×
×

Search in Mata Mata Musik

Doomsday Vault, Gudang Besi Pelestari Rekaman Musik Di Hari Kiamat

Posted on: 07/7/21 at 12:30 pm

Doomsday Vault, Gudang Besi Pelestari Rekaman Musik Di Hari Kiamat
Global Music Vault (Foto: via Instagram).

Doomsday Vault alias gudang besi hari kiamat. Wow! Terdengar mengejutkan sekaligus menakjubkan. Mulai musim semi mendatang, sebuah perusahaan di Norwegia akan mulai menampung beberapa rekaman musik paling penting di dunia. Di sebuah kubah berbahan besi bernama Doomsday Vault yang terletak di antara Norwegia dan Kutub Utara. Elire Management Group yang berbasis di kota Oslo baru-baru ini berbicara dengan Billboard tentang ambisi besar mereka untuk melestarikan berbagai rekaman musik. Mulai dari artis pop seperti The Beatles hingga musik Pribumi Australia selama setidaknya 1.000 tahun. Sekali lagi, wow!

Baca juga: Motorhead Hampir Gelar ‘Farewell Show’ Jauh Sebelum Jadi Legenda

Dinamakan Global Music Vault, proyek ini akan berbagi perlindungan yang sama seperti Arctic World Archive dan Global Seed Vault. Dua fasilitas yang sudah ada sebelumnya yang terletak di bawah tanah di kepulauan Svalbard. Sebagai penyandang dana proyek, Elire Management Group saat ini sedang bernegosiasi dengan perusahaan Norwegia lainnya, Piql, untuk menggunakan format PiqlFilm mereka. Berdasarkan pengkodean biner dan kode QR kepadatan tinggi yang ditulis ke film optik tahan lama khusus.

Bertahan Lebih Dari 1.000 Tahun

Melalui Billboard, Piql mengklaim teknologi penyimpanan mereka dapat bertahan lebih dari 1.000 tahun sambil mampu menahan dorongan elektromagnetik dari ledakan nuklir yang biasanya akan menyebabkan kerusakan permanen pada peralatan elektronik dan mendatangkan malapetaka pada file digital. Kondisi permafrost yang sejuk dan kering di Svalbard juga akan berkontribusi pada umur panjang data yang disimpan.

Untuk memutuskan musik apa yang harus dilestarikan, Elire telah bermitra dengan Dewan Musik Internasional yang berbasis di Paris untuk membentuk komite global yang akan bekerja dengan kelompok bisnis musik nasional untuk memilih musik “paling berharga dan dicintai” dari seluruh dunia. Masyarakat juga diharapkan untuk memberikan suara pada pengajuan nasional.

“Kami tidak ingin hanya melindungi genre dan era tertentu,” kata Luke Jenkinson, direktur pelaksana Global Music Vault dan mitra pengelola di Elire. “Kami ingin negara dan wilayah di dunia mengkurasi musik apa yang akan disimpan”.

Doomsday Vault Tawarkan Perlindungan Ekstra

Perlu dicatat bahwa beberapa major label termasuk Universal Music Group, Sony Music UK, dan Warner Music Group — serta banyak label independen — sudah menyimpan salinan digital dan rekaman duplikat di lokasi terpisah di seluruh dunia. Menurut Elire, bagaimanapun, mereka hanya menawarkan tingkat perlindungan ekstra. Dengan asumsi mereka mendapatkan izin dari perusahaan rekaman dan pemegang hak lainnya.

Perusahaan itu bermaksud untuk mendapatkan uang dengan menagih perusahaan dan artis untuk melakukan setoran ke dalam brankas. Elire juga berencana membuat content vault yang dapat diakses oleh pendengar di seluruh dunia dan berbagi pendapatan dengan pembuat konten.

Baca juga: Josh Todd (Buckcherry) Jadi Petugas Flebotomis Selama Pandemi

Dijadwalkan untuk musim semi 2022, deposit perdana gudang besi hari kiamat ini akan fokus pada pelestarian musik Pribumi Australia dan lainnya, dengan rekaman pop yang akan datang nanti. Pelajari lebih lanjut tentang Global Music Vault di sini.

Penulis, Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Hari Musik Sedunia

    Hari Musik Sedunia 2021: Sejarah, Signifikansi dan Kutipan Ikonik

    Perayaan Make Music Day 2019 di hampir seluruh kota AS (Foto: MakeMusicDay.org). Hari Musik Sedunia adalah perayaan musik tahunan yang berlangsung tiap tang

    on Jun 21, 2021
    Deathgasm

    Studi Baru: Selera Musik Bisa Menentukan Kepribadian Seseorang

    Adegan ikonik film "Deathgasm" (2015). Artikel ini cukup menarik, terutama bagi lo yang sedang mencari pasangan tambatan hati alias pacar. Atau bahkan jodoh

    on Apr 6, 2021
    Set up konser One Direction

    Bagaimana Virus Corona Merusak “Rezeki” Para Tokoh Di Balik Layar ...

    Set up konser One Direction, beberapa tahun silam (Foto: YouTube). Paul Klimson, seorang engineer audio veteran yang telah bekerja dengan artis-artis sepert

    on Mar 18, 2020
    Spotify Wrapped

    Akhir Tahun, Spotify Wrapped Rangkum Musik Favoritmu

    Platform streaming musik Spotify baru-baru ini menggulirkan fitur khas di akhir tahun, yakni Spotify Wrapped. Fitur tersebut bakal menampilkan deretan lagu dan

    on Dec 7, 2019