×
×

Search in Mata Mata Musik

Dianggap Rasis Ke BTS, Radio Jerman Minta Maaf Setelah Dikecam ARMY

Posted on: 03/1/21 at 10:30 am

Radio Jerman Minta Maaf Ke BTS Setelah Penyiarnya Dianggap Rasis & Dikecam ARMY
BTS tampil di atas panggung untuk American Music Awards 2020 pada 22 November 2020 di Korea Selatan. (Foto: Big Hit Entertainment/AMA2020/Getty Images).

Bayern 3, sebuah stasiun radio di Bavaria, Jerman, telah mengeluarkan pernyataan maaf setelah sang pembawa acara alias penyiar Matthias Matuschik mengeluarkan komentar yang sangat mengejutkan, yaitu membandingkan BTS dengan virus Corona.

Baca juga: Big Hit & Universal Music Resmi Bermitra Untuk Meluncurkan Boyband Global Baru

Setelah memutar lagu cover BTS ‘Fix You’ dari Coldplay pada hari Rabu, 24 Februari, Matuschik mengatakan bahwa versi lagu mereka adalah suatu “penghujatan” terhadap Coldplay dan menyamakan superstar K-pop tersebut dengan “virus jelek yang diharapkan akan ada vaksinnya sekarang juga,” seperti yang dilansir dari Associated Press.

Kemudian Matuschik mencoba mengklarifikasi pernyataannya tersebut seperti mengeles. “Saya tidak menentang Korea Selatan. Kamu tidak bisa menuduh saya xenofobia hanya karena boyband ini dari Korea Selatan… Saya punya mobil dari Korea Selatan. Saya punya mobil paling keren,” kata Matuschik.

Matuschik kemudian menyarankan BTS “berlibur ke Korea Utara selama 20 tahun ke depan” untuk lagu cover ‘Fix You’ yang mereka bawakan.

Dalam tanggapan yang diperoleh Associated Press, stasiun radio tersebut mengatakan bahwa Matuschik menyampaikan pendapatnya dengan cara yang ironis, dilebih-lebihkan dan dengan kegembiraan yang berlebihan, kata-katanya terlalu berlebihan dan melukai perasaan penggemar BTS. Tetapi kemudian doi berusaha menyakinkan kepada semua orang bahwa doi sama sekali enggak bermaksud demikian. Doi hanya ingin mengungkapkan ketidaksenangannya atas versi cover lagu yang disebutkan di atas.

“Itu tidak mengubah fakta bahwa banyak dari kalian menganggap pernyataannya menyakitkan atau rasis,” kata pihak Bayern 3. “Kami meminta maaf untuk ini dengan segala cara yang memungkinkan. Kami akan menangani masalah ini dengan Matthias dan tim secara rinci lagi di beberapa hari ke depan”.

BTS Didukung ARMY & Artis Di Industri Musik

Selain membuat marah para BTS ARMY, komentar Matuschik itu dikecam oleh beberapa artis besar di industri musik yang ramai di media sosial.

“Saya ngeri membaca komentar yang dibuat oleh Matthias Matuschik,” tulis Halsey dalam sebuah catatan di Instagram Stories-nya pada hari Jum’at malam, 26 Februari. “Rasisme dan xenofobia tidak bisa disamarkan sebagai ‘humor yang disiarkan’. Pernyataan yang tidak bertanggung jawab dan menjijikkan di saat ujaran kebencian dan perilaku kekerasan terhadap komunitas Asia meroket. Ini tidak bisa diterima. Saya berharap permintaan maaf yang lebih baik kepada BTS, dan komunitas Asia di seluruh dunia, sedang dalam proses”.

“Benar-benar tidak dapat diterima cara pembawa acara radio Matthias Matuschik berbicara kebencian dan rasisme secara umum apalagi kepada saudara-saudara saya,” tulis Steve Aoki melalui Twitter pada hari Sabtu, 27 Februari. “Saya mendukung @bts_BigHit untuk mengutuk kebencian dalam bentuk apa pun dan menghentikan prasangka semacam ini di mana pun kita bisa. Kita harus berdiri bersama. Sebarkan cinta bukan kebencian”.

“Ewwww Aku baru saja mendengar klip itu dari presenter radio,” kata Zara Larsson di Twitter. “Pertama-tama, Anda mengacau saat Anda menyebut BTS. ARMY tidak bermain seperti itu. Dan saya harap Anda tidak akan pernah tidur nyenyak lagi, mengetahui Anda merusak karier Anda karena menjadi rasis. Saya berdiri bersama teman-teman saya….”.

Doi menambahkan, “Dan ini adalah masalah yang lebih besar daripada satu pembawa acara radio rasis yang berbicara tentang BTS. Ini tentang rasisme terhadap orang Asia dan xenofobia. Kita semua harus angkat bicara, yang minimal, untuk menunjukkan kepada orang-orang seperti dia bahwa perkataannya memiliki konsekuensi”.

“Berdiri di samping saudara-saudara saya @bts_bighit dan semua orang terus menerus dipengaruhi oleh komentar rasis yang menyakitkan seperti yang kita dengar di Bayern 3. Tidak ada yang harus menanggung ini dan bersama-sama kita harus berdiri dan menghentikannya,” tulis Lauv di Twitter.

Baca juga: Jimin & V BTS Kasih Kado ARMY 2 Lagu Natal, ‘Christmas Love’ dan ‘Snow Flower’

BTS baru-baru ini meluncurkan lagu cover mereka, ‘Fix You’ dari Coldplay dalam penampilan live-nya untuk MTV Unplugged, yang dipuji oleh Coldplay dengan menyebutnya “beautiful”.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Putih Abu Abu

    Aksi Kocak Polos Grup Putih Abu Abu Berhasil Menuai Perhatian Coldplay

    Putih Abu-Abu adalah grup vokal hasil kolaborasi kreatif antara mantan guru dan mantan siswi SMK Dharma Kusuma, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Personelnya

    on Oct 14, 2021
    Lisa

    Lisa Tampil 'Edgy' Pakai Kostum Iron Maiden, LALISA Trending #1!

    'LALISA' sengaja kami pilih sebagai materi episode perdana MMM REACTION di kanal YouTube MataMata Musik. MV (Music Video) 'LALISA' sempat trending #1 selam

    on Oct 7, 2021
    Penyanyi K-pop

    30 Urutan Peringkat Penyanyi K-Pop Terpopuler Edisi September 2021

    30 urutan peringkat penyanyi K-pop paling populer edisi bulan September 2021. Penyanyi K-pop! Yup, The Korean Business Research Institute telah mengungkapka

    on Sep 26, 2021
    Coldplay dan BTS

    Coldplay dan BTS Akhirnya Meluncurkan Collab Single 'My Universe'

    Coldplay dan BTS (Foto: James Marcus Haney x Heo Jae Young x Kim So Jung). Coldplay dan BTS akhirnya berhasil mengambil alih perhatian seluruh isi alam seme

    on Sep 25, 2021