×
×

Search in Mata Mata Musik

Dramer Aerosmith Joey Kramer Menuntut Bandnya Menjelang Konser Grammy Awards Mereka

Posted on: 01/23/20 at 12:00 pm

Joey Kramer dengan Aerosmith tampil selama Bud Light Super Bowl Music Fest Day 2 di State Farm Arena, di Atlanta (Foto: Robb Cohen/Invision/AP/Shutterstock)

Dramer dari band rock legendaris Aerosmith, Joey Kramer, telah mengajukan gugatan terhadap anggota band lainnya, mengklaim bahwa mereka secara tidak adil mengecualikannya untuk bergabung kembali dengan band itu menjelang penampilan Grammy Awards mereka yang akan datang dan kelanjutan dari serangkaian konser Las Vegas mereka.

Menurut gugatan itu, yang telah diperoleh oleh Rolling Stone, Kramer menderita beberapa luka ringan pada musim semi lalu yang membuatnya absen ketika band itu dijadwalkan untuk melaksanakan serangkaian konser “Deuces Are Wild” mereka di Las Vegas. Pada musim gugur, Kramer mengklaim bahwa dia siap untuk bergabung kembali dengan band, tetapi dalam gugatan itu dijelaskan bahwa ia ditolak dengan cara yang tidak sesuai dengan ketentuan dalam kontrak resmi band Aerosmith. Gugatan tersebut diajukan menjelang penampilan Aerosmith di Grammy Awards 2020 pada hari Minggu (26 Januari), serta menjelang konser tribut penghormatan mereka pada 24 Januari besok, saat mereka menerima penghargaan MusiCares Person of the Year.

“Ini bukan tentang uang,” kata Kramer dalam sebuah pernyataan. “Saya kehilangan kesempatan untuk diakui bersama rekan-rekan saya atas kontribusi seumur hidup secara kolektif kami untuk industri musik. Baik penghargaan MusiCares Person of the Year maupun kehormatan gelar Lifetime Achievement pada Grammy Awards mendatang tidak dapat diulang”.

Menurut Kramer, setelah dia memberi tahu band bahwa dia sudah siap untuk bermain dram lagi musim gugur lalu, mereka pada dasarnya membuatnya melakukan audisi ulang untuk band itu. Bukan dengan meminta dia duduk bersama band untuk latihan, tetapi dengan merekam dirinya sendiri saat dia bermain solo dram yang mengiringi sebuah contoh lagu.

Baca juga: Billie Eilish Dan Aerosmith Memperkuat Line-Up ‘Performer’ Di Grammy Awards 2020

Sesuai pernyataan dalam tuntutan itu, Kramer diberi tahu bahwa dia perlu menunjukkan jika dia bisa ‘bermain pada level yang sesuai’, meskipun standar seperti itu tidak pernah digunakan dalam sejarah band ketika ada anggota lain yang menderita cedera tidak dapat naik ke panggung. Selain itu, gugatan Kramer mencatat bahwa tidak ada ketentuan dalam kontrak band tersebut yang mengharuskan anggota untuk “mengambil tindakan apa pun untuk ‘membuktikan’ atau mendemonstrasikan kemampuannya untuk tampil setelah periode cedera sementara” jika ingin bergabung kembali dengan band.

Dalam upaya untuk ‘meredakan situasi’, kata gugatan itu, Kramer akhirnya mengalah dan membiarkan penggantinya, John Douglas, memainkan sisa dari serangkaian konser Deuces Are Wild pada 2019. Kramer bertanggung jawab untuk membayar Douglas; sesuai kontrak band, semua anggota berhak atas bagian penuh dari pendapatan konser live meskipun mereka tidak dapat tampil, dan tapinya, bayaran untuk pemain pengganti akan ditagih dari potongan anggota yang absen.

Pada awal bulan ini, Kramer akhirnya menyetujui dan mengikuti audisi. Sementara anggota band lainnya dilaporkan mengatakan kepadanya bahwa ia terdengar ‘hebat’, Kramer mengklaim bahwa pada 15 Januari, Aerosmith mengadakan pemungutan suara yang belum pernah terjadi sebelumnya mengenai masa depannya dan akhirnya memutuskan untuk tidak membiarkan Kramer bergabung kembali dengan band.

Gugatan mengklaim bahwa keputusan ini tidak didasarkan pada standar yang sudah “dibuat-buat ‘pada tingkat yang sesuai’, serta standar ‘bermain sebaik alat dramnya’ yang dibuat-buat atau standar ‘teknis yang benar’ yang juga dibuat-buat, tetapi ini didasarkan pada standar baru yang bahkan lebih tidak masuk akal dan sewenang-wenang dan tidak konsisten: bahwa Mr. Kramer tidak memiliki cukup ‘energi’ dalam lagu-lagu mereka”.

