×
×

Search in Mata Mata Musik

Divonis Main Musik Setan, Band Metal Iran ARSAMES Ditangkap, Dipenjara 15 Tahun

Posted on: 08/2/20 at 9:30 am

Arsames, band death metal kebangsaan Iran.

Pemerintah Iran melanjutkan perang melawan musik heavy metal di negara itu, mencoba menyensor band metal dan memenjarakan mereka karena tuduhan kejahatan… bermain heavy metal. Yup, bermain musik heavy metal dan sub-subgenrenya adalah suatu bentuk kejahatan di mata hukum Iran yang terbilang ultra-konservatif karena dianggap sebagai musik setan. Dan sudah ada beberapa band metal yang ditangkap termasuk Confess, yang terbaru adalah band death metal yang cukup beken di scene negaranya, yaitu, Arsames.

Baca Juga: Di Episode Baru ’24/365 with BLACKPINK’, BLACKPINK Mengenang Masa Trainee-nya

Awal bulan ini, anggota Arsames diciduk polisi. Seperti dilansir dari Metal Injection, dokumen resmi penangkapan band itu berbunyi “Band Arsames ditangkap dan didakwa dengan 15 tahun penjara karena berada di band metal pemuja setan dan menentang pemerintahan Islam”.

Sejak terbentuk sebagai band, Arsames mulai aktif sejak 2002 walau mereka tahu memainkan death metal merupakan hal yang ilegal di negara mereka. Pemerintah Iran menggangap semua jenis heavy metal sebagai “musik setan” yang tidak diizinkan dimainkan di negara itu. Meski demikian, Arsames telah bermain di festival musik di hampir seluruh wilayah Timur Tengah, di luar Iran, negara-negara seperti Turki, Dubai dan Armenia. Dan musikalitas Arsames memang keren sehingga diam-diam mereka memiliki basis fans di sekitar wilayah-wilayah tersebut.

Metal Injection juga telah melaporkan bahwa setelah ditangkap, para personil Arsames membayar uang jaminan sehingga sampai saat ini mereka aman dan tidak ditahan di penjara, karena mereka masih menunggu dimulainya persidangan mereka.

Pihak Metal Injection juga sedang berusaha mendapatkan lebih banyak informasi dan berbicara dengan band secara langsung. Arsames berusaha menjaga profil bandnya agar tidak terjadi masalah lebih lanjut saat ini. Tentu saja, Metal Injection sangat mendukung Arsames dan akan membuat kita tetap ‘updated’ pada perkembangan apa pun dari masalah Arsames. Yang pasti, band ini sangat membutuhkan dukungan atau bantuan dari kita walau band ini tidak membuka crowdfunding sampai saat ini, tetapi jika kalian ingin membantu mereka, beli lah sesuatu di halaman Bandcamp mereka, ada album digital dan merchandise Arsames.

Ok penasaran ‘kan dengan brutalitas musik death metal Arsames, geber deh ini video sekencang mungkin sampai tetangga lo ngamuk!

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Thulcandra

    Thulcandra Rayakan Esensi Black/Death Metal Via Album "A Dying Wish"

    Foto: dok. Napalm Records. Thulcandra kembali membawa berita gembira. Setelah pengumuman album baru mereka, A Dying Wish, bersama dengan single pertamanya '

    on Oct 6, 2021
    Portrayal of Guilt

    Portrayal Of Guilt Lepas MV Lagu Horor Dari Album Mendatang

    Portrayal of Guilt (Foto: Addrian Jafaritabar). Portrayal of Guilt telah merilis lagu baru berjudul '…Where the Suffering Never Ends' dari album full-leng

    on Oct 5, 2021
    Death Metal

    30 Album Klasik Yang Membuat 1991 Sebagai Tahun Terbaik Death Metal

    Death metal. Yup, mendengar namanya saja sudah memberi kesan yang mengerikan. Nama ini memang sangat cocok mewakili segala aspek yang terdapat di genre mus

    on Oct 1, 2021
    Album Klasik

    32 Album Klasik & Esensial Yang Berulang Tahun Di Bulan September

    Album Klasik & Esensial. Yup, usia album-album ini memang sudah cukup dewasa, bahkan tua alias lawas! Usianya dihitung sejak tanggal dirilisnya sebuah

    on Sep 28, 2021