×
×

Search in Mata Mata Musik

Drama Liar Karier Pop Selena Gomez Yang Penuh Proses Evaluasi

Posted on: 03/20/20 at 6:09 am

Selena Gomez AMA 2019
Selena Gomez tampil di atas panggung selama 2019 American Music Awards di Microsoft Theater pada 24 November 2019 di Los Angeles, California (Foto: Emma McIntyre/AMA2019/Getty Images for dcp).

Orang-orang biasanya mencoba untuk menganggap sang popstar fenomenal Selena Gomez hanya sebagai bintang cilik dari acara Disney yang berkecimpung ke dunia musik pop. Tapi tidak ada yang membuat lagu hit cemerlang sebanyak ini secara tidak sengaja. Single tahun 2020-nya, ‘Rare’, bisa dibilang sebagai karya terbaik yang pernah dibuat Selena Gomez.

Baca juga: Selena Gomez Rilis Lagu Baru Tentang Justin Bieber Berjudul ‘Feel Me’

Pada lagu tentang apresiasi diri ini Selena Gomez pancarkan energi barunya sambil bernyanyi dengan gaya berbisik yang menggoda, seorang gadis pemalu yang kini percaya diri dengan bakat vokalnya yang unik. Selena Gomez selalu menyanyikan tentang perasaannya seolah-olah dia takut pada mereka, itulah sebabnya sebagian dari kita merasa terhubung dengan musiknya. Dia ingin berlari dan bersembunyi, tetapi nada bass-nya yang tebal mendesaknya untuk tetap kuat dan berjuang. Ini adalah contoh lagu yang sempurna tentang rasanya diserang dengan berbagai drama yang jauh lebih banyak daripada yang diminta oleh seorang gadis sederhana.

Kepribadian Selena Gomez mungkin kadang terasa misterius dan membingungkan pada waktu-waktu tertentu, tetapi dia tetap berjuang selama bertahun-tahun, sementara begitu banyak kepribadiannya yang lebih agresif menurun begitu saja. Selena Gomez mengumpulkan segala faktor yang membuat sebuah album hit klasik menjadi yang terbaik, dari lagu ‘Slow Down’ pada tahun 2013 ke lagu ‘Hands to Myself’ pada 2015 hingga lagu ‘Bad Liar’ pada tahun 2017, ia selalu bernyanyi dalam bahasa pribadinya sendiri yang secara keren terasa otentik. Anda tidak akan pernah bisa mengira liriknya sebagai lirik milik orang lain. Pergerakan utamanya adalah untuk membuat kita bertanya, “Tunggu, apakah dia benar-benar mengatakan itu? Mengapa dia berbicara tentang Pertempuran Troy yang jadul? Kenapa karyanya terasa pasif agresif?”, dan itu hanya menambah daya pikat Selena Gomez.

Akhir-akhir ini, Selena Gomez harus menghadapi berbagai cobaan hidup yang sebagian besar orang punya keistimewaan untuk menjalaninya secara pribadi: dari penyakit lupus, transplantasi ginjal, putus hubungan dengan Justin Bieber beberapa ribu kali, hingga berkencan dengan The Weeknd. Tapi dia sudah siap untuk itu semua. Karya musik Selena Gomez dimuat dengan pesan-pesan positif tentang kesehatan, perawatan diri sendiri dan kepercayaan diri, dengan kepekaan mental yang terus meningkat seperti “Serius, kali ini saya akan bersungguh-sungguh”.

Suatu saat, dunia melihat Selena Gomez sebagai bintang pop yang ditakdirkan untuk selalu didefinisikan oleh sejarah romansa buruknya dengan Justin Bieber. Ketika Selena Gomez diejek habis-habisan di acara Comedy Central, aktris Nastasha Leggero menyatakan rasa simpati semua orang karena harus berkencan dengan Justin Bieber: “Dia benar-benar orang bernama Selena yang paling tidak beruntung dalam semua sejarah dunia hiburan”.

Beberapa orang pasti masih ingat dengan penampilan Selena Gomez dan Justin Bieber di acara VMA 2011. Justin Bieber membawa ular kesayangannya. Selena Gomez berdiri di dekatnya di karpet merah sementara dia memperkenalkan ular itu ke kamera: “Namanya adalah Johnson!” Anda bisa melihat kesedihan mendalam di seluruh wajah Selena Gomez, ketika dia tampaknya diam-diam bertanya, “Bagaimana ini bisa terjadi? Bisakah saya pulang sekarang?”.

