×
×

Search in Mata Mata Musik

Dinamai “Skelecaster”, Metalhead Ini Bikin Gitar Dari Kerangka Mendiang Pamannya

Posted on: 02/10/21 at 10:00 am

Dinamai Skelecaster, Metalhead Ini Bikin Gitar Dari Kerangka Mendiang Pamannya
Foto: dok. Prince Midnight.

Seorang heavy metal mania alias metalhead yang berjiwa inventif telah memberikan penghormatan tertinggi kepada mendiang pamannya, yang juga seorang metalhead, dengan mengubah sisa-sisa kerangka jasadnya menjadi gitar yang berfungsi secara penuh. Kelihatannya memang seperti sesuatu yang enggak wajar pada gitar yang diberi nama “Skelecaster” ini, perpaduan kata dari “Skeleton” dan “Telecaster”. Dan ternyata ada kisah menarik di balik ide penemuan unik ini.

Baca juga: 30 Album Hard Rock & Heavy Metal Paling Diantisipasi Di Tahun 2021

Seperti yang dilaporkan MetalSucks, seorang musisi metal yang menggunakan nickname Prince Midnight baru saja selesai membuat gitar dari tulang belulang alias kerangka mendiang pamannya, Filip. Agak aneh karena sudah cukup lama sejak Filip meninggal. Tragisnya, Filip meninggal lebih dari 20 tahun yang lalu akibat kecelakaan mobil.

Kerangka Filip telah disumbangkan ke perguruan tinggi lokal di Yunani, di mana kerangkanya digunakan untuk tujuan pendidikan selama dua dekade terakhir. Ketika sekolah enggak membutuhkan kerangka itu lagi, kerangka itu dikembalikan ke keluarganya. Karena Prince Midnight dan keluarganya termasuk orang Yunani Ortodoks yang enggak menyukai kremasi dan biaya penguburan yang terlalu mahal, Prince Midnight dan keluarganya lantas berada di persimpangan tentang apa yang harus dilakukan dengan kerangka Filip.

Prince Midnight, yang tampaknya tinggal di Florida, Amerika Serikat, harus berurusan dengan banyak birokrasi hanya untuk mendapatkan kerangka itu, karena doi harus mengajukan dan mengumpulkan banyak dokumen untuk memulangkan kerangka Filip. Setelah akhirnya menerima kerangkanya, doi akhirnya memutuskan untuk memberi penghormatan kepada Filip dengan mengubah kerangkanya menjadi body gitar.

Berikut obrolan Prince Midnight dengan MetalSucks:

Jadi gini, gue mendapat sebuah kotak berisi kerangka dari Yunani dan enggak tahu harus berbuat apa pada awalnya. Mengubur kerangka itu? Kremasi kerangka itu? Taruh di loteng? Semua tampak seperti cara yang buruk untuk mengenang seseorang yang membawa gue ke musik heavy metal.

Jadi, gue memutuskan untuk mengubah Paman Filip menjadi gitar, yang terbukti menantang. Gue melakukan banyak penelitian dan enggak ada yang pernah membuat gitar dari kerangka. Jadi, gue melakukan hal ini. Gue mulai berkonsultasi dengan dua orang di toko kayu Dean Guitars di Tampa (Florida) tetapi mereka malah (bersikap) ‘dingin’.

Akhirnya, Paman Filip bisa bermain shredding untuk selama-lamanya. Itulah yang diinginkan paman. Gue sangat bangga dengan proyek ini dan bagaimana gitar ini berfungsi untuk menghormatinya, hidupnya, dan pengaruhnya terhadap gue.

Selain kesaksiannya, Prince Midnight memberikan kepada MetalSucks foto-foto yang menunjukkan bagaimana doi menyatukan instrumen dan video doi bermain gitar “DIY (Do It Yourself -Ed.)”-nya ini.

Tepatnya, tulang rusuk badannya berfungsi sebagai body gitar, di mana Prince Midnight menambahkan neck asli dari gitar Fender Telecaster, pickup, kenop volume, dan banyak lagi. Di headstock neck-nya tertulis “Filip Skelecaster”, nama yang sesuai untuk gitar custom ini.

Salah satu gambar yang disertakan Prince Midnight adalah foto Filip sendiri, bermain gitar dan mengenakan t-shirt Moonspell pada tahun 1995. Yoi, Filip memang seorang metalhead sejati.

Baca juga: MataMata Musik: Top 20 Album Hard Rock & Heavy Metal Terbaik Tahun 2020

Untuk galeri foto lengkapnya, lo bisa mengunjungi situs web MetalSucks. Sementara itu, lo bisa nonton video Prince Midnight memainkan riff gitar lagu ‘Transilvanian Hunger’ dari Darkthrone di bawah ini, diikuti dengan foto Filip yang berdampingan dengan berbagai bagian dari gitar “Skelecaster”.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Metallica

    35 Tahun Metallica "Master Of Puppets", Album Terbaik Sepanjang Masa

    Metallica circa 1986. (Foto: Ross Halfin via Metallica.com). Bagi sebagian besar kritikus dan penggemar, Master of Puppets adalah album terbaik Metallica. S

    on Mar 4, 2021
    Sang Juara Turnamen Lagu Hard Rock & Heavy Metal Indonesia Klasik

    Sang Juara Turnamen 32 Lagu Hard Rock & Heavy Metal Indonesia Klasik

    Wahai Kaum ORI (Orang Rock Indonesia)! Akhirnya kita tiba di penghujung Turnamen 32 Lagu Hard Rock & Heavy Metal Indonesia Klasik setelah selama sebula

    on Mar 2, 2021
    Jamrud vs Power Metal

    Turnamen Babak Final – Side A: Jamrud Vs Side B: Power Metal. Yuk Vo...

    Vote dengan tulis di kolom komentar di bawah! Caranya gampang, login terlebih dahulu ke akun Facebook atau Twitter lo atau bikin akun sebentar di Disqus.

    on Feb 28, 2021
    Turnamen Hard Rock & Heavy Metal Indonesia Klasik Babak Final

    Babak Final: Turnamen 32 Lagu Hard Rock & Heavy Metal Indonesia Klasik

    Wahai Kaum ORI (Orang Rock Indonesia)! Selamat mendarat di Babak Final Turnamen 32 Lagu Hard Rock & Heavy Metal Indonesia Klasik! Setelah tiga hari

    on Feb 28, 2021