×
×

Search in Mata Mata Musik

Elephant Kind Tidak Jadi Resesi Berkat Album Mendatangnya, “Superblue”

Posted on: 05/28/21 at 12:00 pm

Elephant Kind Tidak Jadi Resesi Berkat Album  Mendatangnya, "Superblue"

Elephant Kind, yang dikenal sebagai band pop hybrid asal Jakarta, kembali merilis single baru berjudul ‘Modern Romance Dreaming (Lonely)’. Lagu ini sekaligus menjadi pembuka jalan menuju album ketiga mendatang mereka, Superblue.

Baca juga: Weird Genius // Tokyo Machine // Lights ‘Last Summer’ Rilis MV Animasi

Proses penggarapan single baru ini berbeda dengan lagu-lagu di album Elephant Kind yang sudah dirilis. Ini pertama kalinya dua personel Elephant Kind, Kevin dan Bayu banyak terlibat di proses penulisan album ketiga. Salah satunya adalah ‘Modern Romance Dreaming (Lonely)’, di mana inisiasi ide lagunya datang dari Kevin di akhir tahun 2020.

“Waktu itu nulis draftnya iseng di rumah dan isinya hanya synth dan dramnya saja. Kirim dan nanya ke anak-anak, kira-kira bisa masuk ke album ketiga kah draft ini? Enggak lama kemudian Bam respons dan bilang mungkin bisa deh. Akhirnya dikirim draft lengkapnya ke Bam untuk ditulis liriknya sekaligus dimasak lagi,” ujar Kevin.

Lagu ‘Modern Romance Dreaming (Lonely)’ adalah suguhan baru untuk para pendengar Elephant Kind. Dengan dibuatnya suara synth yang cukup hipnotik dan juga dram yang terinspirasi dari musik pop khususnya pop elektronik tahun 1980-an ini, Elephant Kind menunjukkan keseriusannya dalam mengeksplorasi berbagai musik pop.

“Ketika dengar draft yang dikirim oleh Kevin, enggak sampai 20 detik kata ‘lonely, i’m so lonely’ beserta melodinya langsung keluar dari kepala tanpa dibuat-buat. Sering sebenarnya nulis lagu dengan tema kesepian tetapi baru kali ini ada kata se-straightforward itu di bagian chorus,” jelas Bam terkait penulisan ‘Modern Romance Dreaming (Lonely)’.

Secara lirik, single ‘Modern Romance Dreaming (Lonely)’ yang ditulis oleh Bam mengisahkan cerita seseorang yang menemukan kesepian sebagai suatu kebebasan bukan hal yang mengekang. Sesuai judulnya, lagu ini juga menggambarkan bagaimana orang-orang pada masa modern ini bisa jatuh cinta terhadap seseorang secara virtual. Sesuatu yang mungkin banyak orang rasakan sekarang ini terutama pada masa lockdown tahun lalu.

Elephant Kind Nyaris Bubar?

Tahun 2020 lalu bukan tahun yang mudah untuk semua orang termasuk Elephant Kind. Dengan tidak adanya penyelenggaraan panggungan musik, Bam, Kevin dan Bayu juga sempat mempertanyakan kelanjutan dari Elephant Kind. Namun dengan memutuskan untuk menggarap beberapa lagu baru kini telah menjadi sebuah album, Elephant Kind siap untuk kembali ke blantika musik.

“Tanpa kita sadari secara langsung, album ini menyelamatkan Elephant Kind. Kalau kita tidak menggarap sebuah album tahun ini mungkin masing-masing dari kita sudah melakukan hal-hal yang lain,” ujar Bam.

Bayu juga menambahkan “Dengan dirilisnya single dan album baru Elephant Kind, gue cuma ingin bilang “we’re all in this together”. Harapannya semoga lagu ini dapat menjadi teman sekaligus anthem untuk orang-orang yang sedang merasa kesepian”.

Bukan hanya merilis sebuah single saja di bulan ini, Elephant Kind juga menjadi salah satu kolaborator dalam program LaboKarya. Program yang diinisiasi oleh Museum MACAN yang memfasilitasi kolaborasi antara perupa, brand, dan insan kreatif Indonesia yang dilangsungkan sepanjang bulan Mei 2021. Pada puncak acaranya yang jatuh pada tanggal 31 Mei 2021, Museum MACAN dan Elephant Kind akan merilis sebuah video kolaborasi yang akan menayangkan secara perdana lagu ‘Modern Romance Dreaming (Lonely)’. Objek seni hasil kolaborasi perupa dan jenama kreatif akan ditampilkan dalam video yang akan tayang di kanal YouTube Museum MACAN.

Baca juga: Nadya Fatira Ungkap Sisi Menarik Dirinya Dalam EP “The Other Side”

‘Modern Romance Dreaming (Lonely)’ sudah bisa didengarkan mulai 28 Mei 2021 di berbagai layanan streaming digital seperti Spotify, JOOX, Apple Music, Resso, YouTube Music, Deezer dan lainnya. Sedangkan video klip dari lagu ini akan dirilis di kanal YouTube Elephant Kind pada tanggal 4 Juni 2021. Selamat mendengarkan!

Sumber: Siaran Pers
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Tripov

    Tripov Beri Pelipur Kesepian & Anxiety Via Single 'Dance Dance Dance'

    Tripov, grup musik trio yang dihuni oleh Jilie Kezia (vokal), Evan Asher (gitar, kibord), Yoga Bagaspati (bass, dram) baru saja merilis single keduanya yan

    on May 21, 2021
    Stars and Rabbit

    Stars and Rabbit Buka Jalan Menuju Album Mendatang Via 'Merry Alone'

    Stars and Rabbit (Foto: Robby Suharlim). Stars and Rabbit kembali meluncurkan single baru, 'Merry Alone' pada hari Jum'at, 23 April 2021 lalu. Hanya bersela

    on May 3, 2021
    Humidumi

    Humidumi Lepas Album "Pathless" Di Gerai Digital Sukses Curi Perhatian

    Berbekal perjalanan di scene musik indie kota Surabaya selama enam tahun, band alternative pop Humidumi akhirnya melepas versi digital album penuh perdanan

    on Apr 17, 2021
    Ilaika foto

    Kampanyekan Stop Kekerasan Verbal, iLaika Lepas MV Single 'Rotasi Nafs...

    iLaika. (Foto: dok. iLaika). Setelah merilis video live session pada November 2020 lalu, iLaika kembali ke studio untuk memproduksi single kedua mereka yang

    on Feb 17, 2021