×
×

Search in Mata Mata Musik

Dua Lagu Baru System Of A Down Raup Rp 8,5 Miliar Untuk Bantu Artsakh & Armenia

Posted on: 11/13/20 at 10:00 am

Dua Lagu Baru System Of A Down Raup Rp 8,5 Miliar Untuk Bantu Artsakh & Armenia
System Of A Down (ki-ka): Daron, Shavo, John, Serj.

System Of A Down (SOAD) bikin geger blantika musik rock dan metal dengan dua lagu baru pertama mereka dalam 15 tahun pada Jum’at lalu. Hasil dari penjualan digital dan rekaman fisik kedua lagu baru mereka, ‘Protect the Land’ dan ‘Genodical Humanoidz’ akan sepenuhnya disumbangkan untuk membantu rakyat Artsakh, negara Republik yang secara historis masih menjadi bagian integral dari Armenia. Artsakh dan Armenia sedang di tengah konflik perang yang sedang berlangsung dengan Azerbaijan dan Turki. Kurang dari seminggu kemudian, SOAD berhasil mengumpulkan lebih dari US$ 600.000 atau sekitar Rp 8,5 miliar.

Baca juga: Berjuang Demi Armenia System Of A Down Akhirnya Rilis Lagu Baru Setelah 15 Tahun

Band alternative metal berdarah Armenia berdomisili Amerika Serikat (AS) ini beberapa tahun terakhir sebelum pandemi merupakan band tur yang aktif, namun band ini belum merilis materi musik baru apa pun sejak album Hypnotize tahun 2005 hingga merilis dua lagu, ‘Protect the Land’ dan ‘Genocidal Humanoidz’ secara simultan minggu lalu. Jarak yang cukup lama. Anggota SOAD menjelaskan bahwa mereka mengesampingkan perbedaan kreatif dan ego mereka untuk merekam lagu-lagu tersebut untuk membantu Tanah Air dan rumah leluhur mereka di Armenia dan negara bagian tetangganya, Artsakh, di tengah-tengah “ketidakadilan yang mengerikan dan pelanggaran hak asasi manusia” yang dilakukan oleh Azerbaijan dan Turki.

Sekarang, band ini telah meluncurkan video dari empat anggota yang duduk bersama membahas penyebabnya, bersama-sama mereka merilis suatu pernyataan baru yang mengungkapkan penghargaan kepada penggemar yang telah membeli lagu dan menyumbang ke Armenia Fund:

“Kami sangat berterima kasih atas dukungan kalian yang luar biasa atas kampanye kami untuk rakyat Artsakh, dan untuk membantu kami mengumpulkan lebih dari US$ 600.000 dalam bentuk donasi untuk menyediakan bagi mereka yang sangat membutuhkan melalui Armenia Fund. Karena kalian, kami akan dapat membantu warga sipil terlantar, tua dan muda, yang terkena dampak kejahatan perang mengerikan yang dilakukan terhadap Artsakh oleh Azerbaijan dan Turki. Mohon luangkan beberapa menit untuk menonton wawancara lengkap kami untuk melihat lebih dekat dan memahami mengapa kami bersama-sama merilis ‘Protect The Land’ dan ‘Genocidal Humanoidz’. Bagi kami berempat, sangat penting untuk berbagi informasi kebenaran ini dengan kalian. Itu untuk nenek moyang kami, budaya kami, dan bangsa kami. Bantu kami menyebarkan pesan ini”.

Dalam video (tonton di bawah artikel), empat anggota SOAD, vokalis Serj Tankian, gitaris-vokalis Daron Malakian, bassis Shavo Odadjian, dan dramer John Dolmayan, satu per satu mereka semua membahas mengapa begitu penting bagi band ini untuk berkumpul bersama untuk merekam lagu-lagu baru ini, serta menyebarkan berita tentang kekejaman yang terjadi di Artsakh dan sebagian Armenia.

“Yang kami harapkan adalah apa yang terjadi pada 1915 (Genosida Armenia oleh Turki) dan apa yang terjadi berkali-kali dalam sejarah nggak terulang kembali,” kata John Dolmayan dalam wawancara video.

Serj Tankian menambahkan, “Ini adalah ketidakadilan yang kami ingin orang-orang perhatikan, dan itulah mengapa kami melakukan ini. Sehingga mereka dapat, pada gilirannya, memberi tahu badan pemerintah mereka sendiri, yang dapat merespons dengan baik”.

Vokalis itu melanjutkan, “Sebagai System of a Down, ini merupakan kesempatan yang luar biasa bagi kami untuk berkumpul, dan mengesampingkan segalanya dan berbicara untuk bangsa kami, sebagai kesatuan”.

Video wawancara ini juga penting karena keempat anggota band duduk bersama meskipun ada perbedaan politik antara Serj Tankian dan John Dolmayan dalam hal politik AS. John Dolmayan adalah pendukung Donald Trump yang bersemangat, bahkan baru-baru ini menyatakan bahwa “pemilihan belum berakhir”, sedangkan Serj Tankian secara konsisten menyatakan penghinaan terhadap Donald Trump dan pemerintahannya. Ya iyalah, beda pilihan itu biasa.

Hasil dari pembelian dan download lagu baru ‘Protect the Land’ dan ‘Genocidal Humanoidz’ akan terus disumbangkan ke Armenia Fund. Lagu-lagu tersebut tersedia juga melalui toko merchandise SOAD (tersedia secara fisik dalam format split vinyl 7 inci), Bandcamp, dan Amazon.

Baca juga: Serj Tankian (System Of A Down) Rilis Lagu Baru Untuk Armenia, ‘Hayastane’

Ok, lo tonton deh video wawancara lengkap SOAD di bawah ini, dilanjutkan oleh video lagu ‘Protect the Land’ dan ‘Genocidal Humanoidz’.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

12 Kolaborasi Lagu Cover Rock & Metal Terbaik

12 Kolaborasi Lagu Cover Rock & Metal Secara Social Distancing Terbaik

Tahun 2020 memang penuh tragedi dan menyebalkan tentunya, terutama sejak dimulainya pandemi Covid-19 alias Kopad-Kopid Kagak Jelas ini, di mana seluruh sek

on Nov 23, 2020
Stephen Carpenter

Stephen Carpenter (Deftones) Akui Dirinya Penganut Bumi Datar & Keboho...

Stephen Carpenter. (Foto: Debi Del Grande). Gitaris Deftones, Stephen Carpenter dikenal sebagai seorang advokat legalisasi mariyuana yang paling menonjol di

on Nov 13, 2020
OMNI

Kuartet Alt-Metal OMNI Beri Semangat Optimisme Via Single Terbaru, 'SU...

OMNI. Dalam suasana wabah global Covid-19, OMNI kembali merilis lagu terbaru yang berjudul ‘SURRENDER’ melalui kanal YouTube. Lagu ini merupakan single

on Nov 10, 2020
System Of A Down

Berjuang Demi Armenia System Of A Down Akhirnya Rilis Lagu Baru Setela...

System Of A Down. (Foto: via SOAD/Facebook). Akhirnya, inilah berita yang paling ditunggu-tunggu oleh para penggemar System Of A Down (SOAD) di seluruh duni

on Nov 6, 2020