×
×

Search in Mata Mata Musik

Don Everly, Separuh Jiwa Dari Duo The Everly Brothers Tutup Usia

Posted on: 08/22/21 at 10:00 pm

Don Everly, Separuh Jiwa The Everly Brothers Meninggal Dunia
Foto: C. Brandons/Redferns/Getty Images.

Don Everly, separuh jiwa dari duo legendaris The Everly Brothers meninggal dunia pada hari Sabtu, 22 Agustus 2021 di usia 84 tahun. Namun penyebab kematiannya belum bisa ditentukan.

Baca juga: Little Richard, Sang Pionir Rock & Roll, Gurunya The Beatles Tutup Usia

“Don hidup dengan apa yang dia rasakan di dalam hatinya,” kata seorang perwakilan dalam pernyataannya. “Don mengungkapkan penghargaannya atas kemampuan untuk mewujudkan mimpinya… Bersama belahan jiwa dan istrinya, Adela, dan berbagi musik yang menjadikannya sebagai seorang Everly Brother”.

The Everly Brothers muncul di panggung pada akhir 1950-an, membawakan lagu-lagu rockabilly dan rock and roll dengan harmoni yang erat. Duo kakak-adik Don dan Phil Everly tersebut kelak memberi pengaruh besar kepada banyak band selama bertahun-tahun mendatang. Sepanjang kariernya, mereka memiliki lebih dari dua lusin hit Top 40, termasuk ‘Cathy’s Clown’, ‘Wake Up Little Susie’, ‘All I Have to Do is Dream’, dan ‘Bye Bye Love’. Dengan 35 single Top 100, mereka berada di urutan kedua setelah Hall and Oates untuk sebagian besar sebagai duo. The Everly Brothers dilantik ke dalam Rock and Roll Hall of Fame sebagai bagian dari kelas perdananya pada tahun 1986. Serta dilantik ke dalam Country Music Hall of Fame pada tahun 2001.

Don Everly dan Saudaranya Dikagumi The Beatles

“Bisa dibilang mereka adalah penghubung vokal antara semua grup doo-wop hebat tahun 1950-an. Dan apa yang akan terjadi di tahun 1960-an dengan The Beach Boys dan The Beatles,” kata Robert Santelli, direktur eksekutif Museum Grammy, tentang The Everly Brothers pada tahun 2014 dalam wawancaranya dengan Los Angeles Times. “Mereka menunjukkan kepada The Beach Boys dan The Beatles cara menyanyikan harmoni dan memasukkannya ke dalam bentuk musik pop yang sangat menarik”.

Sampai saat itu, di awal karier mereka, Paul McCartney dan John Lennon dari The Beatles menyebut diri mereka sebagai “British Everly Brothers”, dan menyanyikan aransemen vokal ‘Please Please Me’ di ‘Cathy’s Clown’ di suatu pertunjukan bakat. Sedangkan Paul Simon, yang lagunya ‘Graceland’ menampilkan vokal dari The Everly Brothers, menggambarkan dua bersaudara tersebut “sebagai duo yang terdengar paling indah yang pernah saya dengar. Kedua suara itu murni dan penuh perasaan”.

Karier Merosot dan Solo

Kesuksesan The Everly Brothers mulai berkurang pada awal 1960-an. Duo ini terlibat dalam perselisihan dengan label rekaman mereka, yang melarang mereka bekerja dengan banyak penulis lagu di balik hits awal mereka. Sementara itu, pendaftaran dua bersaudara tersebut di Marine Corps Reserve Amerika Serikat menjadi aktif pada akhir 1961. Situasi yang mencegah mereka mengambil bagian dalam banyak kerja sama musik yang terikat. Pada saat The Everly Brothers kembali pada tahun 1963, invasi Inggris sedang berlangsung dan penjualan album The Everly Brothers menurun.

Antara 1973 dan 1983, Don dan Phil masing-masing mengejar karier solo. Don terutama bekerja dengan Emmylou Harris di album Blue Kentucky Girl (1979). Sementara Phil berkolaborasi dengan Roy Wood dan Warren Zevon. Dua bersaudara itu kemudian bersatu kembali pada tahun 1983, menggandeng orang-orang seperti Paul McCartney, Jeff Lynne, dan Dave Edmunds untuk tampil di album comeback mereka, EB 84.

Reuni Don Everly dan Saudaranya

The Everly Brothers merekam dua album lagi dan terus melakukan tur secara teratur, termasuk sebagai pembuka reuni Simon and Garfunkel pada tahun 2003, sebelum bubar untuk kedua kalinya pada tahun 2005.

Baca juga: Katalog Lagu Paul Simon dan Simon & Garfunkel Diakuisisi Sony Music

Phil Everly meninggal pada tahun 2014 karena penyakit paru-paru. Semoga Don bisa berjumpa kembali dengan Phil di alam sana, dan reuni secara musikal membawakan lagu-lagu hits The Everly Brothers. Selamat jalan, Om Don, rest in peace.

Penulis, Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter