×
×

Search in Mata Mata Musik

Eight Mile Style Tuntut Spotify atas Pelanggaran Hak Cipta Materi Eminem

Posted on: 08/26/19 at 12:30 pm

Eight Mile Style mengklaim Spotify memajang lagu-lagu Eminem tanpa lisensi yang sesuai.

Publisher Eminem, Eight Mile Style, telah mengajukan gugatan terhadap Spotify, dengan tuduhan pelanggaran hak cipta. Gugatan ini mengeklaim platform steaming itu tidak memiliki lisensi yang sesuai untuk musik sang rapper dan ingin Spotify memberi kompensasi pada penerbit untuk miliaran streams yang sudah didapat.

Ada dua pokok masalah dalam gugatan ini, yang pertama kali dilaporkan oleh The Hollywood Reporter kemarin. Spotify dituduh dengan sengaja mengabaikan kepemilikan Eight Mile Style atas katalog Eminem saat memutuskan bagaimana cara membayar pendapatan streaming untuk metrik pemutarannya. Spotify juga diduga melanggar bagian dari Undang-Undang Modernisasi Musik (MMA), yang disahkan bulan Oktober lalu dan dirancang untuk membantu mempersingkat proses di mana artis, penulis lagu, produser, dan pemegang hak mendapat bayaran untuk jumlah streams musik online.

Menurut pengaduan, salah satu perselisihan utamanya adalah tentang bagaimana Spotify memperlakukan lagu-lagu hit Eminem seperti “Lose Yourself.” Eight Mile Style mengeklaim, layanan streaming ini melabeli lagu itu dan lagu-lagu lainnya sebagai “Kontrol Hak Cipta,” atau lagu dengan pemegang hak yang tidak dikenal. Pengaduan ini juga menuduh Spotify tidak melalui proses yang sesuai untuk mendapatkan lisensi untuk “Lose Yourself” dan lagu-lagu lainnya, atau menentukan siapa yang memiliki lisensi. “Lose Yourself” ditulis untuk film yang dibintangi Eminem—film dengan judul yang sama dengan penerbit itu sendiri!—yang memenangkan Oscar dalam kategori Best Original Song.

Justru, Spotify tetap menampilkan musik Eminem di platformnya, di mana Em sudah memiliki lebih dari 32 juta pendengar setiap bulannya. Beberapa lagunya pun sudah di-streaming ratusan juta kali. Eight Mile Style menuduh Spotify menyediakan musik Eminem, tetapi tidak membayar royalti yang pantas, meskipun tahu betul siapa pemiliknya. “Spotify belum menjelaskan pada Eight Mile atau membayar Eight Mile terkait streams ini, tetapi malah mengirimkan pembayaran acak atau semacamnya, yang hanya dimaksudkan untuk mencakup sebagian dari streams itu,” tulis pengaduan ini. Spotify belum memberikan komentar apa pun.

Menurut juru bicara Eminem, Dennis Dennehy, sang rapper tidak terlibat dalam gugatan ini, karena Eight Mile Style adalah milik grup yang sama yang membawahi FBP Publishing, dan menggaet Eminem untuk produksi dan kontrak penerbitan pertamanya. Alhasil, Eight Mile Style menjadi pemilik karya-karya awal Eminem. Dennehy mengatakan pada The Verge, Eminem dan timnya “sama terkejutnya dengan orang lain atas berita ini.”

Dalam gugatan ini, Eight Mile Style diwakili oleh Richard Busch; THR melaporkan, Busch adalah pengacara besar di balik banyak kasus yang memengaruhi masa depan penerbitan dan hak cipta musik. Kasus itu termasuk gugatan sukses dari keluarga Marvin Gaye terhadap penulis lagu “Blurred Lines” (Robin Thicke, Pharrell Williams, and T.I). Busch juga mewakili Eight Mile Style dalam gugatan penting di tahun 2010 terhadap Apple dan Universal Music Group. Gugatan itu, meskipun sudah diselesaikan, dilaporkan menghasilkan perubahan yang menguntungkan bagi artis dan label tentang bagaimana unduhan digital diterjemahkan ke penjualan fisik. Itu pada akhirnya mengubah cara pembayaran royalti saat iTunes mendominasi industri musik, menurut laporan THR.

Eight Mile Style meminta ganti rugi yang, dalam kemungkinan terburuk bagi Spotify, dapat mencapai miliaran dolar. Spotify, yang menjadi perusahaan terbuka tahun lalu, sekarang bernilai $26 miliar. Eight Mile Style juga meminta ganti rugi menurut undang-undang dengan basis per lagu, dengan total 243 karya yang terlibat. Itu bisa mengakibatkan Spotify membayar puluhan juta dolar, meskipun jika Eight Mile Style berhasil mendiskualifikasi Spotify dari perlindungan di bawah MMA, mereka bisa menghadapi hukuman finansial yang lebih berat.

Keterangan Foto Utama: Lagu-lagu Eminem di Spotify tidak disertai lisensi yang sesuai. (Foto: FilmMagic for Bonnaroo Arts and Music Festival/Jeff Kravitz)

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    MMM Playlist Top 20 Internasional Minggu #3 Juni 2021

    MMM Playlist Juni 2021 #3: 20 Lagu Hits Internasional Pencakar Chart

    MMM Playlist edisi bulan Juni 2021 minggu ketiga untuk 20 lagu internasional teratas. Daftar lagu dari artis manca negara yang dirilis dalam kurun wak

    on Jun 21, 2021
    Spotify

    Spotify Kurangi Royalti Artis, Kongres AS Kirim Surat Terbuka Ke Danie...

    Dua anggota tinggi Komite Kehakiman Kongres Amerika Serikat (AS) telah mengirim surat terbuka kepada CEO Spotify Daniel Ek. Untuk menyelidiki Mode Penemuan

    on Jun 4, 2021
    Spotify

    Spotify Menaikkan Harga Berlangganan Premium Beberapa Paketnya!

    Spotify baru saja menaikkan biaya berlangganan untuk beberapa paket premium yang berlaku di sejumlah negara. Yakni di seluruh Inggris Raya dan sebagian Ero

    on Apr 27, 2021
    Humidumi

    Humidumi Lepas Album "Pathless" Di Gerai Digital Sukses Curi Perhatian

    Berbekal perjalanan di scene musik indie kota Surabaya selama enam tahun, band alternative pop Humidumi akhirnya melepas versi digital album penuh perdanan

    on Apr 17, 2021