×
×

Search in Mata Mata Musik

Dramer Asli Black Sabbath Bill Ward Rilis Lagu Solo Baru, ‘Powder On The Moon’

Posted on: 02/3/20 at 4:13 pm

BILL WARD ORIGINAL DRUMMER OF BLACK SABBATH
Bill Ward, mantan dramer Black Sabbath (Foto: Kevin Winter/GettyImages)

Dramer Black Sabbath yang orisinil, Bill Ward, telah merilis video lirik resmi untuk lagu solo terbarunya yang berjudul ‘Powder On The Moon’.

Menurut situs web resmi Bill Ward, lagu ‘Powder On The Moon’ adalah salah satu lagu yang awalnya dimaksudkan untuk ikut tercantum dalam proyek Beyond Aston, sebuah album solo yang masih belum dirilis yang prosesnya telah Bill Ward kerjakan sedikit demi sedikit sejak akhir tahun 1990-an. Lagu ‘Powder On The Moon’ itu digambarkan dalam situs web Bill Ward sebagai: “proses memudar dari akhir Everybody Loves Me, tentang sebuah obsesi untuk disukai dalam segi apapun, bahkan ketika sudah mati”.

Lagu ‘Powder On The Moon’ tiba lebih dari dua bulan setelah perilisan lagu Bill Ward Band lainnya, yang berjudul ‘Once This Was A Road’. Sebulan sebelumnya, Bill Ward telah merilis lagu berjudul ‘Arrows’ untuk memperingati ulang tahun kedua kejadian tragis penembakan massal di Las Vegas.

Pada waktu itu Bill Ward  sempat siap untuk menghadiri reuni Black Sabbath ketika pertama kali diumumkan delapan tahun yang lalu, tetapi beberapa waktu kemudian Bill Ward malah mundur dari keputusannya. Bill Ward kemudian mengklaim bahwa ia tidak menghadiri sesi rekaman dan tur karena persyaratan kontrak yang tidak adil, meskipun para anggota Black Sabbath telah mengisyaratkan dalam wawancara lain mereka bahwa Bill Ward secara fisik tidak memenuhi kualifikasi.

Baca juga: Black Sabbath Umumkan The Vinyl Collection 1970–1978

Keempat anggota asli Black Sabbath hadir ketika band ini mengumumkan reuni mereka pada akhir tahun 2011. Tapi Bill Ward berpisah dari band pionir heavy metal tersebut pada tahun 2012, mengutip bahwa kontrak yang ditawarkan kepadanya “tidak dapat ditandatangani”, dan lalu, sang vokalis Ozzy Osbourne, gitaris Tony Iommi dan bassis Geezer Butler melanjutkan proyek album full length-nya yang berjudul 13 yang diproduksi oleh sang co-founder ­label besar Def Jam Recordings, Rick Rubin, dan tur internasional besar-besaran mereka tanpa Bill Ward.

Ozzy Osbourne mengatakan kepada siaran The Pulse Of Radio selama tur terakhir Black Sabbath bahwa Bill Ward waktu itu sedang dalam kondisi yang kurang ‘sehat’ untuk berpartisipasi. “Bill Ward mendapatkan pekerjaan yang paling menuntut fisik dibanding semua anggota kita, karena dialah sang pencatat waktu (dramer)”, ujar Ozzy Osbourne. “Secara pribadi saya pikir dia (Bill Ward) belum punya cukup tenaga untuk mengeksekusi tugasnya, Anda tahu. Yang paling menyedihkan adalah dia harus bisa mengakui itu, dan kita bisa mengatasinya, apakah dengan menaruh dramer di samping sisinya atau semacamnya”.

Sempat dilaporkan bahwa Black Sabbath ingin membawa dramer kedua selama tur untuk berbagi tugas dengan Bill Ward, sesuatu yang dikonfirmasi Toni Iommi pada tahun 2017 selama sesi tanya jawab tentang box set Ten Year War milik Black Sabbath.

Pada tahun 2015 lalu, Bill Ward merilis album solo pertamanya dalam 18 tahun terakhir yang berjudul Accountable Beasts, album tersebut dapat dibeli dan didengarkan di iTunes.

Pada bulan November 2017 lalu, band Bill Ward, Day Of Errors, merilis dua lagu pertamanya yang berjudul ‘Day Of Errors’ dan ‘Blaspheming At Creation’, melalui kanal online seperti iTunes, Spotify, Amazon MP3 dan Google Play. Dua lagu tambahan yang berjudul ‘Dark’ dan ‘Ghost Train’ mengikuti dua karya sebelumnya pada musim gugur yang lalu.

Video lirik untuk ‘Powder On The Moon’ karya Bill Ward Band ini dapat kamu saksikan di bawah.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Ozzy Osbourne

Ozzy Osbourne Sama Sekali “Nggak Tertarik” Reuni Lagi Dengan Black...

Reunian Black Sabbath, 1998. (Foto: Kevin Winter, Getty Images). Setahun setelah Ozzy Osbourne mempertimbangkan untuk bermain "satu konser terakhir" bersama

on Sep 10, 2020
Hubungan Ozzy dan Sharon Osbourne

Kisah Hubungan Ozzy dan Sharon Osbourne Akan Dibuatkan Film Biopiknya

Sharon dan Ozzy Osbourne. (Foto: via YouTube). Sebuah film biopik yang menceritakan hubungan Ozzy dan Sharon Osbourne sedang dalam proses pengembangan. Ozzy

on Aug 14, 2020
Black Sabbath

Siapa Pemilik Resmi Nama Black Sabbath? Sharon Osbourne Menjawab

Reuni Black Sabbath pada 2011, ki-ka: Bill Ward, Ozzy Osbourne, Geezer Butler, Tony Iommi. (Foto: Kevin Winter, Getty Images). Di antara anggota legenda hid

on Aug 12, 2020
Juice WRLD X Black Sabbath

Ternyata Alm Juice WRLD Juga Penggemar Black Sabbath dan Band Metal La...

Juice WRLD (Foto: Bennett Raglin) / Ozzy Osbourne (Foto: Hulton Archive, Getty Images). Meskipun musik rock dan metal nggak sering menerima pengakuan yang a

on Aug 9, 2020