Selama bertahun-tahun, Selena Gomez dan mantannya menulis lagu-lagu hit tentang satu sama lain secara bolak-balik, dan menyiarkan drama perpisahan mereka di radio. Kemudian Justin Bieber tiba-tiba menikah dengan orang lain. Tapi Selena Gomez kedengarannya merasa terbebas – seperti dia sedang benar-benar menikmati hidupnya.

Ini adalah evolusi yang agak aneh bagi seorang bintang cilik yang memulai karier musiknya dengan menyanyikan lagu pengantar tidur di acara Barney and Friends. Ketika Selena Gomez membintangi film Disney tahun 2009 berjudul Princess Protection Program, dia bahkan tidak bisa berperan sebagai seorang princess – dia berperan sebagai gadis Amerika biasa yang hidupnya membosankan yang akhirnya menjadi tempat persembunyian yang tepat untuk sang pemeran ratu Demi Lovato.

Baca juga: Menurut Selena Gomez, Instagram Telah Membuat Para Penggemarnya Jadi ‘Toxic’

Selena Gomez terpaksa menjalani semua pertumbuhan hidupnya dalam sorotan media. Seperti yang dia katakan, “Saya sangat terbiasa tampil untuk anak-anak. Di konser saya biasa membuat seluruh kerumunan mengangkat jari kelingking mereka dan membuat janji kelingking untuk tidak membiarkan siapa pun membuat mereka merasa bahwa mereka tidak cukup baik”. Tapi sama seperti pendengarnya, Selena Gomez menjadi lebih tua dan dewasa. “Saya menatap mata mereka, dan saya tidak tahu harus berkata apa. Saya tidak bisa mengatakan, ‘Semua orang, mari kita berjanji bahwa Anda cantik!’”.

Sekarang pada lagu ‘Rare’, kita mendengarkan dengan penuh perhatian saat Selena Gomez bernyanyi tentang jatuh cinta dengan seseorang yang tidak dia sukai atau hormati terlalu banyak. Dia muak dengan ini – dan dia bersumpah dia tidak akan melakukan kesalahan yang sama lagi. Vokal Selena Gomez terdengar penuh kebingungan, tapi dia berjuang melalui kekacauan emosionalnya. Ketegangan luar biasa inilah yang membuat lagu hit-nya bermain seperti film panjang yang sudah berjalan lama tentang upaya intensnya untuk mengendalikan semua emosi itu. Yah, mungkin Selena Gomez bisa saja mengendalikan emosinya. Tetapi kenapa dia harus mau?

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Sumber: Rolling Stone (penulis: Rob Sheffield)
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Selena Gomez

Selena Gomez Memuji Lagu-Lagu Taylor Swift, Rihanna dan Billie Eilish

Selena Gomez dan Taylor Swift. (Foto: John Shearer/Getty Images for dcp, Steve Granitz/WireImage). Pada hari Senin (27 April) lalu, Selena Gomez ungkap keka

on Apr 29, 2020
Selena Gomez

Selena Gomez Gugat US$ 10 Juta Game Mobile Yang Meniru Karakternya Tan...

Gambar karakter Selena Gomez di sampul majalah Flare yang muncul di game 'Clothes Forever'. (Foto: Gameindustry.biz). Selena Gomez telah menggugat para krea

on Apr 17, 2020
Selena Gomez

Selena Gomez Membeli Rumah Mewah Milik Tom Petty Seharga Rp 77 Miliar

Tom Petty (Foto: Philip Cosores) dan Selena Gomez (Foto: Facebook Selena Gomez). Selena Gomez telah membeli rumah mewah bekas Tom Petty di California, Ameri

on Apr 14, 2020
Selena Gomez

Selena Gomez Rilis 3 Lagu Baru Untuk Album ‘Rare (Deluxe Edition)’

Selena Gomez. (Foto: Tribina Hobson). Pada Kamis (9 April) lalu, sang popstar Selena Gomez telah merilis album Rare (Deluxe Edition), yang menampilkan beber

on Apr 11, 2020