×
×

Search in Mata Mata Musik

Eka Gustiwana Rilis Lagu ‘Di Rumah Aja’ Dalam 42 Bahasa Daerah Di Indonesia

Posted on: 04/13/20 at 1:00 pm

Eka Gustiwana.
Eka Gustiwana. (Foto: Instagram.com/@ekagustiawana).

Komposer Eka Gustiwana menciptakan lagu ‘Di Rumah Aja’ sebagai pengingat di tengah wabah Covid-19. Di lagu ini dia memberikan pesan kepada semua orang agar tetap berada di rumah demi keamanan sekaligus untuk memutus penyebaran virus.

Uniknya, di lagu ini Eka mengalih bahasakan kalimat ‘Di Rumah Aja’ ke dalam 42 bahasa daerah. Dia melibatkan netizen dari berbagai daerah untuk ambil bagian dalam lagu tersebut.

Baca Juga: D’MASIV Rilis Lagu Cover ‘Let’s Love’ Sebagai Kado Ultah Ke-8 EXO

Proyek ini disambut antusias oleh netizen dan sekitar 1.000 lebih yang telah submit dalam kolaborasi ini. Setelah melalui proses seleksi, dia merasa terharu melihat betapa kayanya bahasa daerah di seluruh Indonesia.

“Dalam proses produksinya saya terharu melihat betapa kayanya bahasa daerah kita dan betapa niatnya teman2 untuk tetap stay #DiRumahAja. Itu udah sangat membantu mempercepat selesainya wabah covid di Indonesia,” tulisnya seperti dilansir dari Instagram-nya.

Dari hasil seleksi tercatat 42 bahasa yang dimasukkan ke dalam lagu ini. Dia juga memberikan daftar bahasa daerah mana saja yang masuk ke dalam lagunya nanti.

Bahasa yang ada di dalamnya nanti: Papua, Ambon, Tanimbar, Tidore, Manado, Toraja, Tolaki, Kaili, Bugis, Enrekang, Mamuju, Gorontalo
Dayak Ahe, Dayang Ngaju, Banjar, Melayu, Sampit, Kutai, Bugis, Sunda, Jawa, Betawi, Madura, Sasak, Bima, Bali, Tetun, Lamaholot, Alor, Bali Utara, Aceh, Bengkulu, Batak, Bangka, Jambi, Melayu, Minang
Nias, Lampung, Palembang, Kerinci,” tulisnya.

Setelah melalui proses produksi akhirnya lagu Di Rumah Aja selesai. Dan ini lah hasilnya.

Penulis: Fajar Nugroho
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Titi DJ & Sara Fajira

    Single Kolab Lintas Generasi Titi DJ, Sara Fajira, Eka Gustiwana Sanga...

    Titi DJ dan Sara Fajira. (Foto: E-Motion Entertainment). Era pandemi, nampaknya sama sekali nggak mempengaruhi dan menghentikan semangat Titi DJ dalam berka

    on Sep 9, 2020