×
×

Search in Mata Mata Musik

DIA Menggemparkan di VM “Woowa”

Posted on: 03/22/19 at 1:30 pm

Di “Woowa,” gaya khas Shinsadong Tiger bersuka cita dalam hidangan pop murni, dan menjadi single terbaik dari DIA hingga saat ini.

Oleh Tassia (Soul Beats)

Sementara T-ara masih dalam hiatus panjang, lagu-lagu disco-pop khas mereka meninggalkan kehampaan yang berarti di industri K-pop. Shinsadong Tiger, produser yang bertanggung jawab atas sebagian besar diskografi girl group tersebut, juga terkesan anteng dalam beberapa tahun terakhir, setidaknya sampai lagu hit Momoland “Bboom Bboom” menembus tangga lagu dan membuktikan templat klasiknya masih bertahan.

MBK Entertainment tampaknya menyadari hal itu dan akhirnya menyematkan sepenuhnya titel “adik T-ara” ke DIA. Grup ini mengeksplorasi sejumlah gaya yang sudah ada, dari bass Miami eksperimental di lagu “Woo Woo” sampai ke single imut “Can’t Stop,” tetapi belum memanfaatkan bunyi dancefloor yang kuat yang mendorong mantan teman selabel mereka mencapai popularitas. Akhirnya, di lagu “Woowa,” gaya khas Shinsadong Tiger bersuka cita dalam hidangan pop murni, dan menjadi single terbaik dari DIA hingga saat ini.

Baca Juga: BTS Bikin Penggemar Hongkong Histeris!

Lagu ini dikuasai bunyi synth yang terinspirasi dari Mortal Kombat yang menggerakkan temponya dan menghasilkan pengalaman yang menggemparkan dari awal hingga akhir. Menolak untuk terjebak dalam tren umum di beberapa tahun terakhir, seperti drop instrumental, lagu ini menemukan kesegaran dalam bunyi disco groovy, iringan seruling ala timur tengah, dan bridge yang hampir tidak ada. Kejutan-kejutan kecil ini membuat pendengarnya terhibur sambil tetap mempertahankan faktor replayyang tinggi.

Menekankan pengaruh disco, video musiknya berlatar di arena seluncur sepatu roda dan dipasangkan dengan permainan arkade untuk adegan individu. Neon berwarna pink dan biru, meskipun cukup banyak digunakan di K-pop, menawarkan pencahayaan yang indah di sepanjang video, sangat cocok dengan irama video game di lagu ini.

Sebagai pembuka video, mata Eunchae berkilau dengan warna yang berbeda, menunjukkan sesuatu yang ajaib. Adegan ini langsung mengingatkan kita dengan akhir video “Bo Peep Bo Peep” dari T-ara, di mana pemeran utama video tersebut menampilkan mata kucingnya, membuat kita mengantisipasi sesuatu yang mengerikan untuk membumbui tema yang sebenarnya tidak menyeramkan.

Namun, efek khusus ini hanya untuk kesenangan estetika sesaat saja. Tidaka da simbolisme kompleks, narasi unik, atau makna mendalam di balik “Woowa.” Justru, ini bisa dibilang sebagai pengenalan yang sempurna: lagunya memperkenalkan elemen-elemen penting dari DIA melalui adegan yang dibuat dengan cermat.

Upaya ini terbayarkan karena ini adalah salah satu era terkuat dari grup ini dalam hal visual. Pakaian dan riasan yang berkilauan sangat menarik dan meningkatkan pesona masing-masing personil. Lip gloss Yebin yang berkilau dan potongan rambut bob yang dicat hitam menjadi tampilan khasnya, berbeda dengan rambut unik Jueun yang berwarna ungu keperakan dan waterline yang mengkilap. Rambut pirang Eunice yang bergelombang menyempurnakan fitur lembutnya yang seperti peri, dan helai rambut Somyiberwarna merah angguh menambah nuansa edgyke wajahnya yang cantik.

Waktu tampil yang seimbang untuk masing-masing personil adalah aset lain dari rilisan ini. Dengan visual populer seperti Chaeyeon, mudah memahami mengapa MBK sering membayang-bayangi personil lainnya. Meski begitu, itu belum tentu menjadi praktik terbaik. Dengan memberi kesempatan yang sama ke semua personil, penonton akhirnya bisa menyadari potensi penuh DIA — kecakapan bernyanyi, kemampuan menari, dan visual yang menawan dari mereka tidak dapat lagi diremehkan.

Liriknya seputar perasaan terpikat, tapi tetap memelihara keterusterangan yang ditampilkan di video musiknya:

“You just don’t have to do anything/

You can just stand/

What else do I need?/

Just want to look at you in front of me”

Kalau dipikir-pikir, VM ini bisa menjadi cerminan dari kata-kata itu, di mana mereka bernyanyi dari sudut pandang penonton. Di bawah lampu neon dan gerakan berputar-putar di arena seluncur sepatu roda, DIA juga memukau publik.

Secara keseluruhan, kalau “Woowa” dimaksudkan sebagai pengenalan ulang, DIA telah meninggalkan kesan yang menakjubkan. Dengan hook yang catchy dan visual yang memikat, potensi sukses lewat lagu ini tidak dapat dipungkiri, dan DIA pun maju dalam momen terbaik mereka.

Keterangan Foto Utama: DIA di video musik comeback-nya. (Foto: Youtube)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Steve Aoki Backstreet Boys

Steve Aoki & Backstreet Boys Rilis Video Musik “Let It Be Me”

Visualnya menampilkan berbagai kisah mulai dari masalah kesehatan hingga pergulatan identitas dan perjuangan untuk diterima. Awal bulan September ini, raksa

on Sep 13, 2019
10 Grup K-Pop yang Produksi Musik Mereka Sendiri!-1

10 Grup K-Pop yang Produksi Musik Mereka Sendiri!

Dalam industri hiburan khususnya K-pop, tidak sedikit label/agensi yang ‘sangat terlibat’ dalam kehidupan artis mereka, bukan hanya dalam urusan pribadi te

on Sep 13, 2019
Kim Gordon Sonic Youth

Kim Gordon Rilis “Air BnB”, Single Kedua dari No Home

Single baru ini menyusul “Sketch Artist” yang keluar bulan lalu. Kurang lebih satu bulan lagi, Kim Gordon—mantan pentolan Sonic Youth dan ikon anak ga

on Sep 12, 2019
Plus Global Audition

Big Hit & Source Music Resmi Buka Plus Global Audition!

Audisi ini akan digelar di 16 kota dan terbuka bagi remaja perempuan yang lahir antara tahun 2001 dan 2007 (12 tahun sampai 18 tahun) pada saat pendaftaran.

on Sep 11, 2019