×
×

Search in Mata Mata Musik

Duo Electro Pop Santamonica Rilis Single Gubahan Lagu ‘Wanderlust’ Dari Kimokal

Posted on: 02/10/21 at 11:00 am

Duo Electro Pop Santamonica Rilis Single Gubahan Lagu 'Wanderlust' Dari Kimokal
Santamonica. (Foto: dok. Santamonica).

Setelah lama enggak terdengar kabarnya, Santamonica, duo electro-pop asal Jakarta yang terdiri dari Joseph Saryuf dan Anindita Saryuf, hadir kembali ke tengah industri musik Tanah Air dengan merilis sebuah karya baru, yaitu hasil gubahan mereka dari lagu ‘Wanderlust’ milik grup Kimokal. Sejak 4 Februari, single tersebut sudah dapat didengarkan secara eksklusif pada aplikasi JOOX.

Baca juga: Elang Terbang dan Curi Perhatian Lewat ‘Am I Lost’, Single Electro-Pop Barunya

Sudah lebih dari satu dekade berlalu sejak Santamonica merilis double album Curiouser and Curiouser (2007, Sinjitos Records), duo ini kembali dengan arahan musik yang sedikit berbeda dari karya mereka sebelumnya. Meski tetap mengambil ranah pop yang kental sebagai ciri khas Santamonica, namun Joseph Saryuf yang bertindak sebagai produser serta mengerjakan seluruh aransemen dalam lagu ‘Wanderlust’ ini juga menambahkan beberapa elemen musikal baru yang belum pernah disentuh sebelumnya.

“Waktu jeda yang cukup panjang dari karya terakhir kami sebagai grup serta eksplorasi saya sebagai produser bagi banyak musisi lain, tentu saja memberikan pengaruh pada hasil akhir di lagu ini. Saya sebagai produser selalu ingin mencoba hal-hal baru, dan kami memang selalu terbuka terhadap perkembangan musik yang terjadi, kami selalu mengasah diri untuk terus berpikir ke depan, mungkin secara tidak sadar juga menghindari untuk mengulangi ‘formula’ yang sama, selalu berusaha re-invent diri kami sendiri sebagai musisi,” ungkap Joseph Saryuf dalam menjelaskan arahan musik baru yang diambil Santamonica.

Meski demikian, lagu ini juga tetap ditujukan untuk para penggemar lama yang sudah mengikuti perjalanan karier mereka dari awal. “Kami tetap berharap agar semua teman lama dan pendengar musik kami juga dapat tumbuh bersama dengan arahan musik kami yang baru, tetap bisa menikmati walaupun memang sedikit ada perubahan,” ujar Anindita Saryuf menambahkan.

Proses mengerjakan aransemen lagu ini ditempuh Santamonica selama kurang lebih 30 hari, dari awal mendapatkan ide untuk tetap mempertahankan nuansa yang terdapat dalam versi orisinil milik Kimokal, memperlebar spektrum suara dan menambahkan elemen perkusif yang dominan, cara bernyanyi Anindita Saryuf yang setengah berbisik dalam menyampaikan pesan utama bernada kegelisahan ‘Are you here to be happy, baby?’ dari lirik yang ditulis oleh Kallula, sampai ke bunyi arpeggio yang repetitif dari synthesizer koleksi mereka yang seakan menjadi tema musikal dasar dari aransemen ini.

Tidak luput dari perhatian adalah penggalan lirik yang dinyanyikan oleh Anindita, ‘I’m breathing lust..’ yang diulang berkali-kali, bagai suatu kausa prima yang berusaha disampaikan kepada pendengar, suatu konteks yang diinterpretasikan secara musikal oleh Santamonica.

Baca juga: Trio Synth-Pop Analog Modular Ajak Membunuh Bosan Lewat ‘3 Hari Lupakan Dunia’

Versi baru dari lagu “Wanderlust” gubahan Santamonica ini dirilis oleh perusahaan rekaman WKNDR.Music dan dapat dinikmati secara eksklusif pada aplikasi JOOX.

Sumber: Siaran Pers
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Duran Duran

    Duran Duran Rayakan 'ANNIVERSARY' Ke-40 Jelang Album "Future Past"

    Foto: dok. BMG. Duran Duran baru saja merilis lagu 'ANNIVERSARY' yang mereka produksi bersama dengan DJ/produser top asal Inggris, Erol Alkan. Lagu ‘ANNIV

    on Sep 25, 2021
    Ghaniyya Ghazi

    Ghaniyya Ghazi Tampil 'Dark' Di Single 'Trapped' Dari Album Mendatang

    Ghaniyya Ghazi kembali dengan citra yang berbeda dengan merilis single baru bertajuk 'Trapped'. Single ini adalah pengenalan untuk album debut mendatang Gh

    on Aug 20, 2021
    Eyedress

    Eyedress Kembali Stimulasi Mood Via Album Baru "Mulholland Drive"

    Foto: Phil Knott. Eyedress, artis indie Filipina hari ini membagikan single dan video barunya, 'Chad An Gordy' sebelum perilisan albumnya yang akan datang,

    on Aug 19, 2021
    Weird Genius

    Weird Genius // Tokyo Machine // Lights 'Last Summer' Rilis MV Animasi

    Weird Genius (Foto: Instagram/weird.genius), Lights (Foto: via YouTube). Weird Genius kembali dengan rilisan baru, yaitu MV (Music Video) dari single kolabo

    on May 26, 2021