×
×

Search in Mata Mata Musik

Divonis Main Musik Setan, Band Metal Iran ARSAMES Ditangkap, Dipenjara 15 Tahun

Posted on: 08/2/20 at 9:30 am

Arsames, band death metal kebangsaan Iran.

Pemerintah Iran melanjutkan perang melawan musik heavy metal di negara itu, mencoba menyensor band metal dan memenjarakan mereka karena tuduhan kejahatan… bermain heavy metal. Yup, bermain musik heavy metal dan sub-subgenrenya adalah suatu bentuk kejahatan di mata hukum Iran yang terbilang ultra-konservatif karena dianggap sebagai musik setan. Dan sudah ada beberapa band metal yang ditangkap termasuk Confess, yang terbaru adalah band death metal yang cukup beken di scene negaranya, yaitu, Arsames.

Baca Juga: Di Episode Baru ’24/365 with BLACKPINK’, BLACKPINK Mengenang Masa Trainee-nya

Awal bulan ini, anggota Arsames diciduk polisi. Seperti dilansir dari Metal Injection, dokumen resmi penangkapan band itu berbunyi “Band Arsames ditangkap dan didakwa dengan 15 tahun penjara karena berada di band metal pemuja setan dan menentang pemerintahan Islam”.

Sejak terbentuk sebagai band, Arsames mulai aktif sejak 2002 walau mereka tahu memainkan death metal merupakan hal yang ilegal di negara mereka. Pemerintah Iran menggangap semua jenis heavy metal sebagai “musik setan” yang tidak diizinkan dimainkan di negara itu. Meski demikian, Arsames telah bermain di festival musik di hampir seluruh wilayah Timur Tengah, di luar Iran, negara-negara seperti Turki, Dubai dan Armenia. Dan musikalitas Arsames memang keren sehingga diam-diam mereka memiliki basis fans di sekitar wilayah-wilayah tersebut.

Metal Injection juga telah melaporkan bahwa setelah ditangkap, para personil Arsames membayar uang jaminan sehingga sampai saat ini mereka aman dan tidak ditahan di penjara, karena mereka masih menunggu dimulainya persidangan mereka.

Pihak Metal Injection juga sedang berusaha mendapatkan lebih banyak informasi dan berbicara dengan band secara langsung. Arsames berusaha menjaga profil bandnya agar tidak terjadi masalah lebih lanjut saat ini. Tentu saja, Metal Injection sangat mendukung Arsames dan akan membuat kita tetap ‘updated’ pada perkembangan apa pun dari masalah Arsames. Yang pasti, band ini sangat membutuhkan dukungan atau bantuan dari kita walau band ini tidak membuka crowdfunding sampai saat ini, tetapi jika kalian ingin membantu mereka, beli lah sesuatu di halaman Bandcamp mereka, ada album digital dan merchandise Arsames.

Ok penasaran ‘kan dengan brutalitas musik death metal Arsames, geber deh ini video sekencang mungkin sampai tetangga lo ngamuk!

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Cradle of Filth 2017

    Cradle Of Filth Ungkap Detail Album Baru & Rilis MV Single Berbahaya!

    Cradle of Filth tahun 2017 (Foto: Artūrs Bērziņš). Cradle of Filth (COF) telah mengungkapkan detail album ke-13 mereka, Existence Is Futile, yang akan d

    on Jul 31, 2021
    Ed Sheeran bad habbits

    Ed Sheeran Enggak Nolak Bikin Album Death Metal, Suka Cradle Of Filth

    Ed Sheeran di dalam video klip 'Bad Habits' (Foto: via YouTube). Ed Sheeran, sang bintang pop beken kebangsaan Inggris yang mengcover lagu metal terdengar s

    on Jul 15, 2021
    Obscura 2021

    Obscura Bakar Semangat Fans Via 'Solaris' Untuk Album "A Valediction"

    Obscura (Foto: Vincent Grundke). Obscura meluncurkan konsep trilogi di album barunya yang memukau, A Valediction. Album studio keenam sekaligus yang pertama

    on Jul 3, 2021
    Obvurt

    Obvurt, Band Death Metal Kanada Konser Edukasi Pada Anak-Anak SD

    Obvurt saat konser di depan anak-anak SD (Foto: via YouTube). Obvurt, band death metal kelahiran Quebec, Kanada, membuat gebrakan yang tidak umum. Pasalnya,

    on Jul 2, 2021