×
×

Search in Mata Mata Musik

Dr. Dre Merasa Media Sosial Telah Merusak Unsur Mistik Dari Seorang Artis

Posted on: 05/27/20 at 8:30 am

Dr. Dre.
Dr. Dre. (Foto: Christopher Polk/Getty Images).

Dr. Dre mengatakan bahwa menurutnya, media sosial telah merusak unsur “mistik” dari seorang artis alias seniman. Mistik dalam konteks Dr. Dre adalah aura misterius, kharisma, daya tarik yang berkelindan dari karya dan sang artis.

Baca juga: Lagu Glen Campbell, Dr. Dre, Tina Turner dan Penyanyi Lainnya Masuk Daftar National Recording

Saat berbicara dalam sesi wawancara baru bersama teman dan mitra bisnisnya, Jimmy Iovine, rapper/produser hip-hop legendaris dan salah satu pendiri grup rap N.W.A itu membahas ketenaran di era media sosial dan mengapa dia kurang menyukainya.

“Aku mungkin akan membenci media sosial pada saat awal aku berkarier,” ujar Dr. Dre kepada British GQ. “Ada unsur mistik tertentu yang jadi rusak. Aku suka yang mistik. Aku suka menunggu. Aku tidak membutuhkan siapa pun untuk mengetahui keberadaanku sedang di mana setiap menit atau apa yang aku sedang lakukan. Atau apa yang akan aku lakukan”.

Produser yang bantu membesarkan karier Eminem itu lalu menambahkan: “Ada mistik tertentu yang datang bersama dengan musik yang seru untuk ditunggu dan melihat apa yang akan terjadi”.

Jimmy Iovine, salah satu pendiri Interscope Records, juga ikut membahas masalah ini. “Aku tidak tahu dampak dari Instagram, itu tidak saling menguntungkan,” jelasnya. “Jika Michael Jackson memiliki akun Instagram, apakah dia akan berakhir lebih sehat? Tidak ada yang tahu”.

“Aku pikir apa yang terjadi adalah, ‘kehebatan’ tidak pernah setergantungan itu dengan ketenaran seperti pada zaman sekarang. Ketenaran adalah mata uangnya. Likes atau apa pun itu. Jadi ketenaran, dan jika kamu memang hebat… para musisi hingga baru-baru ini, itulah sebabnya orang-orang mengeluarkan musik setiap hari. Itu adalah pemasaran”.

Jimmy Iovine lalu melanjutkan: “Tapi tidak semuanya bagus karena itu tidak mungkin. Aku pikir ‘kehebatan’ (maknanya) telah mundur sedikit”.

Pada bagian lain dari wawancara itu, Dr. Dre dan Jimmy Iovine, yang merupakan sesama pendiri Beats Electronics, mendiskusikan rencana mereka untuk mendirikan Sekolah Menengah Atas (SMA) milik mereka sendiri.

“Kami akan memulainya tepat di luar USC (University of Southern California),” ungkap Jimmy Iovine. “Dan itu (dibuat) untuk lingkungan itu. Dan itu akan gratis. Kami akan membangun sekolah ini bersama dengan Laurene Powell Jobs (janda dari Steve Jobs) dan XQ [program penggalangan dana yang diluncurkan pada 2015 untuk mengubah aturan sekolah negeri di Amerika Serikat (AS)] dan kampus USC”.

Baca juga: Anderson .Paak Berencana Bikin 2 Album Baru Bareng Dr Dre

“Kami ingin memberi keunggulan kepada anak-anak yang diremehkan. Kami ingin memasarkan SMA kami, kami ingin membuatnya menarik bagi anak-anak untuk tetap bersekolah dan belajar. Karena sebagian besar anak-anak tidak ingin sekolah”.

Tonton wawancara lengkap Dr. Dre di bawah ini.

Bulan lalu, album debut Dr. Dre, The Chronic akhirnya dirilis di semua platform streaming. Awalnya dirilis pada tahun 1992, album full-length klasik ini menampilkan lagu-lagu paling kultural di scene musik hip-hop seperti ‘Nuthin’ But A ‘G’ Thang’, ‘Let Me Ride’, dan Fuck Wit Dre Day (And Everybody’s Celebratin’)’.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Tags:

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Kanye West

    Kanye West Rilis Album Baru "Donda" Terinspirasi Dari Sang Ibunda

    Kanye West (Foto: Instagram/kanyewest). Kanye West mengkonfirmasi perilisan album barunya yang berjudul Donda, dalam iklan Beats by Dre yang ditayangkan saa

    on Jul 22, 2021
    50 Cent

    50 Cent Kabari Status Terbaru Perilisan Album "Street King Immortal"

    50 Cent (Foto: Dave Simpson/WireImage). 50 Cent memang sempat absen dari kancah musik sejak mengumumkan kebangkrutannya pada tahun 2015. Sebelumnya, pada ta

    on Jul 20, 2021
    Post Malone

    Post Malone Rilis Lagu Baru Yang Terinspirasi Dari Motley Crue

    Motley Crue (Foto: dok. Motley Crue) / Post Malone (Foto: Kevin Winter/Getty Images). Post Malone, telah dipastikan pada Jum'at ini, 9 Juli akan merilis lag

    on Jul 7, 2021
    MC Abdul

    MC Abdul, Rapper Cilik Palestina Debut Single ‘Shouting At The Wall'

    MC Abdul, rapper cilik kelahiran Gaza, Palestina berusia 12 tahun, telah merilis single debutnya, 'Shout at the Wall'. Lagu doi telah tersedia di platform

    on Jul 1, 2021