“Fakta bahwa saya telah diminta untuk mengikuti audisi untuk pekerjaan saya sendiri, menunjukkan bahwa saya dapat bermain pada ‘level yang sesuai’ dan bermain lebih baik daripada pengisi sementara saya dengan target bergerak yang berdasar pada standar buatan terasa sangat menghina dan mengecewakan,” ucap Kramer dalam pernyataannya. “Anggota band lain dan pengacara mereka kemungkinan akan berusaha untuk meremehkan kemampuan saya dan mengklaim bahwa saya tidak dapat memainkan dram sekarang. Tidak ada yang bisa lebih jauh dari kebenaran. Saya melakukan semua yang mereka minta – melompati segala tantangan dan membuat kedua rekaman bermain solo seiringi sebuah rekaman live terbaru dari band – yang belum pernah saya dengar sebelumnya, dan proses itu direkam dalam video. Tetapi saya melakukannya, dan saya melakukannya dengan baik. Dalam sejarah 50 tahun Aerosmith, tidak ada anggota band lain yang pernah menjalani pemeriksaan semacam ini, apalagi diminta untuk mengikuti audisi untuk pekerjaannya sendiri!”.

AEROSMITH
Aerosmith bersama Joey Kramer (Foto: Nicholas Hunt)

Aerosmith telah menanggapi gugatan dari Joey Kramer, dengan mengatakan bahwa tidak ada cukup waktu bagi dramer itu untuk berlatih dan bergabung kembali dengan band untuk penampilan Grammy mereka, tetapi dia memang telah diundang untuk tampil bersama mereka, menurut sebuah laporan dari Billboard.

“Joey Kramer adalah saudara kami; kesehatannya sangat penting bagi kami,” kata band itu. “Namun dia belum bisa tampil secara emosional dan fisik dengan band, dengan pengakuannya sendiri, selama enam bulan terakhir. Kami telah merindukannya dan telah mendorongnya untuk bergabung kembali dengan kami untuk bermain berkali-kali, tetapi tampaknya dia belum merasa siap untuk melakukannya”.

Baca juga: Foo Fighters dan Alice Cooper Masuk Line-up Konser Tribute Aerosmith

Aerosmith melanjutkan pernyataan mereka: “Joey sekarang telah menunggu sampai saat terakhir untuk menerima undangan kami, ketika sayangnya kami sudah tidak punya waktu untuk melaksanakan latihan yang diperlukan sepekan menjelang Grammy. Kami malah akan melakukan kerugian padanya, untuk diri kami sendiri, dan untuk penggemar kami jika kami membiarkan dia tampil tanpa waktu yang cukup untuk mempersiapkan diri dan berlatih. Perihal ini, ia memilih untuk mengajukan gugatan pada Jum’at malam menjelang akhir pekan sebelum Grammy dengan secara total mengabaikan apa yang terbatas dalam persiapan kami untuk melakukan acara-acara penting seperti ini. Mengingat keputusannya sendiri, dia sayangnya tidak dapat melakukan konser ini tetapi tentu saja sebelumnya kami telah mengundangnya untuk bermain bersama dalam konser Grammy dan MusiCares kami. Kami terikat bersama lebih dari sekedar sejarah kami di atas panggung”.

Bersama dengan konser tribut MusiCares Person of the Year dan penampilan Grammy Awards 2020 mereka, Aerosmith dijadwalkan untuk melanjutkan seri konser Las Vegas mereka pada akhir bulan ini, dengan beberapa konser tambahan yang dijadwalkan pada Mei dan Juni. Band ini juga berencana untuk merayakan ulang tahunnya yang ke 50 dengan melaksanakan tur Eropa musim panas ini.

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Aerosmith Joe Kramer

Dramer Joey Kramer Telah Bergabung Kembali Dengan Aerosmith

Aerosmith bersama dramer Joe Kramer (Foto: Rob Cohen/Invision/AP/Shutterstock). Hanya tiga minggu yang lalu, hubungan antara Aerosmith dan dramer mereka Joe

on Feb 17, 2020
Aerosmith

Aerosmith Umumkan Konser Spesial Dalam Rangka Merayakan Ulang Tahun Ke...

Steven Tyler, ikon Aerosmith (Foto: Nils Meilvang/GettyImages) Band rock legendaris Aerosmith akan kembali ke kota asalnya di Boston, AS untuk merayakan ula

on Feb 5, 2020
Steven Tyler & Billie Eilish

Billie Eilish Dan Aerosmith Memperkuat Line-Up 'Performer' Di ...

Steven Tyler (Aerosmith) dan Billie Eilish (Foto: Loudwire) Salah satu band rock paling legendaris sepanjang masa, Aerosmith, dan sensasi pop alternatif sek

on Jan 10, 2020
Foo Fighters

Foo Fighters dan Alice Cooper Masuk Line-up Konser Tribute Aerosmith

Sejumlah musisi bintang akan mengisi panggung konser MusiCares Person of the Year 2020 untuk memberikan tribute kepada band rock legendaris Aerosmith. Foo

on Dec 18, 2019