×
×

Search in Mata Mata Musik

Dr. Dre Mengenai George Floyd: “Lutut Polisi Itu Menginjak Leher Kita Semua”

Posted on: 06/1/20 at 6:30 am

Dr. Dre.
Dr. Dre saat menghadiri pemutaran film ‘The Defiant Ones’ di Ritzy Picturehouse pada 15 Maret 2018 di London, Inggris. (Foto: Karwai Tang/WireImage).

Rapper/produser/pengusaha Hip-Hop legendaris Dr. Dre bergabung dengan sesama legenda musik rap Lil Wayne untuk berbicara tentang kematian tragis George Floyd yang “sangat menyakitkan” di acara Young Money Radio dari Apple Music pada Jum’at (29 Mei) malam lalu. George Floyd adalah seorang warga berkulit hitam dari Minneapolis, Amerika Serikat (AS) yang tidak bersenjata yang dibunuh oleh seorang petugas polisi rasis yang berlutut di lehernya selama lebih dari delapan menit.

“Ini seperti, aduh bro, situasi itu, itu menyakiti hati aku. Hati aku masih sakit,” ujar Dr. Dre. “Dan rasanya seperti polisi itu telah berlutut di leher kita semua, maksudku sesama pria berkulit hitam. Dan ya, ini sangat menyakitkan. Sangat menyakitkan karena ini terus berlanjut. Ini terus terjadi dan itu seperti, ‘Apa yang bisa kita lakukan? Atau apa yang perlu kita lakukan untuk menghentikan hal ini? Apa yang seharusnya terjadi untuk menghentikan hal ini? Ini harus berhenti. Apa sih yang seharusnya terjadi?'”.

Baca Juga: Dalam Video Eminem ‘Godzilla’ Muncul Mike Tyson, Dr Dre Dan Almarhum Juice WRLD

“Mereka (polisi) seharusnya ditangkap dan dihukum karena pembunuhan tingkat pertama,” ujar Dr. Dre setelah mantan polisi Minneapolis Derek Chauvin didakwa dengan pidana pembunuhan tingkat tiga dan manslaughter (pembunuhan tanpa sengaja). “Titik, pokoknya titik… Mereka seharusnya dihukum karena pembunuhan tingkat pertama. Dan bagian paling gilanya adalah mereka begitu nekat, di siang hari bolong, dengan kamera menyala. Dan dia berlutut di leher pria ini selama durasi selama itu dan dia tidak peduli sama sekali. Tangannya ada di sakunya. Sekalian saja dia bersiul”.

Salah satu pendiri grup Hip-Hop N.W.A. itu kemudian melanjutkan: “Ini seperti, ‘Apa sih yang harus kita lakukan untuk menghentikan hal ini? Apa yang bisa terjadi untuk menghentikan ini?’ Ini serba membingungkan, tetapi rasanya seperti sesuatu benar-benar akan terjadi sekarang, untuk setidaknya menempatkan kita di posisi di mana kita dapat mulai berbicara tentang cara untuk menghentikan hal ini. Aku pikir ini bisa menjadi suatu terobosan karena aku mulai melihat orang kulit putih di luar sana memprotes juga… yang merupakan hal yang baik”.

“Kurasa mereka sudah muak ya,” ujar Lil Wayne. “Manusia mana pun yang punya hati baik, kurasa mereka semua sudah muak. Kita semua sudah muak. Kita semua harus begitu”.

“Kamu mengatakannya dengan benar. Setiap manusia yang baik harus melihat itu dan mengatakan, ‘Persetan dengan ini’. Ini sudah cukup,” tambah Dr. Dre.

Dengarkan percakapan Dr. Dre dan Lil Wayne saat di Young Money Radio di sini, dan dengarkan episode penuhnya – di mana Lil Wayne juga berbicara dengan Dr. Anthony Fauci tentang efek yang tidak proporsional dari wabah Covid-19 pada komunitas kulit hitam – di Apple Music.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Mobile Legends Hip Hop

    Dycal Siahaan & 4 Rapper Asia Bersatu Dalam Remix Hip Hop Anthem Mobil...

    Talenta-talenta dari Asia terus meningkat, menunjukkan bahwa mereka lebih dari sekadar penulis lagu dan performer, tetapi artis yang selalu bersemangat ter

    on Jan 17, 2021
    Dr. Dre

    Dilarikan Ke RS, Dr. Dre Masuk ICU Karena Menderita Aneurisma Otak

    Dr Dre. (Foto: dok. Dr Dre). Dr. Dre dilarikan ke RS dan masuk ke ruang ICU pada hari Senin, 4 Januari 2021 setelah terdiagnosa menderita aneurisma otak dan

    on Jan 6, 2021
    MF DOOM

    Rapper & Produser Penuh Teka-Teki, MF DOOM, Meninggal Dunia Di Usia 49...

    MF DOOM (Foto: dok. MF DOOM). MF DOOM, rapper dan produser kelahiran Inggris yang dikenal dengan persona "penjahat super" yang gemar mengenakan topeng, seor

    on Jan 1, 2021
    John Fletcher

    John 'Ecstasy' Fletcher, Pionir Hip Hop dan Pendiri Grup Whodini Menin...

    John Fletcher. (Foto: Gilbert Carrasquillo/Getty Images). John Fletcher, salah satu pendiri grup pionir hip-hop Whodini, meninggal dunia pada usia 56 tahun.

    on Dec 25, 2020