×
×

Search in Mata Mata Musik

Drake Pecahkan Rekor Penampilan Lagu Terbanyak Pada Chart Billboard Hot 100

Posted on: 03/18/20 at 6:04 am

Drake (Foto: Instagram.com/@champagnepapi).

Drake telah pecahkan rekor dengan lagu terbanyak yang pernah terdaftar pada chart Billboard Hot 100, saat rapper mega bintang asal Kanada itu mendapatkan lagunya yang ke-208 dalam daftar chart terbaru, yang tertanggal 21 Maret.

Dan lucunya, seorang tokoh besar dalam budaya pop, Oprah Winfrey, secara tidak langsung telah membantu Drake memecahkan rekor itu. Lagu terbaru Lil Yachty yang menampilkan Drake dan DaBaby, ‘Oprah’s Bank Account’, debut di No. 89 dalam chart Billboard Hot 100, dengan hampir semua poin chart-nya diraih melalui 10,5 juta streams pada minggu pertamanya di Amerika Serikat (AS) dalam minggu yang berakhir 12 Maret, menurut data dari Nielsen Music/MRC, setelah lagu itu dirilis 9 Maret lalu.

Sekarang dengan total 208 lagu yang terdaftar dalam sejarah chart Hot 100, yang pertama dibentuk pada 4 Agustus 1958, Drake telah melewati rekor 207 lagu milik Glee Cast.

Mari kita bahas sedikit tentang bagaimana Drake telah membuat sejarah dan memenangkan persaingan 10 tahun lebihnya dengan mantan grup musikal acara TV Fox itu.

Baca juga: Drake Rilis Video Untuk 2 Lagu Baru: ‘When To Say When’ & ‘Chicago Freestyle’

Pada chart Hot 100 tanggal 23 Mei 2009, Drake melakukan kunjungan pertamanya ketika lagu ‘Best I Ever Had’ memulai debutnya di No. 92. Dua minggu kemudian, pada chart Hot 100 tanggal 6 Juni 2009, Glee Cast membuat penampilan debutnya juga saat acara bertema grup musik SMA ini merilis versi cover dari lagu ‘Don’t Stop Believin’ milik Journey dan lagu ‘Rehab’ milik Amy Winehouse yang masing-masing mencapai No. 4 dan No. 98 pada chart.

Karier Drake telah secara konsisten meningkat sejak kedatangannya di chart pada tahun 2009, dengan menjalani 431 minggu berturut-turut (yang juga merupakan rekor tersendirinya) pada chart Hot 100 dari minggu pertamanya dalam chart hingga 19 Agustus 2017.

Sementara itu, Glee Cast memadatkan 207 penampilan lagu mereka pada chart Hot 100 hanya hingga Oktober 2013, sebelum acara itu ditutup pada Maret 2015. Para performer dalam Glee Cast menaikan totalnya dengan merilis beberapa lagu digital, yang hampir secara eksklusif merupakan versi remake dari lagu-lagu pop yang sangat nge-hit, yang ditampilkan di setiap episode acara seri Fox tersebut.

Baca juga: Lagu Drake & Chris Brown ‘No Guidance’ Pecahkan Rekor Chart R&B/Hip-Hop Airplay Billboard

Di bawah ini adalah artis dengan penampilan lagu terbanyak dalam chart Hot 100 hingga saat ini. Sebagian besar totalnya diraih karena budaya kolaboratif dalam musik hip-hop, dengan banyaknya lagu yang sering menampilkan penampilan fitur, terutama untuk Lil Wayne, Kanye West dan Nicki Minaj, yang telah sangat rajin berkolaborasi selama kurang lebih 10 tahun terakhir ini.

Artis Dengan Penampilan Lagu Terbanyak Dalam Chart Billboard Hot 100:
208, Drake
207, Glee Cast
168, Lil Wayne
109, Elvis Presley
108, Nicki Minaj
107, Kanye West
100, Jay-Z
99, Chris Brown
97, Taylor Swift
93, Future
91, James Brown
88, Eminem
80, Justin Bieber
75, Ray Charles
73, Aretha Franklin
71, The Beatles

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Megan Thee Stallion dan Beyonce.

Lagu ‘Savage’ Megan Thee Stallion dan Beyoncé Tembus No. 1 di Cha...

Megan Thee Stallion dan Beyonce. (Foto: Urban Islandz). ‘Savage’, lagu viral milik rapper Megan Thee Stallion yang menampilkan sang superstar Beyoncé,

on May 28, 2020
Drake

Drake Minta Maaf Kepada Kylie Jenner Setelah Menyebutnya Perempuan Sam...

Drake dan Kylie Jenner. (Foto: Getty Images). Drake telah meminta maaf setelah dia tampaknya menyebut supermodel dari keluarga Kardashian yang elit (ekonomi

on May 23, 2020
Jungkook BTS

Lagu ‘Euphoria’ Jungkook (BTS) Pecahkan Rekor Chart World Digital ...

Jungkook (BTS). (Foto: YouTube). Di saat sebagian besar dari kita tampak santai-santai saja selama masa karantina pandemi virus Corona, Jungkook dari boyban

on May 22, 2020
Hayley Williams

Hayley Williams Jadi Wanita Pertama Pemecah Rekor Chart Rock Billboard

Cover album Hayley Williams Petals for Armor. (Foto: Atlantic Records). Album debut solo Hayley Williams, Petals For Armor sukses duduki posisi No. 1 di cha

on May 22, 2020