×
×

Search in Mata Mata Musik

Dilelang, Album Bertandatangan John Lennon Milik Pembunuhnya Buka Harga 5 Miliar

Posted on: 11/22/20 at 1:00 pm

Dilelang, Album Bertandatangan John Lennon Milik Pembunuhnya Buka Harga 5 Miliar
Sampul album LP Double Fantasy dan Mark David Chapman.

Album piringan hitam (LP) yang ditandatangani mendiang John Lennon untuk pembunuhnya, Mark David Chapman yang terjadi sebelum pembunuhannya kini telah dilelang. Ini adalah kopian album Double Fantasy John Lennon dan Yoko Ono, dan harga penawaran lelangnya dibuka dari US$ 400.000 atau sekitar Rp 5,6 miliar. Wow pastinya.

Baca juga: Pembunuh John Lennon Beri Pengakuan Baru Alasan Tindakan Kejinya

Seperti yang ditunjukkan oleh daftar Goldin Auctions, sampul album yang menampilkan tanda tangan otentik John Lennon pada tahun 1980 tertulis di leher Yoko Ono pada foto sampul depannya. Ada juga berbagai tanda polisi di bagian depan dan belakang jaket sampul LP-nya, karena album tersebut diserahkan sebagai bukti selama investigasi pembunuhan John Lennon. Penawaran dibuka pada 23 November.

Di luar nilai moneternya yang signifikan, album tersebut adalah artefak ikonik dari salah satu tragedi paling signifikan dalam sejarah rock and roll. Pada pagi hari tanggal 8 Desember 1980, Mark David Chapman mendekati mantan pentolan The Beatles itu di luar apartemennya di New York sebagai penggemar biasa dan memintanya untuk menandatangani LP Double Fantasy yang baru dirilis. Setelah penandatanganannya, John Lennon dan Yoko Ono pergi ke studio, tetapi ketika mereka kembali lima jam kemudian, Mark Chapman menembak John Lennon hingga mati di tempat.

Kembali pada bulan Agustus, Mark David Chapman ditolak pembebasan bersyaratnya untuk ke-11 kalinya selama 20 tahun hukumannya. Doi memenuhi syarat untuk dibebaskan sejak tahun 2000, tetapi pembebasan bersyarat terus-menerus ditolak dengan alasan bahwa hal itu akan membuat Yoko Ono takut, bahwa kehidupannya dan keluarganya akan terancam, dan seseorang mungkin cenderung untuk melakukan balas dendam dengan kekerasan kepada Mark David Chapman sebagai orang yang sudah bebas. Namun, doi bisa mengajukan pembebasan bersyarat lagi pada Agustus 2022.

Awal tahun ini, untuk merayakan ulang tahun ke-80 John Lennon, Radio BBC 2 menyiarkan film dokumenter baru berjudul Lennon at 80 yang menampilkan wawancara yang dilakukan putranya Sean Lennon dengan keluarga, teman, dan kolega ayahnya. Salah satunya adalah rekan seband John Lennon di The Beatles, Paul McCartney, yang memiliki hubungan yang rumit selama satu dekade sebelum John Lennon meninggal mendadak.

Dalam film dokumenter tersebut, Paul McCartney mengungkapkan betapa bersyukurnya doi bisa berdamai dengan John Lennon sebelum Mark David Chapman menarik pelatuk pistol jenis Revolver 38-nya.

“Saya selalu mengatakan kepada orang-orang, salah satu hal hebat bagi saya adalah bahwa setelah semua sampah The Beatles dan semua pertengkaran dan bisnis, kamu tahu, perbedaan bisnis benar-benar… bahwa bahkan setelah semua itu, saya sangat senang bahwa saya mendapatkannya kembali bersama ayahmu,” kata Paul McCartney kepada Sean Lennon.

Baca juga: Yoko Ono Merasa John Lennon Bakal Jadi Rapper Jika Masih Hidup

“Benar-benar akan sangat menyakitkan bagi saya jika kami nggak bersatu kembali,” tambah Paul. “Itu juga hal yang sangat indah yang kami lakukan, dan itu benar-benar memberi saya semacam kekuatan untuk mengetahuinya”.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

RABR

Mantan Band Tribute The Beatles, RABR Rilis EP Perdana Bernuansa Retro...

Pada hari Jum’at, 10 Oktober 2020, RABR secara resmi merilis mini album alias EP perdana dalam format digital melalui berbagai platform musik seperti Spo

on Oct 16, 2020
Pembunuh John Lennon

Pembunuh John Lennon Beri Pengakuan Baru Alasan Tindakan Kejinya

John Lennon. (Foto: Vinnie Zuffante/Michael Ochs Archives/Getty Images). Seorang pembunuh John Lennon pada tahun 1980, Mark David Chapman mengakui bahwa doi

on Sep 24, 2020
John Lennon

Yoko Ono Merasa John Lennon Bakal Jadi Rapper Jika Masih Hidup

John Lennon. (Foto: via YouTube). Sepanjang kariernya, legenda The Beatles John Lennon telah membuat segala macam musik dari lagu-lagu blues-rock hingga ins

on Aug 6, 2020
Matt Sorum

Matt Sorum (Eks-GN’R) Ungkap Alasan Kenapa Ringo Starr Mengubah Hidu...

Matt Sorum. (Foto: Kevork Djansezian/Getty Images). Matt Sorum telah memuji Ringo Starr sebagai alasan dari kenapa dia mau menjadi seorang dramer. Mantan

on Jul 10, 2020