×
×

Search in Mata Mata Musik

Dramer Pearl Jam, Melvins, dan Blondie Bersatu Untuk Merakit Lagu Eksperimental

Posted on: 03/16/20 at 2:00 am

Dramer kelas berat Matt Cameron, Dale Crover dan Clem Burke semua muncul di trek yang baru dirilis dari kolaborator Melvins Toshi Kasai (Foto: Lloyd Bishop / NBCU Photo Bank / NBCUniversal via Getty Images, David Wolff – Patrick / Redferns / Getty Images, Al Pereira / Getty Images).

Selama sekitar 20 tahun, sang produser musik Toshi Kasai telah menjadi pentolan dalam dunia musik rock non-konvensional. Dia pernah meng-engineer dan memainkan gitar dan kibor untuk Melvins dan berbagai lainnya, bersama dengan puluhan band lainnya. Sekarang Toshi Kasai telah meluncurkan proyek solo terbarunya, Plan D, yang dirancang bersama dramer Melvins, Dale Crover, dan musisi perkusionis rock lainnya, termasuk dramer Pearl Jam, Matt Cameron dan Clem Burke dari band Blondie.

Dalam Plan D, Toshi Kasai, yang juga pernah bekerja dengan Tool dan Foo Fighters, “menerjemahkan” pola dram yang dimainkan oleh para musisi tersebut menjadi sebuah “musik yang dicampur melalui penggunaan synths analog yang dipicu”.

Baca Juga: Pearl Jam Tunda Tur ‘Gigaton’ Di AS Untuk Mencegah Penyebaran Virus Corona

Rilisan EP pertama Plan D, SW, akan keluar pada bulan April mendatang dan menampilkan kontribusi dari Crover, Cameron, Burke, Coady Willis dari Big Business, Paul Christensen dari Qui, mantan dramer Shins and Modest Mouse, Joe Plummer dan Troy Zeigler, yang telah bekerja dengan Serj Tankian dan Juliette Lewis.

Lagu pertama yang dirilis dari SW, ‘Golden Voyage’, dimulai dengan ketukan dram berjatuhan yang dipadukan dengan nada synth ‘mencekek’ yang berkembang semakin acak seiring pola dramnya tumbuh semakin sibuk.

“Plan D adalah demonstrasi musik yang dibangun untuk menciptakan dimensi, durasi, dan dinamika,” kata Toshi Kasai dalam siaran pers. “Keinginan lama saya menjadi nyata dan bahkan lebih baik dari yang saya rencanakan karena dukungan dari berbagai dramer yang berbakat dan berpengalaman. Gaya main dram yang unik dan individual masing-masing menceritakan kisah yang berbeda. Itu menjadi proyek yang konseptual dan eksperimental. Saya mengarahkan cerita mereka dengan menulis nada pada synthesizer dan memicu mereka dengan pukulan dram”.

“Toshi Kasai memahami kami para dramer,” kata Matt Cameron tentang proyek ini dalam siaran pers. “Kumpulan pola dram yang luar biasa ini adalah contoh sempurna bagaimana Toshi dapat mendengarkan musik sesuai dengan pola ritmis kami. Saya tidak yakin bagaimana dia melakukannya, sepertinya sesuatu yang mencakup alat MIDI, tetapi itu semua tidak penting, Plan D berdiri sendiri sebagai entitas musik yang sama sekali baru dan saya sangat bangga menjadi bagian darinya”.

Dramer terkenal lainnya juga akan tampil dalam seri EP milik Plan D. Dalam papan tulis yang diperlihatkan dalam video studionya, kita dapat melihat tulisan nama-nama seperti “C. Smith, G. Bissonette dan M. Chamberlain”, yang menyarankan bahwa kita dapat mendengar berbagai kontribusi oleh Chad Smith dari Red Hot Chili Peppers, veteran musik live dan studio Gregg Bissonette dan Matt Chamberlain. Untuk info lebih lanjut tentang proyek ini, kunjungi situs web Joyful Noise, perusahaan label musik yang akan merilisnya.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Kesalahan dalam Lagu

7 Kesalahan Tidak Sengaja Dalam Lagu Yang Hasilnya Malah Keren

Pink Floyd, The Police, Led Zeppelin. (Foto: kolase). Merekam musik di studio adalah proses yang rumit dan menantang. Beberapa musisi kadang harus berkali-k

on May 29, 2020
Matt Healy (The 1975) dan Greta Thunberg.

The 1975 Rilis Video Fitur Greta Thunberg Gugah Kesadaran Perubahan Ik...

Matt Healy (The 1975) dan Greta Thunberg. (Foto: Jordan Hughes). The 1975 telah merilis video baru lagu kolaborasi self-titled mereka dengan aktivis muda as

on May 29, 2020
Jon Steingard

Vokalis Band Christian Rock Umumkan Dia Sudah Tidak Lagi Percaya Tuhan

Jon Steingard saat Hawk Nelson konser. (Foto: Rick Diamond/Getty Images). Jon Steingard, vokalis/gitaris band Christian Rock, Hawk Nelson telah mencabut ke

on May 27, 2020
Karen O

Karen O (Yeah Yeah Yeahs) Live Virtual Nyanyikan ‘Phenomena’ Dari ...

Karen O (Yeah Yeah Yeahs) saat tampil di KROQ Weenie Roast - Verizon Wireless, Amphitheater, Irvine, California, AS, 16 Mei 2009. (Foto: Kevin Baldes). Bula

on May 26, 2020