×
×

Search in Mata Mata Musik

Drumer Hal Blaine Meninggal di Usia 90 Tahun

Posted on: 03/13/19 at 10:15 am

Drumer di balik ritme Be My Baby yang ikonik serta lagu-lagu hit dari Frank Sinatra, Elvis Presley dan Simon & Garfunkel digambarkan sebagai pria ‘terhebat’ oleh Brian Wilson.

Oleh: Ben Beaumont-Thomas. (The Guardian)

Hal Blaine, salah satu drumer musik pop yang paling produktif dan brilian, yang pernah tampil bersama Elvis Presley, Frank Sinatra, The Beach Boys dan lainnya, meninggal dunia di usia 90 tahun.

Berita duka ini diumumkan di halaman Facebook-nya, di mana ia digambarkan sebagai sosok ayah dan kakek yang penyanyang, “dan inspirasi bagi banyak teman, penggemar dan musisi … Semoga ia beristirahat selamanya di surga. Pihak keluarga mengapresiasi dukungan dan doa yang kalian curahkan yang telah disampaikan ke Hal dari seluruh dunia, dan dengan hormat meminta privasi di masa berkabung saat ini.” Menantu Blaine, Andy Johnson, mengatakan sang drumer meninggal karena sebab alami.

Drumer Hal Blaine Meninggal di Usia 90 Tahun-2
Hal Blaine di 1966. (Foto: Getty Images/Michael Ochs Archives)

Brian Wilson dari The Beach Boys memberikan penghormatannya, dan mengatakan Blaine “adalah musisi dan teman yang hebat … Hal mengajari saya banyak hal, dan dia mempunyai andil besar dalam kesuksesan kami – dia adalah drumer terhebat yang pernah ada. Kami juga banyak tertawa bersama.” Sebagai musisi sesi, Blaine bermain drum di album Pet Sounds, serta lagu-lagu termasuk “I Get Around” dan “Good Vibrations.”

Mickey Dolenz dari The Monkees mengatakan dirinya “sangat sedih … Hal bermain drum di soundtrack hidup kita untuk kebanyakan dari kita,” sementara penyanyi country Margo Price menyebutnya “salah satu drumer paling berbakat dan produktif yang pernah ada.”

Lahir di Massachusetts pada tahun 1929, Blaine belajar drum di usia remaja dan menemukan pekerjaan sebagai pemain jazz band besar bersama Count Basie. Dia dengan cepat memasuki ranah rock’n’roll begitu ranah baru tersebut mulai berkembang, dan bergabung dengan The Wrecking Crew, sebuah kolektif musisi sesi. Nama ini dipilih Blaine karena pemain yang lebih tua menganggap mereka seperti “menghancurkan” musik.

Blaine akhirnya tampil di lagu-lagu No. 1 dari sejumlah bintang besar di AS, termasuk “Can’t Help Falling in Love With You” dari Elvis Presley, “Something Stupid” dari Frank dan Nancy Sinatra, “I Got You Babe” dari Sonny & Cher, “Mr Tambourine Man” dari The Byrds, dan “The Way We Were” dari Barbra Streisand.

Terkait The Byrds, Blaine pernah mengatakan: “Saya pikir mereka bahkan tidak pernah menyebut saya di salah satu album mereka. Pada saat itu mereka tidak melakukan itu … Itu dianggap skandal karena The Monkees tidak membuat album mereka sendiri. Hal itu menyebar ke seluruh dunia di industri dan majalah film bahwa, bukan hanya The Monkees yang tidak bikin album sendiri – tidak ada band lain yang melakukannya!”

Beberapa penampilannya yang paling terkenal adalah bersama Simon & Garfunkel di lagu-lagu seperti “Bridge Over Troubled Water,” “The Boxer” dan “Mrs Robinson.”

Namun mungkin kontribusinya yang paling signifikan bagi musik pop adalah di lagu The Ronettes “Be My Baby”: pola drum pembukanya dengan empat ketukan menjadi salah satu bunyi terikonik di musik pop tahun ’60-an, dan akhirnya muncul di berbagai lagu lain dari artis-artis seperti The Jesus and Mary Chain dan Manic Street Preachers. Lagu itu adalah salah satu dari banyak lagu yang dimainkan Blaine untuk Phil Spector seiring Spector menyempurnakan gaya produksi “wall of sound”-nya yang maksimalis.

Dalam wawancara di tahun 2015 dengan The Guardian, Blaine mengakui bahwa ritme Be My Baby miliknya adalah sebuah kesalahan. “Saya seharusnya memainkan snare di ketukan kedua dan keempat, tetapi saya menjatuhkan stiknya. Sebagai penipu di masa itu, saya membiarkan kesalahan itu dan itu menjadi: ‘Bum-ba-bum-BOOM!’ Dan tak lama kemudian semua orang menginginkan ketukan itu.”

Sejak tahun ’80-an, Blaine mulai lebih jarang tampil di rekaman dan setelah melalui perceraian sengit, dia bekerja sebagai satpam di Arizona. Tetapi di tahun 2000, dia bersama dengan sisa personil The Wrecking Crew, dilantik di Rock’n’Roll Hall of Fame. Menurut Hall of Fame, Blaine “tentunya telah bermain di lebih banyak album hit daripada drumer lainnya di era rock, termasuk 40 singleNo. 1 dan 150 yang masuk Top 10.”

Keluarga Blaine mengatakan dia meninggalkan putrinya, Michelle, dan tujuh cucu.

Keterangan Foto Utama: Hal Blaine di 2008, mewakili The Wrecking Crew menyusul upacara pelantikan RockWalk Hollywood di Los Angeles. (Foto: AP/Kevork Djansezian)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Musisi Praktisi Ilmu Sihir

10 Musisi Yang Pernah Menjadi Praktisi Ilmu Sihir, Dari Pop, Rock Hing...

Foto (ki-ka): Dave Mustaine, Jill Janus, Ash Costello. Musisi rock, metal, punk dari dulu sudah sering mendapat stigma sebagai penyembah "musik iblis". Mesk

on Aug 27, 2020
Mark Wahlberg / Mandy Moore / Ice-T

Inilah 10 Bintang Film Terkenal Yang Awalnya Sukses Sebagai Musisi

Mark Wahlberg, Mandy Moore, Ice-T. Bisnis hiburan jelas menghasilkan kemungkinan karier yang nggak terbatas, bahkan nggak terduga. Banyak yang nggak harus h

on Aug 6, 2020
Matter Halo

Jelang Album, Matter Halo Lepas Single Retro Rock 'Runaway Lights' Pen...

Matter Halo. Matter Halo menjadi band indie-rock asal Jakarta yang tidak hanya turut meramaikan scene musik Tanah Air, tapi juga memperkaya khazanah gaya mu

on Jun 27, 2020
17 Mendiang Rockstar.

17 Sejarah Singkat Mendiang Rockstar Dengan Penyebab Kematian Yang Ane...

Fakta kematian para rockstar di era-era awal akibat overdosis penyalahgunaan narkoba dan alkohol memang sesuatu yang di luar kewajaran, dan mungkin sudah t

on Jun 7, 2020