×
×

Search in Mata Mata Musik

Didahului 5 MV, Neck Deep Rilis ‘All Distortions Are Intentional’, Album Barunya

Posted on: 07/23/20 at 9:30 am

Didahului 5 MV, Neck Deep Rilis 'All Distortions Are Intentional', Album Barunya
Neck Deep. (Foto: Steve Gullick).

Menjelang perilisan album full-length keempat mereka yang monumental, All Distortions Are Intentional, Neck Deep telah merilis MV (Music Video) lagu ‘Sick Joke’. “Ini adalah lagu yang mempertanyakan dasar-dasar realitas saat berjuang melawan kesehatan mental,” ujar Ben Barlow, sang pentolan band mengenai lagu baru itu. “Jett (siapa Jett? Baca terus nanti lo juga tahu) merenungkan apakah kehidupan itu sendiri bahkan nyata, dalam istilah yang cukup halus, karena penderitaan internal yang dialaminya. Menggeber aksi solo, ritme dan dram yang nendang mendorong lagu itu secara bersamaan, dan itu secara sonik mewakili sisi yang lebih kecil dari album kami”.

MV ‘Sick Joke’ bisa lo tonton di ujung artikel ini bersama video lainnya. MV ‘Sick Joke’ adalah sebuah karya tim yang sejati, dengan penyutradaraan jarak jauh dan pengeditan dari kolaborator visual lama band, Chris Blockd dan Elliot Ingham, masing-masing anggota Neck Deep merekam performa individu mereka di rumah mereka di depan green screen yang dibeli dari eBay. Sedangkan visualnya dibuat dan dianimasikan oleh Harry Mitchell, penggemar band yang kemudian menjadi mitra kolaborasi kreatif mereka selama beberapa bulan terakhir di era album All Distortions Are Intentional.

Cover album Neck Deep All Distortions Are Intentional.
Cover album Neck Deep All Distortions Are Intentional.

‘Sick Joke’ merupakan single ke-5 setelah ‘I Revolve (Around You)’, ‘Fall’, ‘When You Know’ dan ‘Lowlife’ yang masing-masing memiliki MV dari album mendatang Neck Deep, All Distortions Are Intentional yang dirilis pada 24 Juli 2020 melalui Hopeless Records, album baru ini bukan sekadar koleksi lagu. All Distortions Are Intentional secara konseptual sangat padat, dengan tema-tema mengenai diskoneksi, kebingungan eksistensial, dan pencarian makna hidup.

Album ini bercerita tentang seorang penyendiri bernama Jett, yang tinggal di Sonderland, kombinasi dari kata “Wonderland” dan kata “sonder” yang agak aneh: suatu kesadaran bahwa setiap manusia tak dikenal yang melewati lo sedang menjalani kehidupan yang sejernih dan sekompleks hidup lo, dengan ambisi dan kekhawatiran mereka sendiri. “Kesadaran eksistensial semacam inilah yang membuat lo merasa bahwa lo bukan (yang paling penting) di seluruh dunia,” ujar Ben Barlow menjelaskan. “Semua orang di sekitar lo merasakan dan hidup dengan cara yang sama seperti yang lo lakukan. Lo hanya orang tambahan dalam cerita hidup mereka”.

Neck Deep merekrut produser musik kelas A ternominasi Grammy, Matt Squire (produser musiknya Panic! At The Disco, Ariana Grande, One Direction) untuk membuat album All Distortions Are Intentional, yang direkam di Wales di Monnow Valley Studio yang sangat beken, yang telah menjadi lokasi rekaman bagi para artis legendaris seperti Oasis, Queen, Led Zeppelin, Joss Stone dan banyak lagi. Matt Squire dan Neck Deep fokus mengerjakan album ini di studio musik terkenal itu, yang terletak di Wye Valley yang cantik namun terpencil di pusat negara asal band, Wales. Keputusan untuk membuat album ini ‘di rumah’ adalah keputusan yang penting; pada malam sebelum menjalani sesuatu yang pasti akan menjadi eksposur terbesar Neck Deep ke dunia, penempatan itu adalah pengakuan yang penuh syukur yang menentukan dari mana mereka berasal, baik secara harfiah maupun kiasan.

Neck Deep terdiri dari Ben Barlow (vokal), Matt West (gitar), Sam Bowden (gitar), Seb Barlow (bass) dan Dani Washington (dram). Lima sekawan ini melompat dari sebuah proyek band sampingan menjadi band “full time” pada tahun 2012, setelah satu single online berubah menjadi sepasang EP yang diikuti oleh kontrak baru dengan Hopeless Records. Mereka membangun hubungan yang cocok ini dengan sekelompok pendengar yang sedang berkembang, dengan cepat digembar-gemborkan sebagai pemimpin dari kebangkitan scene punk, dengan aksesibilitas langsung dan sikap menyenangkan yang dikombinasikan dengan kepedulian yang tulus terhadap masalah-masalah seperti kesepian, depresi, dan kecemasan. Rasa terhubung yang instan dari lagu-lagu Neck Deep dan sikap yang secara keseluruhan dapat didekati membuat mereka disukai oleh generasi yang baru dan sangat bersemangat, dengan tujuan untuk menyaingi para artis terbesar dalam musik rock.

All Distortions Are Intentional menandakan kehadiran Neck Deep sebagai band yang penuh percaya diri. Setelah menguasai semua kekuatan dari scene musik yang melahirkan mereka, Neck Deep telah berevolusi ke tahap berikutnya, dan ketika basis pendengar mereka tumbuh semakin besar, semuanya lebih jelas dari sebelumnya seberapa berartinya “band kecil konyol” ini bagi orang-orang.

Ok selamat berburu album fisik dan digital All Distortions Are Intentional.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    The Offspring

    The Offspring Kembali Via ‘Let The Bad Times Roll’, Single Dari Al...

    The Offspring. (Foto: Debi Del Grande). Anak 1990-an pasti familiar banget dengan The Offspring yang menggebrak dunia lewat lagu hits 'Come Out and Play' da

    on Feb 25, 2021
    Blink-182 feature artists

    Album Baru Blink-182 Bakal Fitur Grimes, Lil Uzi Vert & Pharrell Willi...

    Travis Barker (Foto: Philip Cosores), Grimes (Foto: Russell Linnetz), Lil Uzi Vert (Foto: via instagram/@liluzivert), dan Pharrell Williams (Foto: Nathan Daint

    on Feb 22, 2021
    Kourtney Kardashian dan Travis Barker.

    Travis Barker Resmi Pacaran Dengan Kourtney Kardashian Setelah Lama Be...

    Kourtney Kardashian dan Travis Barker. (Foto: via ET online). Pasangan Kanye West dan Kim Kardashian mungkin hubungannya sudah berakhir, tetapi anggota kelu

    on Jan 26, 2021
    Saturday Night Karaoke & Piggies

    Saturday Night Karaoke Cover Lagu 'Honey Bunch' Band Pop Punk Legendar...

    Saturday Night Karaoke dan Piggies. Saturday Night Karaoke adalah contoh sempurna bagaimana sebuah band yang nggak hanya bersenang-senang dengan apa yang me

    on Dec 13, 2020