×
×

Search in Mata Mata Musik

Dewa 19 X Pamungkas, Kolaborasi Dua Generasi Yang Inter-Simpatik

Posted on: 07/2/21 at 10:00 am

Dewa 19 X Pamungkas, Kolaborasi Dua Generasi Yang Inter-Simpatik

Dewa 19 telah menjadi contoh band legendaris yang mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman. Yang membuat Ahmad Dhani dkk tetap relevan di sepanjang kariernya. Dari era 1990-an yang identik dengan musik rock, hingga era musik masa kini yang berhubungan erat dengan konten digital.

Baca juga: Voice Of Baceprot, Dari Garut Melesat Ke Wacken Open Air Jerman 2022!

Salah satu yang terbaru, Dewa 19 menggelar suatu proyek kolaborasi menarik dengan membawakan lagu ‘To the Bone’ milik Pamungkas. Seorang musisi muda yang sukses dan idola Generasi Z di Indonesia. Namun lagu tersebut dibawakan dengan interpretasi mereka sendiri. Berikut fakta-faktanya.

Dalam interpretasi lagu ‘To the Bone’, Dewa 19 hadir dengan formasi lengkap, yakni Dhani (vokal, kibord, synthesizer), Andra (gitar), Yuke (bass), dan Agung Gimbal (dram). Namun ada satu lagi yang dilibatkan Dhani di proyek kali ini. Doi adalah Jessica Bennet, sosok yang jadi kolaborator mereka. Jessica Bennet merupakan penyanyi muda keturunan Amerika-Indonesia yang tidak hanya punya suara merdu, tetapi juga punya skill rap yang ternyata cukup mumpuni.

Karakter Dewa 19 terpancar dari vokal Dhani, diperkuat dengan sayatan gitar Andra sebagai interlude. Sementara untuk urusan beat Dhani lebih memilih sound dengan tema elektronik dari sisi dram dan synthesizer.

Selain lagu ‘To The Bone’, band yang pernah dihuni vokalis Ari Lasso ini juga menyanyikan lagu ‘Kenangan Manis’ karya Pamungkas dengan vokalnya diisi oleh Virzha. Sedangkan di lagu ‘Cinta ‘kan Membawamu’ milik band sendiri, band kelahiran Surabaya ini berkolaborasi langsung dengan menjadikan Pamungkas sebagai vokalis yang diiringi para personel band.

Dewa 19 X Pamungkas ‘To The Bone’

‘To The Bone’ milik Pamungkas merupakan lagu yang meraih angka streaming tertinggi di Spotify oleh artis Indonesia. Sampai sejauh ini telah menembus di angka 79,4 juta. Mengalahkan rekor Weird Genius dengan ‘Lathi’ fitur Sarah Fajira yang mencapai 51 juta. Video Musik ‘To The Bone’ di kanal YouTube penyanyi-penulis lagu bernama lengkap Rizki Rahmahadian Pamungkas ini bahkan meraih 119 juta views sejak dirilis pada 2 Maret 2020. Mungkin inilah salah satu pertimbangan musisi sekaliber Ahmad Dhani dan Andra Ramadhan mau memainkan lagu tersebut dengan berkolaborasi dengan musisi juniornya yang masih berusia 28 tahun itu.

Baca juga: MMM Playlist Juni 2021 #2: 20 Lagu Hits Indonesia Pencakar Chart

Ok gaes, selamat menyimak dan menikmati tiga karya kolaborasi musisi dua generasi di bawah ini!

Penulis & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Burgerkill

    Burgerkill Ft. Ahmad Dhani 'Satu Sisi', Kolaborasi Terepik Sepanjang M...

    Kenapa bisa dibilang kolaborasi paling epik? Yang pertama, karena kolaborasi ini menampilkan mesin metal nomor wahid Indonesia BURGERKILL (BK) dan salah sa

    on Oct 15, 2021
    MALIQ & D'Essentials

    MALIQ & D’Essentials Membawa Atmosfer Baru Karya Milik Ahmad Dhani

    MALIQ & D'Essentials. “Jika ini lari estafet, Ahmad Dhani tidak pernah meleset saat memberikan tongkat ke pemain lain. Namun, musik bukanlah perlombaa

    on Aug 16, 2021
    Blow Up

    Mari Kita Sambut Blow Up: Konspirasi Rock Pas Band, Dewa 19, Purpose, ...

    Blow Up. (Foto: dok. Blow Up). Empat musisi dari band rock yang berperan penting pada genre spesifiknya masing-masing, berkonspirasi untuk mengibarkan bende

    on Jan 28, 2021
    Global Happiness Festival

    DOUBLE HAPPINESS Global Festival Tampilkan Varian Artis Top Dunia & In...

    DOUBLE HAPPINESS global holiday music festival mengumumkan line-up untuk merayakan talenta Asia terbesar dan terbaik di seluruh dunia pada tanggal 3 Desemb

    on Nov 30, 2020