×
×

Search in Mata Mata Musik

Dusty Hill, Bassis ZZ Top Meninggal Dunia Di Usia 72 Tahun

Posted on: 07/29/21 at 11:00 am

Dusty Hill, Bassis ZZ Top Meninggal Dunia Di Usia 72 Tahun
Dusty Hill (Foto: Gaelle Beri/Redferns).

Dusty Hill, bassis ZZ Top, meninggal dunia di usia 72 tahun. Obituari di kancah musik internasional muncul selama tiga hari berturut-turut. Meski sudah kehendak Sang Khalik, semoga tidak ada berita duka lagi dalam waktu dekat.

Baca juga: Mike Howe, Vokalis Metal Church, Meninggal Di Usia 55 Tahun

“Kami sedih dengan berita hari ini bahwa Compadre kami, Dusty Hill, telah meninggal dalam tidurnya di rumahnya di Houston, Texas,” kata Billy Gibbons dan Frank Beard, anggota ZZ Top yang masih hidup dalam pernyataan publiknya.

Mereka menambahkan, “Kami, bersama dengan banyak penggemar ZZ Top di seluruh dunia, akan merindukan kehadiranmu yang teguh, sifat baikmu, dan komitmen abadimu untuk memberikan dasar yang monumental itu ke ‘Top’. Kami akan selamanya terhubung dengan ‘Blues Shuffle in C’. Kamu akan sangat dirindukan, amigo”.

Berita mengejutkan ini datang kurang dari dua minggu setelah band ini memulai tur Amerika Serikat 2021 mereka. Di beberapa konser yang lalu, ZZ Top memainkan konser tanpa Dusty Hill. Sehingga teknisi gitar band Elwood Francis mengisi posisinya untuk sementara. Pada saat itu, band hard rock legendaris ini mengingat bahwa Hill sedang berurusan dengan “masalah pinggul”.

Dusty Hill dan ZZ Top

ZZ Top dibentuk pada tahun 1969, dengan Hill bergabung dengan band setahun kemudian pada tahun 1970. Selama lebih dari 50 tahun, band ini terdiri dari Hill, vokalis-gitaris Billy Gibbons, dan dramer Frank Beard. Band ini sukses dengan album ketiganya, Tres Hombres tahun 1973, yang menghasilkan lagu rock klasik ‘La Grange’. Beberapa tahun kemudian mereka mencetak hit besar lainnya dengan lagu ‘Tush’ dari album Fandango! tahun 1975.

Band ini kembali sukses besar di tahun 1980-an, terutama dengan album Eliminator tahun 1983, yang menampilkan hits seperti ‘Gimme All Your Lovin'”, ‘Sharp Dressed Man’, dan ‘Legs’.

Secara keseluruhan, ZZ Top telah memiliki 15 album studio dalam katalog musiknya. Yang terakhir adalah La Futura (2012). Pada tahun 2004, mereka dilantik ke dalam Rock & Roll Hall of Fame.

Seperti sebelumnya, tur ZZ Top saat ini akan menjadi perjalanan besar, termasuk lebih dari 60 konser dan diperpanjang hingga 2022. ZZ Top sejauh ini belum membuat pengumuman mengenai status turnya.

Baca juga: Joey Jordison, Mantan Dramer dan Pendiri Slipknot Tutup Usia

Belasungkawa kami sampaikan kepada keluarga, teman, dan rekan band Dusty Hill selama masa sulit ini. Mari kita kenang almarhum saat membawakan beberapa lagu klasik ZZ Top dalam video di bawah ini. Rest in peace \m/

Penulis, Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    The Warning - evolve

    THE WARNING, 3 Rocker Cantik Lagi-Lagi Sukses Meninggalkan Impresi

    Horeee… The Warning nongol lagi!Horeee… tidak banyak "PAUSE" walau masih trauma dengan pemblokiran video akibat penerapan perlindungan copyright yang b

    on Oct 23, 2021
    Eddie Van Halen

    Plakat Memorial Eddie Van Halen Diresmikan Oleh Warga Kota Pasadena

    Upacara Peresmian Plakat Memorial Eddie Van Halen (Foto: Sarah Reingewirtz/MediaNews Group/Los Angeles Daily News via Getty Images). Eddie Van Halen dan ban

    on Oct 12, 2021
    Album Klasik

    32 Album Klasik & Esensial Yang Berulang Tahun Di Bulan September

    Album Klasik & Esensial. Yup, usia album-album ini memang sudah cukup dewasa, bahkan tua alias lawas! Usianya dihitung sejak tanggal dirilisnya sebuah

    on Sep 28, 2021
    Guns N' Roses

    Guns N' Roses Umumkan Perilisan EP Terbaru Februari Tahun Depan

    Sampul EP GNR terbaru. Setelah merilis 'ABSUЯD” pada bulan Agustus lalu, gerombolan hard rock paling berbahaya Guns N’ Roses (GNR) kembali merilis lagu

    on Sep 27, 2021