×
×

Search in Mata Mata Musik

DRIVEN BY ANIMALS Bangkit Via Single Prog-Rock Sarat Protes Sosial

Posted on: 08/27/21 at 12:00 pm

DRIVEN BY ANIMALS Bangkit Via Single Progressive Rock 'Semua Boleh Jadi Presiden'
DRIVEN BY ANIMALS saat proses shooting video klip terbaru.

Karena permasalahan yang terjadi di band sebelumnya, DRIVE, berakibat band DRIVEN BY ANIMALS (DBA) ini menjadi vakum untuk sementara. Namun siapa sangka band yang sebenarnya sudah ada sejak tahun 2011 ini akhirnya bangkit kembali dengan merilis lagu barunya yang berjudul ‘Semua Boleh Jadi Presiden’.

Baca juga: Single kolab Drive bareng Dane Rabani Jadi Stimulan Pantang Menyerah

Kilas balik yang terjadi sepuluh tahun lalu berawal dari Budi mengajak partner satu bandnya, DRIVE, yaitu Dygo ditambah lagi dengan masuknya Lulud Pambudi, Demas dan Ario (The Adams). Ini adalah cikal awal personeil DBA pada masa itu.

Di tahun 2019, partner mereka, Yoni Wijoyo, pemain synthesizer yang juga merupakan seorang lighting engineer yang bernaung dalam payung Indonesia Lighting Project (ILP). Berpikiran untuk mengajak Budi untuk membuat band lagi, hal inilah yang mendasari tecetusnya menghidupkan DBA kembali.

Menampilkan konsep lighting-rock secara live

Secara konsep penampilan DBA melakukan suatu perubahan yang signifikan. Selain memainkan alat musik secara live, mereka juga sepakat untuk menyuguhkan system lighting khusus yang dimainkan secara live juga. Secara teknis hal ini sangat mendukung emosional tiap lagu yang dibawakan. Hal itu karena peralatan set lighting jockey dipegang oleh personel mereka sendiri. Tidak cukup sampai di situ, video klip DBA juga  disajikan secara apik, dikerjakan langsung oleh Yoni Wijoyo dan tim ILP.

Sejatinya secara musikal, DBA menyuguhkan music progressive rock bertemakan protes sosial yang membeberkan fakta kehidupan masyarakat Indonesia pada umumnya. Contohnya seperti yang disajikan dalam lagu terbaru mereka ‘Semua Boleh Jadi Presiden’.

Budi menuturkan, ”Terlalu banyak perbedaan pendapat malah yang berlandaskan ketidak pastian akar masalah, hoax yang semakin berani, dan tidak lagi mengindahkan aturan dan etika bermasyarakat. Seakan-akan semua boleh saja jadi presiden”.

Baca juga: Toiletsounds Rilis Lagu Penghormatan Terakhir Untuk Steven Kaligis

Mari kita simak suguhan progressive rock yang cukup berdinamika dibalut dengan efek-efek visual dan tatanan lighting yang mendukung dari DBA.

Sumber: Siaran Pers
Editor: Arslan Musyfia

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    kehlani

    Kehlani Suguhkan Pop R&B Segar Via Lagu 'Altar' Dari Album Mendatang

    Kehlani (Foto: Brianna Alysse). Tiap ketukan dram yang terdengar renyah diiringi synthsizer dan gitar yang turut membangun nuansa lagu. Sampailah di penggal

    on Sep 16, 2021
    IXIA

    Unit Metalcore IXIA Bereksperimen Via 'Noir', Single Tentang Mental Il...

    Formasi terkini IXIA. Unit metalcore asal Jakarta, IXIA, baru-baru saja merilis lagu terbaru yang diberi judul 'Noir'. Perilisan lagu ini diluncurkan di ber

    on Sep 14, 2021
    Lalisa

    Lisa BLACKPINK Luncurkan 2 Lagu Solonya, 'Lalisa' Dan 'Money'

    Lisa BLACKPINK (Foto: YG Entertainment). Anggota ketiga dari girl group K-Pop BLACKPINK, Lisa, akhirnya merilis album single solo debutnya. Album ini diril

    on Sep 10, 2021
    David Ellefson

    David Ellefson Umumkan Album Debut Band Barunya, The Lucid

    David Ellefson (Foto: Raymond Ahner). David Ellefson, mantan bassis salah satu band "Big Four of Thrash", Megadeth, mengumumkan album debut perdana dari ban

    on Sep 9, 2021