×
×

Search in Mata Mata Musik

Doja Cat Klarifikasi Tuduhan Fans Bahwa Dia Rasis dan Benci Dirinya Sendiri

Posted on: 05/28/20 at 7:30 am

Doja Cat.
Doja Cat. (Foto: Timothy Norris/Getty Images).

Setelah menanggapi kasus ucapan rasisnya dengan sebuah pernyataan selama akhir pekan lalu, rapper/penyanyi Doja Cat kini lanjut membela dirinya melalui Instagram Live pada Senin pagi (25 Mei). Dengan harapan bisa membatalkan semua klaim terhadap dirinya, terutama mengenai lagu tahun 2015-nya ‘Dindu Nuffin’ (yang merupakan ejekan terhadap kriminalisasi orang berkulit hitam), Doja Cat meminta maaf karena telah menyinggung siapa pun dengan keberadaan lagu tersebut.

Baca juga: The Weeknd Gandeng Doja Cat Berduet Di Versi Remix Lagu ‘In Your Eyes’

“Bagi siapa pun yang aku sakiti melalui istilah ini ketika aku menggunakannya, itu karena aku sering berada di ruang obrolan online sepanjang waktu, dan aku agak terbawa suasana,” ungkap Doja Cat dalam sesi Instagram Live-nya. “Aku selalu ada di sana berurusan dengan orang-orang yang mengejekku ini itu dan berbicara tentang berbagai istilah menyinggung yang berbeda satu demi satu. Istilah yang aku gunakan dalam lagu itu adalah yang aku pelajari pada hari itu. Orang-orang memanggilku istilah tersebut berkali-kali, dan aku lalu menggunakannya dalam sebuah lagu. Itu semacam untuk melawan balik dan mengatakan ‘persetan kepada orang-orang itu’. Bagaimanapun, ya aku setuju, mungkin lagu itu adalah lagu terburuk di seluruh dunia”.

Selama akhir pekan lalu, lagu ‘Dindu Nuffin’ secara online kembali ramai dibicarakan, membuat marah para pengguna Twitter yang mengklaim bahwa lagu itu mengejek kematian tragis Sandra Bland, seorang wanita kulit hitam yang meninggal dalam tahanan polisi pada tahun 2015. Istilah yang diciptakan ‘Dindu Nuffin’ sering digunakan untuk mengejek orang berkulit hitam yang menjadi korban kekerasan polisi.

Doja Cat kemudian menjelaskan bagaimana lagu itu “sama sekali tidak berhubungan dengan kekerasan polisi atau Sandra Bland”, dan bahwa “untuk melihat sebuah lagu, lagu yang aku buat, dikait-kaitkan dengan kematian seorang wanita berkulit hitam yang tidak bersalah adalah salah satu rumor yang paling mengerikan yang pernah aku temukan”.

Penjelasan panjang Doja Cat juga mencakup penyangkalan bahwa dia pernah menghina Beyoncé setelah netizen menemukan video lain di mana dia menyebut penyanyi itu sebagai “Beyonkey”. “Beyoncé adalah yang terbaik dari yang terbaik,” katanya. “Beyoncé adalah alasan mengapa aku percaya aku bisa menjadi diriku sendiri. Beyoncé adalah salah satu faktor pendorong dari identitasku dalam karierku. Beyoncé adalah orang yang sangat berbakat, dan setiap kali ada orang yang ingin menghina Beyoncé, aku siap membelanya. Dan hanya itu yang harus aku katakan”.

Baca juga: Lagu Kolab Doja Cat dan Nicki Minaj Tembus No. 1 di Chart Billboard Hot 100

Selain itu, Doja Cat juga membahas masalah kebencian diri sendiri setelah sebelumnya mengakui rasa jijiknya terhadap jenis rambutnya.

“Banyak teman-temanku akan setuju, yang memiliki rambut seperti aku bahwa mereka sangat kesulitan dalam mengurusnya. Aku rasa kesalahanku mungkin terletak saat aku mengatakannya di platform sosial (dan) mengatakannya di depan umum,” ujar Doja Cat menjelaskan.

Dalam sebuah video lama lainnya yang muncul kembali, Doja Cat pernah mengatakan: “4C (tipe rambut ikal) itu brengsek. 4C dapat membungkuk dan menjilat pantatku. Semoga berhasil ya saat mencoba menyisir rambut itu dengan jari. Semoga berhasil ya mencoba menyisir melalui rambutmu pada menit-menit awalnya. Yesus Kristus. Mengapa Tuhan merasa seperti, ‘Biar aku berikan rambutnya 4C supaya dia nanti bisa botak'”.

Tonton penjelasan Doja Cat mengenai semua tuduhan yang dibuat netizen terhadapnya, termasuk alasan kenapa dia berbohong akan menunjukkan payudaranya untuk fans jika lagunya jadi No. 1, melalui serangkaian cuplikan di bawah ini.

View this post on Instagram

#dojacat addresses the issue of self hate

A post shared by DJ Akademiks (@akademiks) on

View this post on Instagram

#dojacat talks about her preference in men

A post shared by DJ Akademiks (@akademiks) on

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Juice WRLD & Halsey 'Life’s a Mess'.

Dari Album Anumerta Mendatang Juice WRLD, Lagu Duetnya Bareng Halsey D...

Juice WRLD. Sebuah lagu Juice WRLD baru yang menampilkan popstar Halsey, berjudul ‘Life's a Mess’, telah dirilis bersamaan dengan pengumuman bahwa album

on Jul 7, 2020
Unlocking The Truth

Trio Metal Bocah Unlocking The Truth Bubar, Vokalisnya Lanjut Solo Kar...

Unlocking The Truth. Unlocking the Truth, trio metal bocah belia sensasional yang pertama kali membuat gebrakan setelah bermain musik di pinggir jalanan kot

on Jul 7, 2020
Adele dan Raphael Saadiq.

Selain John Legend, Adele Juga Kolab Dengan Raphael Saadiq di Album Ba...

Adele dan Raphael Saadiq dilaporkan sedang mengerjakan album bareng. (Foto: Getty Images). Dilaporkan bahwa saat ini Adele sedang berada di tengah kesibukan

on Jul 6, 2020
Kanye West for President?

Kanye West Resmi Umumkan Dirinya Sebagai Kandidat Presiden AS di 2020

Kanye West for President? (Foto: via CoS). Kanye West telah lama menyatakan minatnya untuk mencalonkan diri sebagai presiden Amerika Serikat (AS), meskipun

on Jul 6, 2020