×
×

Search in Mata Mata Musik

Dixie Chicks Rilis Album Comeback, ‘Gaslighter’ Di Bawah Bendera The Chicks

Posted on: 07/20/20 at 8:00 am

Dixie Chicks Rilis Album Comeback, ‘Gaslighter’ Di Bawah Bendera The Chicks
The Chicks, moniker baru Dixie Chicks.

The Chicks, yang sebelumnya lebih dikenal dengan nama Dixie Chicks, telah merilis album comeback mereka, Gaslighter. Lo bisa dengar albumnya secara penuh di ujung artikel ini ya.

The Chicks memang tidak lagi memakai kata “Dixie” pada namanya, namun ini masih merupakan trio cewek fenomenal yang sama yang menguasai radio musik country pada saat pergantian abad, dan ini adalah grup yang sama yang menabrak mesin propaganda perang dari mantan Presiden Amerika Serikat (AS) W. Bush. Komentar sang vokalis band ini, Natalie Maines pada tahun 2003 tentang invasi mendatang AS ke Irak:

Baca Juga: Kata Travis Barker, Blink-182 Nggak Lama Lagi Rilis Lagu Kolab Dengan Juice WRLD

“Kami tidak menginginkan perang ini, atau pun kekerasan ini, dan kami malu bahwa Presiden AS berasal dari Texas”. Komentar Natalie tersebut telah menyebabkan gelombang kritik paling kacau di dunia musik pada dekade itu. Para penggemar membakar CD Dixie Chicks, stasiun radio lupa tentang single mereka, dan perusahaan penyiaran radio memasukkan mereka ke dalam blacklist sampai masa pemerintahan Obama dimulai. Setelah itu, mereka merilis satu album lagi, Taking the Long Way pada tahun 2006, didukung oleh single ‘Not Ready to Make Nice’. Tapi untuk terus melawan kritik bisa sangat menguras emosi, dan setelah itu Dixie Chicks menghilang selama 14 tahun. Sekarang, merea telah kembali dengan album Gaslighter.

Album ini diproduksi dan ditulis oleh The Chicks bersama sang ghostwriter ternama, Jack Antonoff. Yang menarik, pada awalnya, The Chicks tidak merasa siap untuk membuat sebuah album baru. Mereka bahkan mempertimbangkan sebuah album cover hanya demi memenuhi kewajiban kontrak, sampai saat Natalie Maines bercerai dengan aktor Adrian Pasdor. Ketika pentolan band itu berbicara pada podcast Spiritualgasm (via The Boot), dia tiba-tiba menemukan bahwa, “Aku punya banyak hal untuk dikatakan”. Dia menjelaskan:

“Ketika aku awal bercerai, aku memiliki banyak hal untuk dikatakan, sehingga hal itu memicu aku untuk siap (untuk membuat musik baru). Menulis lagu sangat sulit bagi aku, dan aku pikir, selama bertahun-tahun, aku tidak ingin menganalisis hidupku atau hubunganku. Aku hanya sedang menjalaninya dan berdedikasi serta menekuninya… Aku hanya tidak siap untuk membuka diriku seperti itu”.

Sebelumnya, Dixie Chicks mengubah nama mereka menjadi “The Chicks” sebagai bentuk respons terhadap kultur rasisme di AS yang berkelanjutan yang dilembagakan oleh kematian tragis dari orang-orang berkulit hitam yang secara keji dibunuh oleh polisi, seperti George Floyd, Breonna Taylor, Ahmaud Arbery, dan sangat banyak lagi lainnya.

Juni lalu, Variety menerbitkan sebuah kolom oleh seorang jurnalis kultur pop bernama Jeremy Helligar yang meruntuhkan sejarah rasis dari kata “Dixie” dan meminta band itu untuk mengubah nama mereka. “Terlepas dari asalnya, bagi banyak orang berkulit hitam, (kata) itu mengingatkan waktu dan masa perbudakan,” tulis jurnalis itu.

Sebelumnya, untuk mendebutkan nama baru mereka, The Chicks merilis video musik untuk lagu protes ‘March March’, single pertama dari album Gaslighter. Menyatukan rekaman video dari berbagai aksi protes selama bertahun-tahun, video musik ini diakhiri dengan daftar panjang berisi berbagai individu yang terbunuh akibat kekerasan polisi. Alih-alih menampilkan kredit, bagian akhir video mendorong penggemar The Chicks untuk mendukung dan mendaftarkan sejumlah organisasi keadilan sosial yang bisa didukung.

Tracklist Gaslighter oleh The Chicks:

01. Gaslighter
02. Sleep at Night
03. Texas Man
04. Everybody Loves You
05. For Her
06. March March
07. My Best Friend’s Weddings
08. Tights on My Boat
09. Julianna Calm Down
10. Young Man
11. Hope It’s Something Good
12. Set Me Free

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Clayton Gardner

Penyanyi Country Clayton Gardner Dibatuki Oleh Fan Cewek Saat Konser

Clayton Gardner. (Foto: via Twitter/@ClaytonGardner). Pada tanggal 17 Juli lalu, penyanyi country Clayton Gardner melakukan konser outdoor untuk audiens kec

on Jul 23, 2020
Lady A

Lady A (Lady Antebellum) Tuntut Balik Penyanyi Kulit Hitam Yang Bernam...

Lady Antebellum (a.k.a Lady ). (Foto: Dove Shore) / Lady A penyanyi lawas. Nah, inilah cerita yang semakin memburuk. Lady A, sebelumnya dikenal sebagai Lady

on Jul 12, 2020
Chase Rice

Penyanyi Country Chase Rice Konser Tanpa Jaga Jarak Aman-Aman Saja Tuh...

Chase Rice. (Foto: imageSPACE/Shutterstock). Di tengah lonjakan berbagai kasus virus Corona baru di seluruh wilayah Amerika Serikat (AS), seorang penyanyi c

on Jun 30, 2020
Lady A.

Lady Antebellum Ganti Nama Menjadi Lady A Malah Menimbulkan Sengketa

Lady A (aka Anita White), via YouTube, dan Lady A (fka Lady Antebellum), via Instagram. Pada Jum'at (12 Juni) lalu, trio musisi country pemenang piala Gramm

on Jun 15, 2020