×
×

Search in Mata Mata Musik

Dream Theater Umumkan Album Baru dan Jadwal Tur 2021 Di AS

Posted on: 07/29/21 at 10:00 am

Dream Theater Umumkan Album Baru dan Jadwal Tur 2021 Di AS
Dream Theater (Foto: Rayon Richards).

Dream Theater memang band yang produktif dalam berkarya. Lagi-lagi mereka mengumumkan album barunya yang bertajuk A View from the Top of the World. Dirilis pada 22 Oktober mendatang, album teranyar para veteran progressive metal ini juga akan didukung oleh tur Amerika Serikat 2021. Jadwalnya dari akhir Oktober hingga pertengahan Desember.

Baca juga: Konser Dream Theater di Jakarta Juga Ditunda Karena Wabah Virus Corona

Album studio ke-15 Dream Theater ini dirilis dua tahun setelah Distance Over Time (2019). Mereka berhasil mempertahankan produktivitas berkaryanya selama lebih dari 30 tahun. Faktanya, pandemi mungkin sebenarnya justru memperpendek jarak antar album, dalam hal ini.

Dream Theater sedang melakukan tur untuk mendukung Distance Over Time sejak 2019. Namun di tengah jalan, mereka terpaksa pulang pada awal 2020 karena pandemi. Salah satu jadwal dalam rangkaian tur tersebut adalah konser tunggal mereka di Jakarta yang dibesut Rajawali Indonesia. Vokalis James LaBrie kembali ke Kanada sementara anggota yang tersisa menetap di studio “DTHQ” mereka yang baru dibangun di New York untuk mengerjakan materi musik baru.

Mindset Menggarap Album

Band ini masih berhasil menulis lagu bareng dalam studio, kecuali James LaBrie yang nongol dari Kanada melalui Zoom dengan monitor di dalam studio. Doi akhirnya pergi ke New York, mengkarantina dirinya sendiri sebelum tiba di studio untuk merekam vokalnya secara tatap muka dengan gitaris John Petrucci.

“Kami hanya suka memainkan instrumen kami,” kata Petrucci dalam siaran pers. “Itu enggak pernah hilang. Gue suka menjadi kreatif, menulis, dan melatih bagian dari pikiran gue. Kami sudah bisa melakukan ini untuk waktu yang lama, dan kami enggak menerima begitu saja. Setiap kali kami berkumpul, kami tahu kami enggak bisa mengecewakan diri sendiri atau penggemar kami, jadi kami berusaha lebih keras lagi”.

“Kami melakukan pendekatan pada setiap album seperti ini adalah album pertama kami,” tambah LaBrie. “Ini adalah perjalanan yang luar biasa, tetapi kami enggak akan berhenti”.

Dream Theater Akan Kembali Tur

A View from the Top of the World diproduseri oleh John Petrucci dan di-engineer oleh James “Jimmy T” Meslin, yang juga menyediakan produksi tambahan. Sedangkan Andy Sneap yang menggarap mixing dan mastering rekamannya. Serta artwork albumnya sekali lagi dikerjakan oleh kolaborator lama band ini, Hugh Syme.

Dream Theater - A View from the Top of the World

A View from the Top of the World Tracklist:
01. The Alien
02. Answering the Call
03. Invisible Monster
04. Sleeping Giant
05. Transcending Time
06. Awaken The Master
07. A View From The Top of the World

Baca juga: John Petrucci dan Mike Portnoy Reuni Tapi Bukan Untuk Dream Theater

Kuintet pendekar prog-metal ini akan kembali melabrak jalanan enggak lama setelah rilis album baru. Tur Amerika Serikat (AS) bertajuk “Top of the World Tour” band ini dimulai pada 28 Oktober di Mesa, Arizona, dan berlangsung hingga 14 Desember di St. Petersburg, Florida. Dengan band prog-metal junior Arch Echo sebagai pembukanya. Lihat poster turnya di bawah.

Penulis, Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Mastodon

    Mastodon Umumkan Album Baru "Hushed And Grim" Seraya Lepas Single

    Mastodon (Foto: Clay McBride). Mastodon, dedengkot metal kelahiran Atlanta, Georgia, Amerika Serikat (AS) telah mengumumkan album full-length pertama mereka

    on Sep 11, 2021
    Jinjer band

    Jinjer Umumkan Album Baru "Wallflowers" dan Rilis MV Single 'Vortex'

    Jinjer (Foto: Alina Chernohor). Jinjer telah mengumumkan album studio keempat mereka, Wallflowers. Diluncurkan pada 27 Agustus 2021 melalui Napalm Records.

    on Jun 19, 2021
    Mastodon

    Mastodon Rilis Lagu Baru Di Soundtrack Komik Dark Knights: Death Metal

    Surprais! Band metal kesayangan lo, Mas Jojon...eh...Mastodon telah meluncurkan lagu baru 'Forged by Neron' sebagai lagu utama dari album Dark Nights: Deat

    on May 13, 2021
    Gojira

    Gojira Rilis Single 'Amazonia' Sambil Galang Dana Untuk Suku Amazon

    Gojira. (Foto: Gabrielle Duplantier). Gojira telah meluncurkan single baru berjudul 'Amazonia' beserta video musiknya menjelang album mendatang mereka, Fort

    on Mar 27, 2021