrang. Hal tersebut untuk menunjukkan keseriusan dalam cintanya. Secara tidak langsung ‘Seribu Candi’ menunjukkan adanya cara bucin (budak cinta -Ed.) yang lebih classy.

Artwork single 'Seribu Candi' oleh Hangga Aly.
Artwork single ‘Seribu Candi’ oleh Hangga Aly.

Sedikit cerita tentang lagu ini, lagu ini telah ditulis sejak tahun 2019. Pada awalnya, Hangga cukup bingung bagaimana langkah yang harus dilakukan untuk memproduksi musik. Singkat cerita, dengan memberitahu draft lagu ke teman-teman komunitas ITS Jazz, Hangga Aly mendapat dukungan dari teman-teman ITS Jazz. Lagu ini mulai diproduksi sejak Agustus 2019. Sempat terkendala karena harus mengerjakan tugas akhir dan juga pandemi Covid-19 yang sedang melanda di tahun 2020.

Titik balik dari produksi lagu ini ketika ITS Jazz yang akan melaksanakan konser online kolaborasi bersama dengan ITB Jazz di bulan September 2020 lalu. Dari situ lah mendapat banyak dukungan untuk bisa membawakan lagu ‘Seribu Candi’. Produksi jarak jauh merupakan solusi yang terbaik karena pada kondisi pandemic Covid-19. Setelah konser tersebut, materi dari lagu ini di-mixing dan mastering ulang oleh Nauval Hariezy hingga pada akhirnya dapat dirilis di digital streaming platform pada tanggal 27 Desember 2020.

Baca juga: Bangkutaman Perkenalkan ‘Dinamika’, Single Baru Instrumental Jazz Psychedelia

Menurut Hangga Aly, membangun candi terkesan berat dan sangat tidak mungkin dilakukan, tetapi menahan rindu jauh lebih berat daripada harus membangun seribu candi.

Sumber: Siaran Pers
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Chick Corea

    Chick Corea, Pionir Dan Ikon Jazz Fusion Dunia Meninggal Di Usia 79 Ta...

    Chick Corea. (Foto: Concord Records). Chick Corea, yang dikenal sebagai pionir dan ikon genre jazz fusion dunia, telah meninggal di usia 79 tahun. Menurut p

    on Feb 12, 2021
    Red Cherry

    Band Pop Samarinda Red Cherry Tuangkan Kisah 2020 Versinya Via Lagu 'E...

    Bagaimana tahun 2020 versi lo? Tahun 2020 menjadi tahun yang paling bersejarah. Nggak bisa dipungkiri sebagian orang atau mungkin semua orang, tahun 2020 m

    on Dec 15, 2020
    Satmore

    Ungkapan Ikhlas Melalui Single Ketiga Satmore, 'I Will Be Fine' Yang P...

    Satmore (sebelumnya bernama Blackpepper) adalah band Pop Jazz kelahiran Bandung yang dibentuk pada 1 November 2014, dari aktivitas ekstra kulikuler musik d

    on Oct 14, 2020
    Bangkutaman

    Bangkutaman Perkenalkan 'Dinamika', Single Baru Instrumental Jazz Psyc...

    Bangkutaman (Foto: Palm House Records). Bangkutaman resmi memperkenalkan single terbarunya bertajuk 'Dinamika', yang dirilis secara resmi di layanan streami

    on Sep 19, 2020